Manfaat Zinc untuk Kesehatan dan Kekebalan Tubuh

Manfaat Zinc untuk Kesehatan dan Kekebalan Tubuh

Ketika mendengar mengenai nutrisi yang bisa mendukung “sistem kekebalan tubuh”, pasti yang terlintas di pikiran kamu pertama kali adalah vitamin C. Nutrisi ini menjadi primadona tersendiri selama pandemi karena dipercaya dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan juga sebagai pelindung alami terhadap pilek atau influenza dan penyakit lainnya. Tapi selain vitamin C, ada juga satu nutrisi penting yang bisa mendukung imun bagi tubuh, yaitu zinc. 

Walaupun zinc ini kalah pamor dengan vitamin C, nutrisi ini mempunyai berbagai manfaat selain mendukung pertahanan tubuh. Salah satunya adalah untuk menyehatkan pencernaan. Zinc secara khusus mampu mendukung kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi sehingga mampu bertahan dari serangan virus patogen,  mikroorganisme parasit yang dapat menyebabkan penyakit pada inangnya seperti tubuh manusia.

Oleh karena itu, di artikel berikut ini akan membahas seputar zinc, mulai dari manfaatnya, dosisnya, hingga efek samping yang ditimbulkan sebagai informasi tambahan untuk kamu sebelum mengonsumsi nutrisi ini.
 

Apa Itu Zinc?

Zinc merupakan salah satu nutrisi yang mempunya peran penting dalam tubuh. Sama seperti vitamin C, tubuh tidak memproduksi zinc secara alami. Oleh karena itu, kamu harus mendapatkan asupan ini dari luar melalui makanan ataupun suplemen. Untuk makanan sendiri, kamu bisa menemukan zinc pada makanan nabati dan hewani yang ada di bawah ini.

  • Daging merah, seperti daging sapi atau jeroan hati
  • Unggas-unggas
  • Berbagai produk susu
  • Telur
  • Sayur-sayuran seperti buncis, biji labu
  • Kacang-kacangan, bisa kacang mete atau kacang almond
  • Roti atau sereal

Apabila kamu termasuk orang yang ingin meningkatkan kesehatan dan imun tubuh, ada baiknya kamu mengkonsumsi secara rutin makanan-makanan yang ada di atas.

Alasan mengapa zinc ini dianggap sebagai salah satu nutrisi penting adalah karena nutrisi ini terlibat dalam beberapa proses di dalam tubuh, di antaranya sebagai.

  • Ekspresi gen : Proses penentuan sifat dari suatu organisme oleh gen. Suatu sifat yang dipunyai oleh suatu organisme merupakan hasil proses metabolisme yang terjadi di dalam sel.
  • Reaksi enzimatik : Reaksi yang melibatkan bantuan enzim sebagai katalisator dalam suatu reaksi biologi. Berikut ini merupakan penjelasan lebih lanjut.
  • Kekebalan tubuh
  • Sintesis protein : Proses pembentukan protein di dalam tubuh.
  • Penyembuhan luka
  • Proses tumbuh kembang

Manfaat Zinc untuk Kesehatan dan Kekebalan Tubuh

Selain terlibat dalam beberapa proses penting dalam tubuh, zinc ini juga dipercaya mempunyai berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan. Untuk informasinya kamu bisa membaca selengkapnya di bawah ini.

  1. Meningkatkan fungsi imun tubuh
    Melihat kondisi pandemi yang masih terjadi sampai sekarang di Indonesia, mulai banyak orang yang peduli akan kekebalan tubuh demi terhindar dari paparan virus. Zinc ini bisa menjadi salah satu nutrisi yang harus kamu penuhi karena kemampuannya yang bagus untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan melawan peradangan.
    Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa beberapa tablet hisap yang mengandung zinc sebesar 80-92 mg bisa mengurangi flu biasa hingga keberhasilannya mencapai 33%. Selain itu zinc ini juga bisa menjadi antioksidan yang bisa bantu mengurangi peradangan serta melindungi tubuh dari penyakit-penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Kondisi ini juga sudah diperkuat dengan studi yang sudah dilakukan pada 50 orang dewasa.
     
  2. Mengontrol gula darah
    Zinc juga dipercaya dapat mengontrol gula darah dalam tubuh dan sekresi insulin. Insulin ini merupakan hormon alami yang diproduksi oleh pankreas. Ketika kita makan, pankreas melepaskan hormon insulin yang memungkinkan tubuh mengubah glukosa menjadi energi dan disebarkan di seluruh tubuh.
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa zinc dapat membantu jaga kadar gula darah tetap stabil serta meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa zinc bantu kurangi resistensi insulin yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan insulin secara efisien dalam mempertahankan kadar gula darah normal.
     
  3. Membantu melawan jerawat
    Tidak hanya sebagai kesehatan tubuh, zinc juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit melalui fungsinya yang mampu mengobati masalah kulit yang umum yaitu jerawat. Sebuah studi yang dilakukan dalam kurun waktu 3 bulan dan mengambil sampel 332 orang, menemukan bahwa mengkonsumsi zinc dengan dosis 30 mg dapat mengobati jerawat yang meradang. Bahkan beberapa survei pun telah dilakukan terkait penggunaan zinc ini. Hasilnya penggunaan zinc ini banyak disukai orang karena keefektifannya menjadi solusi mengobati jerawat serta harganya yang relatif terjangkau dan efek samping yang lebih sedikit.
     
  4. Meningkatkan kesehatan jantung
    Penyakit jantung bisa dibilang menjadi salah satu masalah yang serius di dunia karena resiko kematiannya mencapai angka persentase yang tinggi, yaitu 33%.  Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi zinc dapat meminimalisir beberapa faktor penyebab penyakit jantung. Selanjutnya ada 24 studi yang menemukan bahwa zinc ini dapat membantu menurunkan kolesterol Low-Density Lipoprotein (LDL) dan lemak jahat, serta trigliserida darah yang berpotensi membantu mencegah penyakit jantung.
     
  5. Memperlambat degenerasi makula
    Degenerasi makula adalah penyakit mata umum yang diderita oleh kebanyakan orang. Ironisnya, penyakit ini sering menjadi salah satu penyebab utama orang-orang kehilangan penglihatan. Zinc ini menjadi salah satu untuk menekan risiko penyakit ini karena mampu memperlambat perkembangan degenerasi makula dan membantu melindungi mata dari risiko kehilangan penglihatan.
    Studi yang dilakukan pada 72 orang yang mengalami degenerasi makula menunjukkan hasil bahwa orang yang mengonsumsi zinc dengan dosis 50 mg setiap hari selama tiga bulan dapat memperlambat perkembangan penyakitnya. Sementara itu ada dari penelitian lain juga menunjukkan keefektifan zinc ini dalam mengurangi risiko perkembangan ke degenerasi makula lebih lanjut. Namun khusus di penyakit ini, ada baiknya untuk didukung dengan pengobatan lain untuk mendapatkan hasil yang optimal. 

Berapa Dosis Zinc yang Tepat?

Apa kamu bertanya-tanya mengenai konsumsi zinc ini? Berapa sih kira-kira dosis per hari untuk mengkonsumsi nutrisi satu ini? Jawabannya adalah tergantung pada jenis zinc-nya, karena setiap zinc mempunyai jumlah dosis yang berbeda. Sebagai contoh zinc jenis sulfat terdiri dari 23% unsur zinc, jadi misalkan kamu minum zinc sulfat dalam dosis 220 mg, artinya jumlah zinc yang kamu konsumsi adalah sebesar 50 mg. Biasanya jumlah ini selalu ada pada tabel di suplemen, jadi alangkah lebih baik jika kamu membaca dengan teliti sebelum mengonsumsi.

Sementara mengenai dari segi usia, untuk orang dewasa direkomendasikan dosis hariannya berada di angka 15-30 mg unsur zinc. Ada yang mengonsumsi dosis lebih tinggi dari yang direkomendasikan. Biasanya digunakan untuk mengobati penyakit tertentu, seperti jerawat, diare hingga infeksi pernapasan. Jadi kesimpulannya, sebaiknya untuk dosis zinc tidak lebih dari 10 mg per harinya. Jika membutuhkan dosis lebih, lebih baik jika berada dalam pengawasan medis.

Efek Samping Mengkonsumsi Zinc

Pada dasarnya, jika digunakan sesuai dosis yang sudah direkomendasikan, mengkonsumsi zinc bisa dibilang tidak mempunyai efek samping. Namun ada beberapa kasus yang dialami kebanyakan orang ketika mengkonsumsi zinc melebihi bisa mengalami berbagai efek samping, di antaranya:

  • Mual
  • Muntah
  • Diare
  • Nyeri perut
  • Mengganggu penyerapan antibiotik (jika dikonsumsi bersamaan)
  • Kekurangan mineral

Jika kamu mengalami efek samping ini, kamu bisa pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk meminimalisirnya.

Rekomendasi Suplemen Zinc Terbaik

Setelah mengenal lebih jauh mengenai zinc, apakah kamu tertarik untuk memenuhi asupan nutrisi ini? Sekarang adalah waktu yang tepat, karena Natural Farm memiliki rekomendasi suplemen zinc yang aman untuk dikonsumsi sehari-hari, yaitu Nutriwell Tri Zinc + Vit B6. Tentunya suplemen ini bisa kamu dapatkan di www.naturalfarm.id atau store Natural Farm terdekat di kota kamu. Untuk informasi produk lebih lengkap, kamu bisa baca di bawah ini ya.

Keunggulan

  • Kombinasi Zinc Amino Acid Chelate, Zinc Citrate Dihydrate dan Zinc Picolinate
  • Tambahan vitamin B6 yang membantu penyerapan dari Zinc

Manfaat

  • Meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Membantu menjaga kesehatan organ reproduksi.
  • Membantu meningkatkan kualitas sel sperma.
  • Membantu menjaga kesehatan kulit dan mengurangi peradangan jerawat.
  • Membantu proses penyembuhan luka.
  • Meningkatkan energi.
  • Membantu proses metabolisme di dalam tubuh.
  • Membantu mempertahankan kadar gula darah normal

Saran Penggunaan

1 Kali sehari 1 Tablet

Harga Rp 135.000 108.000


 

Source:

https://www.healthline.com/nutrition/zinc-supplements#benefits 

https://www.naturalfarm.id/product/nutriwell-tri-zinc-vit-b6-30-tablet