Cara Mengoptimalkan Imun Tubuh Pasca Vaksin Covid-19

Cara Mengoptimalkan Imun Tubuh Pasca Vaksin Covid-19

Menjaga daya tahan tubuh adalah hal yang penting dilakukan sebelum, selama, bahkan setelah vaksin Covid 19. Pemerintah Indonesia menggencarkan vaksinasi Covid-19 secara gratis di seluruh wilayah Indonesia untuk meredam kasus Covid-19 yang kian marak. Pastinya, sebagian di antara kita telah mendapatkan vaksin Covid-19. Vaksin dipandang sebagai langkah efektif untuk menurunkan risiko penularan Covid-19. Namun, tahapan vaksinasi hingga sampai pada taraf kekebalan kelompok atau herd immunity tentu masih memerlukan proses yang panjang. Oleh karena itu, bagi masyarakat yang belum divaksin diharapkan untuk terus menjaga kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh dari paparan virus Corona.

Sebelum mendapatkan vaksin, menjaga daya tahan tubuh dilakukan untuk mempersiapkan diri dan mengurangi kemungkinan munculnya efek samping dari vaksin corona. Selain itu, daya tahan tubuh juga perlu dijaga setelah vaksinasi Covid-19. Daya tahan tubuh yang baik juga disebut bisa membantu meningkatkan respons tubuh terhadap vaksin corona. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui apa saja cara yang bisa dilakukan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh setelah vaksinasi Covid-19.

 

Cara menjaga daya tahan tubuh setelah vaksin Covid 19

Selama pandemi belum berakhir, tidak ada kesempatan untuk kendor terhadap kesehatan untuk mencegah penularan. Berikut ini cara menjaga daya tahan tubuh setelah vaksin Covid 19.

  • Tetap mematuhi protokol kesehatan

Tetap taat protokol kesehatan saat di luar rumah untuk meminimalkan risiko penularan. Kementerian Kesehatan RI mengimbau masyarakat untuk menerapkan protokol kesesehatan 6M, yaitu:

- Memakai masker
- Menjaga jarak
- Mencuci tangan
- Menghindari kerumunan
- Mengurangi mobilitas
- Mengonsumsi vitamin

Enam langkah pencegahan ini menjadi salah satu cara utama perlindungan dari luar tubuh terhadap penularan Covid-19. Sebisa mungkin tetap berada di rumah, untuk menghindari mobilitas. Bila memang pekerjaan mengharuskan kamu ke luar rumah, jangan lupa untuk mengenakan masker ganda, terutama ketika berada di dalam ruang kantor.

Gunakan waktu sebaik mungkin untuk beristirahat sebagai cara menjaga daya tahan tubuh setelah vaksin Covid 19. UNICEF merekomendasikan, tidur berkualitas tujuh sampai delapan jam setiap malamnya membantu respons imun tubuh membangun perlindungan dan mekanisme pertahanan tubuh.

  • Konsumsi makanan bergizi

Sesuai dengan saran UNICEF, selalu mengonsumsi makanan bernutrisi dalam menjaga daya tahan tubuh setelah vaksin Covid 19. Usahakan memasak makanan yang higienis dan sehat di rumah, seperti beragam sayuran, lengkap dengan protein nabati dan hewani, serta konsumsi aneka buah-buahan. Dengan mengonsumsi beragam nutrisi, imun mendapatkan kekuatan untuk membangun benteng dan membentuk perlindungan tubuh terhadap penyakit. Jadi, tetaplah menjalankan diet sehat seperti biasanya dengan menu-menu yang beragam.

  • Istirahat yang cukup

Kurang tidur terus-menerus dapat menyebabkan penurunan imun tubuh, sehingga tubuh lebih mudah terinfeksi penyakit. Karena tak ada waktu yang cukup bagi imun untuk membentuk garda pertahanan tubuh. Meskipun kamu bekerja dari rumah, beri jeda tubuh untuk istirahat. Ingatlah untuk jangan terlalu lelah bekerja, karena hanya kamu masih harus diri sendiri dan keluarga dari penyakit di tengah pandemi ini. Jadi, tidurlah yang cukup untuk mencegah penularan Covid-19.

  • Olahraga teratur

Bukan rahasia lagi bahwa olahraga dapat menyehatkan, sekaligus menjaga daya tahan tubuh setelah vaksin Covid 19. Menurut Medline Plus, olahraga teratur membantu sel darah putih untuk melawan infeksi penyakit, sebagai salah satu bentuk pertahanan tubuh. Di samping menyehatkan tubuh secara fisik, olahraga menjaga kesehatan mental karena bantu mengurangi hormon stres dan mendukung suasana hati. Cukup berolahraga setidaknya 30 menit dalam satu hari. Lakukan olahraga yang kamu sukai, misalnya jalan pagi, yoga, bersepeda, zumba di rumah, atau lainnya.

  • Merawat lengan yang disuntik vaksin

Biasanya lengan yang disuntik akan terasa pegal dan sedikit bengkak. Kompres dengan es atau handuk yang direndam air dingin untuk mengurangi gejala. Pengalaman saya, ini cukup membantu menghilangkan pegal dan bengkak.

  • Minum banyak air

Tetap terhidrasi sangat penting, baik sebelum maupun setelah vaksin Covid 19. Mengapa penting? Karena adanya kemungkinan efek samping setelah vaksinasi seperti nyeri otot, kelelahan, sakit kepala, dan demam. Jika tubuh kamu terhidrasi dengan baik, maka hal ini dapat mencegah kamu dari rasa sakit dan membantu mempersingkat durasi dan intensitas efek samping vaksin.

  • Konsumsi suplemen daya tahan tubuh

Konsumsi suplemen daya tahan tubuh setiap hari, salah satu upaya untuk menjaga daya tahan tubuh setelah memperoleh vaksin COVID-19. Beberapa vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh adalah vitamin C, D, dan zinc.

Menurut penelitian dalam Frontiers in Nutrition Journal, konsumsi vitamin C, D, dan zinc yang cukup dapat mendukung daya tahan tubuh dalam melawan penyakit secara umum. Kombinasi vitamin C, D, dan zinc ini membantu respons imun tubuh dalam meredam peradangan akibat infeksi virus pernapasan. Peneliti juga mengatakan bahwa multivitamin dapat menurunkan risiko pengembangan gejala yang parah akibat infeksi virus.

Pemilihan vitamin juga tidak boleh asal, karena jika salah akan berdampak buruk bagi kesehatan kamu. Berikut adalah rekomendasi vitamin yang dapat mengoptimalkan imun tubuh kamu setelah vaksin Covid 19:

  • Vitamin C
    Nuvita Nutri C 1000 mg, Nutriwell Vitamin C 300mg Buffered, Natural Factors VIT-C Buffered 1000 MG BANDED dan Natures Plus Super C Complex.

  • Vitamin D
    Nutri-Well Vitamin D3 1000 IU, Natures Plus Vitamin D3 1000 IU dan Wellness Vit D3 1000 IU 

  • Zinc
    NutriWell Tri Zinc + Vit B6 dan Wellness Cal Mag Zinc

Info yang bermanfaat bukan? Yuk, ikuti caranya dan segera dapatkan beberapa rekomendasi suplemen dari Natural Farm agar imun tubuh kamu dapat bekerja optimal setelah vaksin Covid 19. Jangan lupa untuk pantengin terus Instagram Natural Farm dan website Natural Farm untuk tau info dan promo menarik lainnya. Happy healthy habits, Natural Buddy! ☺


 

Sumber:

https://www.halodoc.com/artikel/bagaimana-cara-menjaga-daya-tahan-tubuh-setelah-vaksinasi-covid-19 

https://www.alodokter.com/komunitas/topic/minum-vitamin-b-compleks-c-dan-d-setelah-vaksin-fase