Obat Pelangsing yang Aman untuk Turunkan Berat Badan

Obat Pelangsing yang Aman untuk Turunkan Berat Badan

Tidak semua lemak buruk dan berbahaya. Beberapa di antaranya digunakan untuk peningkatan energi, sementara lemak lainnya bermanfaat bagi kesehatan. Berdasarkan penelitian dalam Journal of lipid research (1999), Conjugated Linoleic Acid (CLA) atau dikenal juga dengan asam linoleat terkonjugasi adalah asam lemak yang ditemukan dalam daging dan produk susu. Asam lemak tersebut diyakini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Journal of the American Dietetic Association (2004) juga mengungkapkan bahwa kandungan CLA juga sering ditemukan dalam suplemen penurun berat badan. Maka tak jarang banyak obat pelangsing yang aman dan sehat menggunakan asam CLA ini.

Apa Itu CLA?

CLA adalah asam lemak omega-6 yang umumnya ditemukan dalam jumlah besar pada minyak nabati. “Conjugated” dalam CLA berarti rangkapan molekul asam lemak. Berdasarkan penelitian dalam jurnal Current Opinion Lipidology (2002), CLA terdiri atas 28 bentuk. Perbedaan antara bentuk-bentuk tersebut dapat dilihat dari ikatan rangkap molekulnya.

Pada dasarnya, CLA adalah jenis asam lemak omega-6 tak jenuh ganda. Dengan kata lain, CLA adalah lemak trans, tetapi termasuk dalam jenis lemak trans alami yang terdapat dalam makanan sehat. Penelitian dalam jurnal Advances in Nutrition (2011) mengungkapkan bahwa lemak trans CLA lebih aman untuk dikonsumsi.

CLA telah dipasarkan sebagai suplemen kesehatan dan obat pelangsing dalam  upaya penurunan berat badan sejak pertengahan tahun 1990an. Meskipun penelitian pada hewan sangat menjanjikan, namun pengaruh penambahan CLA atas penurunan bobot pada manusia masih kurang jelas. Ada beberapa data menunjukkan bahwa suplemen CLA sederhana dapat meningkatkan berat lemak atau peningkatan lean mass. Namun penelitian lain juga menunjukkan bahwa suplemen CLA memiliki keterbatasan pada perubahan komposisi tubuh dalam populasi trained or untrained. CLA (Conjugated Linoleic Acid) adalah asam lemak yang secara alami terdapat pada berbagai bahan makanan seperti susu, butter, daging sapi, ikan, kalkun, dan minyak sayur. Kandungan CLA terbesar terdapat pada susu dan produk-produk olahannya, sementara kandungan CLA pada bahan pangan lain relatif sangat kecil.

Mekanisme CLA dalam mempengaruhi komposisi tubuh juga telah dipelajari dengan baik. Jika lemak yang kita makan tidak digunakan sebagai energi, ia akan dipecah oleh enzim lipoprotein lipase menjadi trigliserida dan disimpan dalam sel lemak tubuh. CLA menghambat kerja enzim dan mengirim lemak ke jaringan otot. Pada proses tersebut CLA mengaktifkan enzim lain yang bertanggung jawab terhadap pembakaran lemak. Penelitian yang dilakukan terhadap 180 orang dewasa yang menderita obesitas selama 6 bulan dan mereka yang menerima suplementasi CLA mengalami penurunan berat lemak yang signifikan, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi CLA. CLA atau Conjugated Linoleic Acid adalah salah satu bentuk lain dari lemak esensial yang diperlukan tubuh. CLA dapat ditemukan dalam daging dan produk susu dari binatang pemamah biak (sapi, lembu, kambing, dll).

Manfaat Conjugated Linoleic Acid (CLA)

Asam linoleat adalah jenis asam lemak omega-6 yang paling umum dan sering ditemukan pada minyak nabati. Awalan "terkonjugasi" berkaitan dengan ikatan rangkap yang ada di dalam molekul asam lemak. CLA pada dasarnya adalah asam lemak omega-6 tak jenuh ganda. Dengan kata lain, ini merupakan lemak trans tetapi jenisnya alami dan terdapat pada banyak makanan sehat dan obat pelangsing.

CLA, konjugasi Asid Linoleic, telah efektif dan aman penurunan berat badan suplemen selama bertahun-tahun. Bentuk alami linoleic asam lemak esensial, CLA membantu sel-sel blok dari mengisi dengan lemak dengan ikut campur dengan menyimpan lemak enzim yang dikenal sebagai lipoprotein lipase. Selain itu, sebagian besar CLA suplemen tanpa kafein atau mengandung sejumlah kecil kafein dalam rumus mereka, tidak seperti kebanyakan lemak pembakar yang cenderung memiliki banyak kafein dan mungkin tidak cocok untuk banyak orang.

Berbagai manfaat Conjugated Linoleic Acid (CLA) adalah sebagai berikut:

  • Membantu mengurangi lemak tubuh pada orang dewasa, terutama yang mengalami obesitas;
  • Berpotensi mengurangi rasa lapar;
  • Memperbaiki bentuk tubuh dengan meningkatkan massa otot tanpa lemak;
  • Membantu menurunkan risiko aterosklerosis (pengerasan pembuluh arteri);
  • Membantu menurunkan tekanan darah;
  • Membantu meningkatkan sistem imun tubuh
     

Rekomendasi obat pelangsing yang mengandung Conjugated Linoleic Acid (CLA)

Natures Health Slim Assure 60 Capsules

Nature's Health Slim Assure mengandung beberapa komposisi yang sudah di kenal untuk menurunkan berat badan, sehingga menjadikannya suplemen penurun berat badan terlengkap, tanpa mengandung Ephedra maupun Cafein.

Manfaat

  • Clarinol Conjugated Linoleic Acid (CLA) dalam obat pelangsing Nature's Health Slim Assure akan membantu mengurangi timbunan lemak, menurunkan berat badan & memperbaiki bentuk tubuh dengan cara meningkatkan pemecahan timbunan lemak & menghambat aktifitas enzim lipoprotein lipase (LPL) yaitu enzim yang digunakan sebagai transport lemak menuju ke tempat penimbunannya.
  • CLA dapat meningkatkan massa otot dan sistem imun tubuh, manfaat lainnya adalah sebagai penghantar  oksigen yang baik ke paru-paru dan sel-sel darah merah, mencegah kulit kering dan kerontokan rambut selama diet, baik untuk kesehatan jantung & otak, serta memulihkan kelelahan otot setelah melakukan latihan/ olahraga yang rutin.
  • Chromium Picolinate (bentuk terbaik), L-Carnitine, Magnesium & Potasium bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme glukosa dan menghancurkan lemak pada orang obesitas untuk menghasilkan energi selama proses penurunan berat badan, mengurangi hiperkolesterolemia, LDL, trigliserida, serta meningkatkan HDL.
  • Citrimax (Garcinia Cambogia) dapat mengendalikan nafsu makan & mencegah penyimpanan lemak dari makanan yang tinggi karbohidrat.

 

Sumber:

-https://www.sfidn.com/article/post/cla-conjugated-linoleic-acid-manfaat-efek-samping-dan-dosis

-https://reps-id.com/ulasan-suplemen-pembakar-lemak-apakah-itu-bekerja-ataupun-tidak/