Tips Memilih Skincare untuk Bayi New Born

Tips Memilih Skincare untuk Bayi New Born

Kelahiran bayi adalah salah satu momen membahagiakan yang ditunggu-tunggu para orangtua, terutama orangtua baru alias newbie yang masih awam dan minim pengalaman. Selain deg-degan, banyak di antara orang tua baru yang kebingungan saat akan mempersiapkan kebutuhan bayinya. Selain mempersiapkan baju-baju bayi, tentu produk-produk esensial seperti skincare jadi produk yang (kamu pikir) jadi produk yang masuk daftar belanja.

Mencari produk perawatan untuk kulit bayi adalah masalah yang gampang-gampang susah. Di bulan-bulan awal kelahiran Si Kecil, seiring dengan berkembangnya sistem kekebalan tubuh bayi, Moms pasti ingin memberikan Si Kecil perawatan berupa pembersih yang paling ringan dan sedikit lotion. Bayi memiliki kulit yang lembut dan paling halus. Makanya, dalam memilih produk perawatan kulit yang akan digunakan oleh Si Kecil, kita harus memilihnya dengan cermat.

Berdasarkan Skin Care for the Newborn Journal, kulit bayi yang baru lahir berbeda dari kulit orang dewasa dalam banyak hal. Kulit mereka lebih rentan terhadap trauma dan infeksi, sehingga membutuhkan perawatan khusus. Banyak brand produk bayi yang menawarkan berbagai kelebihan yang sangat menggoda dan terlihat menjanjikan. Namun yang terpenting adalah memastikan bahwa produk-produk tersebut aman untuk digunakan. Berikut ini beberapa tips yang perlu Moms perhatikan ketika membeli produk skincare bayi:

  • Membaca label dengan cermat

Produk perawatan kulit bayi yang mengandung pewarna, pengharum, dan bahan kimia lainnya dapat menyebabkan iritasi pada kulit Si Kecil dan pernapasannya. Makanya Moms harus memilih produk yang benar-benar alami.

  • Pilih produk perawatan kulit bayi yang alami

Produk perawatan kulit bayi yang alami umumnya aman untuk sebagian besar bayi. Tetapi jika Moms memiliki alergi atau asma dalam riwayat keluarga, bayi Moms yang baru lahir mungkin juga akan sensitif terhadap tumbuhan dan tanaman herbal yang terkandung dalam beberapa produk.

 

Rekomendasi Skincare Untuk Bayi Newborn

 

Sabun dan sampo

Sabun dan sampo adalah produk yang wajib Anda siapkan untuk bayi kamu yang baru lahir, karena dua produk ini dapat menjaga kebersihan dan kesehatannya. Memilih sampo dan sabun untuk bayi tidaklah sama dengan sampo dan sabun untuk orang dewasa, sehingga Anda perlu dengan cermat dalam memilihnya.

Perlu kamu ketahui, kulit bayi lebih sensitif, sehingga Anda harus memilih produk sampo dan sabun yang aman untuk kulitnya. Tidak hanya itu, kamu juga harus menghentikan pemakaiannya jika membuat kulit bayi kamu menjadi alergi. Ini berarti produk yang Anda pilih tidak cocok untuk kulitnya. Pilih juga yang tidak pedih di mata, karena mata bayi belum memiliki refleks yang kuat.  Berikut adalah rekomendasi sabun untuk bayi newborn:

  • Buds Organic Newborn Head To Toe Cleanser 250 ml

Kelebihan Precious newborn head to toe dibanding sabun pembersih lainnya:

  • Terbuat dari Bahan organik yang berkualitas karena pengolahan organik yang telah lolos pengujian Ecocert
  • Bebas pewangi buatan dan bahan kimia yang sangat berbahaya bagi kulit bayi
  • Tidak menyebabkan kulit iritasi meski digunakan pada anak yang baru lahir.
  • Mencegah kulit dari bahaya radikal bebas.
  • Dengan 99 % kandungan  organik yang terdapat pada Precious Newborn Head To Toe terbukti membersihkan sisa kotoran dan melindungi kulit bayi sepanjang hari.

Cara penggunaan : Gunakan secukupnya pada telapak tangan, usap secara merata, bilas hingga bersih

 

Lotion pelembap

Kulit bayi yang baru lahir lebih mudah kering daripada kulit orang dewasa dan kulit kering rentan menimbulkan iritasi. Untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu memiliki pelembap. Produk pelembap membantu kulit bayi kamu untuk tetap lembap dan terhindar dari iritasi. Namun, penggunaan pelembap hendaknya jangan terlalu berlebihan karena dapat menimbulkan masalah pada kulit bayi kamu yaitu, biang keringat. Kamu bisa mengaplikasikan pelembab pada kulit bayi setelah mandi. Berikut adalah rekomendasi lotion pelembap untuk bayi newborn:

  • Buds Organic Newborn Cream 75 gr
    Buds Organic Precious Newborn Cream (75 gr), merupakan krim bayi yang berperan untuk menutrisi kulit secara menyeluruh untuk usia bayi di 6 bulan pertamanya.
  • Buds Organic Mozzie Clear Lotion Everyday 75 ml
    Lotion dengan kandungan organik yang diformulasi untuk melindungi bayi dari gigitan serangga saat bermain di luar rumah. Berfungsi untuk Mencegah dan mengatasi gigitan nyamuk/serangga, mozzie menjadi pilihan yang tepat untuk ibu untuk melindungi si Bayi dari nyamuk/serangga yang menganggu.

 

Krim antiruam

Popok dapat menyebabkan ruam pada kulit bayi Anda, karena kulit pada daerah yang tertutupi popok cenderung lebih lembap. Agar ruam tidak berkembang dan menjadi masalah yang lebih besar, Anda perlu mempersiapkan krim antiruam atau baby cream. Krim ini memiliki kandungan vitamin E dan A untuk melindungi kulit bayi Anda dan mencegah kelembapan yang berlebih sebagai penyebab ruam kulit. Berikut adalah rekomendasi kirim antiruam untuk bayi newborn:

  • Buds Organic Baby Bum Balm 50 ml
    Buds Baby Bum Balm (50 ml), merupakan krim bayi yang berfungsi untuk memberi perlindungan pada pantat bayi terhadap zat-zat atau aktivitas penyebab ruam popok.

 

Minyak telon

Sehabis mandi, badan bayi Anda akan menjadi dingin dan rentan masuk angin. Agar kulit bayi Anda tetap hangat, Anda harus mengoleskan kulitnya dengan minyak telon. Tidak hanya memberikan kehangatan, minyak telon juga dapat mencegah kulit bayi Anda dari rasa gatal karena gigitan nyamuk atau tungau.

 

Baby oil

Jika bayi Anda tidak cocok menggunakan pelembap, alternatif selanjutnya adalah baby oil. Kandungan dari baby oil dapat menyerap minyak berlebih pada kulit bayi Anda dan membuatnya menjadi lembap. Minyak ini juga bisa Anda gunakan untuk memijat tubuh bayi dan merawat kulitnya. Baby oil juga dapat melindungi kulit bayi dari ruam dan masalah kulit lainnya.

Nah, semoga info ini dapat bermanfaat bagi Natural Buddy terutama bagi Moms and Dads yang baru saja punya baby. Jangan lupa untuk terus pantengin media sosial kita dan website Natural Farm di www.naturalfarm.id karena akan ada banyak info dan promo menarik lainnya untuk kamu. Selain itu, jangan lupa untuk tetap happy healthy habits ya! ☺


 

Sumber:

https://id.theasianparent.com/produk-perawatan-bayi-baru-lahir 

https://www.hipwee.com/young-mom/9-produk-esensial-wajib-punya-untuk-newborn-baby-bedak-bayi-tidak-termasuk/