4 Rekomendasi Suplemen untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

4 Rekomendasi Suplemen untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengonsumsi makanan bergizi yang kaya akan vitamin dapat membantu untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Melansir Harvard Health Publishing, salah satu cara sehat dan alami untuk mencukupi kebutuhan vitamin adalah dengan makan buah dan sayur. Selain didapat dari buah dan sayur, kebutuhan tubuh juga dapat didapat dari suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Menurut Badan Pangan dan Pertanian PBB (FAO), Anda disarankan makan sayur dan buah lima porsi per hari. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, ada beberapa jenis vitamin dari asupan yang perlu rutin dikonsumsi. Berikut jenis vitamin yang disarankan dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh:

Vitamin C

Melansir Cleveland Clinic, vitamin C adalah pendongkrak sistem daya tahan tubuh utama. Kekurangan vitamin C dapat membuat Anda rentan sakit. Beberapa asupan yang banyak mengandung vitamin C di antaranya jambu, jeruk, stroberi, paprika, bayam, kangkung, dan brokoli. Mencukupi kebutuhan vitamin C setiap hari penting untuk kesehatan. Pasalnya, tubuh kita tidak bisa memproduksi vitamin C secara mandiri.

Dilansir The Healthy, kebutuhan vitamin C setiap hari untuk wanita dewasa sebesar 75 miligram. Sedangkan pria dewasa dalam kondisi sehat membutuhkan vitamin C sebesar 90 miligram per hari. Menurut studi, dosis harian vitamin C yang diasup tubuh tidak boleh melebihi 500 sampai 1.000 miligram. Kabar baiknya, untuk mencukupi kebutuhan vitamin C dalam dosis tersebut Anda bisa memenuhinya dari sayur dan buah-buahan. Kebanyakan orang tidak perlu mengonsumsi suplemen vitamin C kecuali ada rekomendasi khusus dari dokter.

Vitamin B6

Vitamin B6 sangat penting untuk menunjang reaksi biokimia dalam sistem daya tahan tubuh. Selain untuk imun, vitamin B6 juga berperan untuk memperbaiki siklus tidur, selera makan, dan suasana hati. Vitamin B6 juga memainkan peran vital untuk memproduksi sel darah merah. Kendati kekurangan vitamin B6 cukup jarang pada orang berusia produktif dan anak-anak, banyak lansia kekurangan zat penting ini. Beberapa makanan kaya vitamin B6 di antaranya ayam, salmon, tuna, biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuan hijau.

Zinc

Zinc merupakan zat besi yang memiliki aktivitas sebagai "antivirus" yang mampu menstabilisasi membrane sel untuk menghambat masuknya virus dan replikasi virus. Nah, rendahnya asupan zinc pada pasien Covid-19 bisa menyebabkan keparahan penyakit dan meningkatkan risiko kematian.

Dalam beberapa penelitian terbaru tahun 2020, terbukti bahwa kadar zinc yang rendah pada pasien Covid-19 menyebabkan komplikasi penyakit yang lebih buruk dan angka kematian yang lebih tinggi. Sayangnya, Tities mengungkapkan bahwa defisiensi zinc pada populasi Asia dua kali lebih tinggi (17,5 persen) dibandingkan populasi Eropa (8,9 persen). Oleh sebab itu, dia menganjurkan kita untuk mengonsumsi suplemen zinc dengan dosis 3-16 mg per hari. Di samping itu, sumber alami zinc juga banyak ditemukan dalam makanan laut (oyster, kepiting, lobster), daging sapi, daging ayam, dan kacang-kacangan.

Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan kuat dan dapat membantu tubuh melawan infeksi. Vitamin E dapat ditemukan dalam minyak nabati, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Melansir My Food Data, sumber vitamin E tertinggi adalah biji bunga matahari. Satu genggam biji bunga matahari mengandung 7,4 miligram vitamin E, atau dapat mencukupi 49 persen dosis harian vitamin E. Dalam 100 gram biji bunga matahari, kandungan vitamin E-nya sebesar 26.1 miligram, setara 174 persen rekomendasi kebutuhan vitamin E harian. Sedangkan buah-buahan yang kaya vitamin E adalah buah, alpukat, tomat, delima, labu, kiwi, mangga, pepaya, dan jambu biji. Sayuran kaya vitamin E meliputi jagung, ubi jalar asparagus, brokoli, dan sayuran berdaun hijau gelap. Kebutuhhan nutrisi kaya akan antioksidan dapat dipenuhi dengan rutin menyelipkan asupan mengandung vitamin E di setiap sesi makan.

Vitamin D

Vitamin D berguna untuk menjaga sistem daya tahan tubuh, pencernaan, peredaran darah, dan saraf. Menurut Perhimpunan Reumatologi Indonesia, kebutuhan vitamin D harian yang Anda butuhkan tergantung dari usia dan faktor risiko. Rata-rata kebutuhan vitamin D harian seseorang adalah 600 IU-800 IU. Batas aman asupan vitamin D untuk orang dewasa maksimal 4.000 IU per hari. Asupan vitamin D lebih dari 10.000 IU per hari, dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan jaringan tubuh. Salah satu cara termudah untuk mendapatkan vitamin D adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari. Tak perlu berlebihan, cukup 10 menit sampai 15 menit per hari. 

Selain itu, Anda juga bisa mencukupi kebutuhan vitamin D dari makanan dan minuman. Melansir Healthline, ikan salmon, sarden, kuning telur, susu, sereal, yoghurt, dan jus jeruk adalah deretan asupan yang banyak mengandung vitamin D. Selain mengonsumsi beragam jenis vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh di atas, Anda juga perlu menjaga gaya hidup sehat demi imun kuat. Beberapa di antara dengan berolahraga secara teratur, menjaga berat badan ideal, tidur yang cukup, minimalkan stres, hindari rokok, dan rajin cuci tangan. Tambahan asupan vitamin D juga bisa didapat dari suplemen vitamin D3 yang dibuat untuk mencukupi kebutuhan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.

 

Kenali Manfaat Rekomendasi Suplemen untuk Meningkatkan Imun Daya Tahan Tubuh

1. Nutriwell Vitamin C 300mg Buffered 30 Tablets

Kebanyakan vitamin C dalam bentuk asam askorbat menyebabkan ketidaknyamanan pada perut dikarenakan sifatnya yang asam. Nutriwell Vitamin C (buffered) merupakan formulasi vitamin C dengan mengkombinasikan asam askorbat dengan kalsium, magnesium yang dikenal sebagai basa. Nutriwell Vitamin C (buffered) menjaga keseimbangan ph tubuh, sehingga lebih nyaman di lambung dan mengurangi resiko gangguan gastrointestinal. Kandungan bioflavonoid akan meningkatkan penyerapan dan kerja vitamin C.

Manfaat Nutriwell Vitamin C (buffered) sebagai berikut:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh & sebagai antioksidan
  • Membantu pembentukan kolagen
  • Membantu mengatasi aterosklerosis
  • Adanya kandungan Bioflavonoid meningkatkan penyerapan dan kerja vitamin C di tubuh
  • Aman untuk lambung

2. Nutriwell Tri Zinc + Vit B6 30 Tablets

Kombinasi Zinc Amino Acid Chelate, Zinc Citrate Dihydrate dan Zinc Picolinate. Selain itu, memiliki tambahan vitamin B6 yang membantu penyerapan dari Zinc. Produk Nutriwell Tri Zinc + Vit B6  ini memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Membantu menjaga kesehatan organ reproduksi
  • Membantu meningkatkan kualitas sel sperma
  • Membantu menjaga kesehatan kulit dan mengurangi peradangan jerawat 
  • Membantu proses penyembuhan luka
  • Meningkatkan energi
  • Membantu proses metabolisme di dalam tubuh
  • Membantu mempertahankan kadar gula darah normal

3. NutriWell Vitamin D3 1000 IU 90 Softgels

NutriWell Vitamin D3 1000 IU 90 Softgels mengandung 1000 IU Vitamin D3. Selain itu, mengandung Vitamin D3 yang dapat langsung bekerja pada tubuh. Produk Nutriwell Vitamin D3 ini memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh 
  • Mengurangi risiko dan terapi infeksi saluran pernafasan seperti influenza
  • Membantu penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh
  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi
  • Mencegah terjadinya osteoporosis
  • Membantu meningkatkan kekuatan otot
  • Sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas

4. Nutriwell Vitamin E 400 IU Water Soluble 30 Softgels

Nutriwell Vitamin E 400 IU Water Soluble isi 30 Softgel, memiliki penyerapan yang lebih  baik dibandingkan dengan vitamin E biasa. Produk ini memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Sebagai antioksidan (menangkal radikal bebas)
  • Memelihara kesehatan kulit dan anti ageing (moisturizing skin)
  • Mengurangi gejala PMS
  • Mencegah penyakit alzheimer
  • Meningkatkan energi