Health

10 Makanan yang Menurunkan Kolesterol Secara Alami, Apa Saja?

Meskipun sering diidentikkan dengan penyakit, kolesterol sebenarnya diproduksi secara alami oleh tubuh manusia, lho! Bahkan, kolesterol dibutuhkan untuk berbagai fungsi penting di dalam tubuh. Akan tetapi, lain cerita kalau kadar kolesterol terlampau tinggi, yang malah bisa menyebabkan masalah kesehatan. Untungnya, ada beberapa jenis makanan yang menurunkan kolesterol.

Kalau begitu, apa saja ya jenis makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh manusia? Simak daftar dan penjelasannya di bawah ini, ya. Selamat membaca!

1.    Beras Merah

Di dalam beras merah, terdapat kandungan beragam nutrisi yang mampu menurunkan jumlah lemak darah. Contohnya vitamin B, fitonutrien, selenium, dan magnesium. Tak hanya itu saja, kandungan serat tinggi di dalam beras merah juga sangat baik untuk menurunkan kadar gula darah.

2.    Gandum

Biasa diolah menjadi sereal atau roti, gandum memiliki kandungan serat yang tinggi. Karena itulah gandum jadi salah satu makanan yang menurunkan kolesterol. Kolesterol akan diubah jadi asam empedu, yang kemudian dilepas ke dalam usus halus untuk membantu mencerna lemak dalam proses metabolism.

3.    Bayam

Berbagai jenis sayuran hijau juga dianggap sebagai jenis makanan yang paling efektif untuk menurunkan kadar kolesterol, seperti bayam. Tak hanya itu saja, konsumsi bayam secara rutin bahkan juga bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

4.    Seledri

Di dalam seledri, terdapat kandungan antioksidan tinggi yang membuat jenis makanan yang satu ini mampu mencegah proses oksidasi low-density lipoprotein atau LDL, yang sering dikenal sebagai kolesterol jahat. Anda bisa mengolah seledri dengan cara ditumis, dimasak jadi sup, atau dijus.

5.    Buncis

Seperti halnya sayuran pada umumnya, buncis mengandung serat yang baik untuk tubuh. Dan di dalam buncis, terdapat kandungan serat larut maupun serat larut. Supaya kadar kolesterol di dalam tubuh bisa turun secara optimal, Anda perlu mengonsumsi antara 2 sampai 10 gram serat larut setiap harinya.

6.    Kacang-Kacangan

Beragam jenis kacang-kacangan seperti kacang almond, kenari, dan mede, maupun sayur-sayuran kacang seperti kacang panjang memiliki kandungan asam lemak tak jenuh ganda alias polyunsaturated fatty acids (PUFA) di dalamnya. Meskipun kolesterol bisa meningkat karena banyak mengonsumsi makanan berlemak, lain cerita dengan jenis asam lemak satu ini yang justru bagus untuk menurunkan kadar kolesterol.

7.    Kedelai

Tak hanya kedelai saja, makanan yang diolah dari bahan yang satu ini juga termasuk ke dalam kategori makanan yang menurunkan kolesterol. Contohnya tempe, tahu, susu kedelai, nutrela, dan tepung kedelai. Pasalnya, kedelai mengandung isoflavon, yaitu senyawa yang bisa menekan kadar kolesterol jahat. 

8.    Ikan yang Mengandung Omega-3

Berbagai jenis ikan yang mengandung asam lemak omega-3 bisa juga membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Beberapa jenis ikan yang masuk kategori ini misalnya ikan tuna, trout, kembung, sarden, dan makarel.

9.    Ikan Salmon

Sebagai salah satu jenis ikan dengan kandungan omega-3, jelas ikan salmon juga bisa bantu turunkan kolesterol jahat serta trigliserida. Cara terbaik mengolah salmon untuk menjaga kadar kolesterol Anda adalah dengan menghindari atau minimal mengurangi minyak. Misal dengan cara memanggang di oven.

10.    Biji Bunga Matahari 

Kandungan sterol di dalam biji bunga matahari membuatnya jadi salah satu jenis makanan yang menurunkan kolesterol tinggi. Bahkan Anda bisa mengonsumsinya sebagai camilan kuaci.

Itu dia 10 jenis makanan yang menurunkan kolesterol yang bisa Anda konsumsi untuk mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh. Dari semua makanan di atas, apakah ada makanan favorit Anda?