Health

3 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

By Erwin |

Jerawat adalah masalah kulit yang umum dialami oleh semua orang, baik laki-laki maupun perempuan. Bekas luka yang timbul di kulit akibat jerawat sangat mengganggu penampilan dan dapat mengurangi kepercayaan diri. Di bawah ini terdapat cara mudah menghilangkan bekas jerawat menggunakan bahan alami.

Jerawat dapat muncul akibat beberapa faktor yaitu masa pubertas, perubahan hormon tubuh, efek samping obat-obatan, faktor keturunan, malas membersihkan wajah, stres, faktor keturunan, kesalahan perawatan kulit wajah, paparan debu, polusi, dan lain-lain. 

Menghilangkan bekas jerawat tidak harus dengan perawatan dan alat yang mahal. Terdapat beberapa bahan alami yang efektif dan aman untuk kulit.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Menggunakan Bahan Alami 

Bekas luka akibat jerawat bisa jadi muncul akibat dipencet dan perawatan kulit yang salah ketika berjerawat. Berikut adalah cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan bahan alami dengan mudah: 

1. Menggunakan Lidah Buaya

Bahan alami yang dikenal dengan nama aloe vera ini dipercaya sebagai bahan yang efektif untuk mengatasi masalah kesehatan, khususnya kulit.

Lidah buaya atau aloe vera mengandung gel dan lateks yang bisa digunakan secara langsung atau sebagai bahan dasar pembuatan produk kesehatan. Berikut adalah 2 cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan lidah buaya: 

  • Potong lidah buaya menjadi beberapa bagian. Kemudian oleskan bagian dalam lidah buaya yang mengandung gel langsung pada bekas jerawat di wajah. Tunggu 5-10 menit, kemudian bilas.
  • Pisahkan bagian dalam lidah buaya yang mengandung gel dengan bagian luarnya. Gunakan gel tersebut sebagai masker dan ratakan pada wajah. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas. Gunakan secara rutin dalam 2-3 hari sekali. 

2. Menggunakan Lemon 

Lemon adalah bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, khususnya kulit. Lemon mengandung asam askorbat yang berfungsi sebagai zat penyamar noda termasuk bekas jerawat di kulit wajah. Inilah 2 cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan lemon:

  • Potong lemon menjadi beberapa bagian, kemudian peras. Oleskan perasan lemon tersebut di bekas jerawat, kemudian bilas. Lakukan secara rutin dalam 1-2 hari sekali.
  • Gunakan lemon sebagai bahan masker alami bersama dengan madu. Campurkan hasil perasan lemon bersama madu alami dengan perbandingan 1:1. Ratakan di wajah dan diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas. Ulangi sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. 

3. Menggunakan Putih Telur

Bagian putih di telur memiliki kandungan zat astringent yang dapat membantu untuk mengontrol minyak berlebih pada wajah. Selain itu, putih telur juga dapat membantu untuk menghilangkan bekas jerawat dan mengencangkan kulit wajah. Gunakan putih telur sebagai masker wajah dengan langkah sebagai berikut:

  • Siapkan 1 putih telur. 
  • Campurkan dengan 2 sdt susu almond.
  • Tambahkan 1 sdt perasan lemon.
  • Gunakan bahan yang sudah dicampur itu untuk masker wajah.
  • Tunggu selama 30 menit hingga masker mengering, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu. 

Pada umumnya remaja dengan usia pubertas 14-19 tahun sering mengalami masalah kulit ini. Selain itu, pada usia dewasa 26-35 tahun, orang rentan berjerawat akibat stres dan cara perawatan kulit yang salah. Meski begitu, masalah kulit akibat jerawat dapat menimpa siapa saja tanpa memandang usia. 

Luka bekas jerawat pada kulit wajah dapat mengganggu penampilan khususnya bagi perempuan ketika mengenakan make-up. Sebagai solusinya, lakukan cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan bahan alami di atas.  
 

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category