Health

8 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat tanpa Mengonsumsi Obat

By Erwin |

Saat menderita penyakit batuk, pilek, atau gangguan pernapasan lainnya, tentu kesehatan hidung akan ikut terganggu. Salah satu gangguan kesehatan pada hidung adalah hidung tersumbat. Selain dengan berkonsultasi ke dokter, ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat tanpa mengonsumsi obat.

Hidung yang tersumbat tentu menghambat stabilitas kegiatan sehari-hari. Akibatnya, hidung tidak bisa mencium aroma makanan, tidak bisa bernapas dengan lancar, dan bahkan kesulitan untuk berbicara dengan jelas.  

Penyebab hidung tersumbat tidak hanya karena pilek, tetapi bisa juga karena faktor lain, seperti: alergi, sinusitis, infeksi saluran pernapasan, polusi udara akibat asap kendaraan, rokok, debu, dan lain-lain. 

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat tanpa Obat

Bagi sebagian orang, mengonsumsi obat adalah alternatif tercepat saat mengalami gangguan kesehatan termasuk saat hidung tersumbat. Namun, ada juga yang tidak ingin mengonsumsi obat. Nah, inilah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat tanpa perlu mengonsumsi obat: 

1. Menjaga suhu tubuh tetap hangat

Tubuh yang berada pada suhu dingin dapat memicu hidung tersumbat semakin parah. Jadi, hal pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi hidung yang tersumbat adalah dengan menjaga suhu tubuh agar tetap hangat. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan jaket atau selimut. 

Tak hanya itu, menghangatkan tubuh juga dapat dilakukan dengan berjemur di bawah paparan sinar matahari pada pagi hari.  

2. Minum air hangat

Saat hidung tersumbat, minumlah air hangat agar sumbatan pada hidung dapat berkurang. Air hangat dapat membantu untuk melelehkan cairan penyebab hidung tersumbat atau gangguan lainnya pada hidung. 

Jika ingin lebih nikmat, air hangat juga bisa dicampur dengan bahan herbal lainnya, seperti: madu, jahe, jeruk nipis, dan lain-lain.  

3. Mandi air hangat

Ketika hidung tersumbat, mandilah menggunakan air hangat. Uap yang dihasilkan dari air hangat ketika mandi membantu untuk menghangatkan tubuh, khususnya saluran pernapasan. Menghirup uap hangat tersebut dapat membantu untuk melancarkan saluran pernapasan.  

4. Mengatur suhu ruangan

Apabila hidung tersumbat, jangan berada di ruangan yang dingin seperti ruangan ber-AC. Udara dari AC menyebabkan hidung yang tersumbat semakin kering dan bahkan terasa perih. 

Selain itu, saat berada di ruangan yang menggunakan kipas angin, pastikan bahwa kipas angin tersebut bersih dan tidak berdebu. Selain membuat suhu ruangan lebih dingin, kipas yang berdebu juga dapat memperburuk kondisi hidung yang tersumbat.  

5. Menghirup uap hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat berikutnya adalah dengan menghirup uap hangat dengan memasak air panas dan meletakkannya di dalam wadah. Condongkan wajah ke dalam wadah air panas itu agar uap hangatnya dapat langsung dihirup hidung. 

6. Mencium aroma minyak yang menyengat 

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan saat hidung tersumbat adalah menghirup aroma minyak esensial, seperti mint dan minyak kayu putih. Aroma minyak yang menyengat tersebut dapat memicu pernapasan untuk berfungsi normal seperti semula.

7. Mencuci hidung dengan NACL (cairan infus)

NACL atau cairan infus dapat digunakan untuk mencuci hidung tersumbat. Membersihkan hidung menggunakan NACL membantu mengurangi sumbatan pada hidung. 

Selain itu, dengan mencuci hidung, kotoran yang dihirup ketika bernapas jgua ikut dibersihkan. Perlu diperhatikan bahwa NACL hanya untuk penggunaan luar dan tidak digunakan untuk diminum. 

8. Makan makanan pedas

Cara yang paling banyak digunakan banyak orang ketika hidung tersumbat adalah makan makanan pedas. Dengan makan makanan pedas, maka tubuh akan berkeringat dan hidung tersumbat dapat segera sembuh. 

Namun, perlu diperhatikan apabila memiliki gangguan pada lambung, karena terlalu banyak makan pedas justru dapat menimbulkan masalah kesehatan yang lain. Selain makan makanan pedas, dapat juga dengan menghirup bahan makanan yang menyengat lainnya, seperti: lada, lengkuas, jahe, bawang putih, dan lain-lain. 

Hidung tersumbat tentu mengganggu aktivitas, karena menimbulkan ketidaknyamanan saat makan, berbicara, bekerja istirahat dan lain sebagainya. Lakukan beberapa cara mengatasi hidung tersumbat di atas sebagai alternatif tanpa harus mengonsumsi obat.  

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category