Health

3 Cara Menghilangkan Komedo secara Alami untuk Perawatan di Rumah

By Erwin |

Komedo dapat dihilangkan dengan cara alami tanpa harus pergi ke salon kecantikan. Cara menghilangkan komedo secara alami bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di rumah.

Umumnya, komedo ditandai dengan adanya titik berwarna putih atau hitam yang sering kali muncul di area leher, hidung, dahi, dagu, dan punggung. Komedo akan muncul di pori-pori kulit, seperti benjolan, yang merupakan pertanda munculnya jerawat. 

Komedo disebabkan oleh adanya minyak yang menempel di permukaan kulit dan kotoran yang disebabkan penumpukan sel kulit mati. Oleh karena itu, komedo sering kali membuat seseorang tidak percaya diri.

Cara Menghilangkan Komedo secara Alami

Komedo bisa dihilangkan dengan menggunakan masker atau scrub yang terbuat dari bahan alami. Cara tersebut efektif untuk menghilangkan sel kulit mati penyebab komedo. Ketahui beberapa cara menghilangkan komedo secara alami berikut ini. 

1. Mengoleskan Lemon dan Madu

Bahan alami pertama yang dapat digunakan untuk menghilangkan komedo secara alami adalah lemon dan madu. Kandungan dari kedua bahan tersebut mampu membunuh kuman dan mengurangi minyak yang berlebih di kulit.

Campurkan satu sendok makan madu dengan perasan lemon secukupnya dan satu sendok teh gula. Kemudian, aduk hingga tercampur rata. Setelah rata, oleskan di area yang terdapat komedo.

Selanjutnya, pijat-pijat secara perlahan dengan gerakan memutar selama satu sampai dua menit. Kemudian, bilas dengan air yang bersih. Lakukan cara ini satu kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2. Memakai Masker Bubuk Kopi  

Selain untuk minuman, bubuk kopi juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo secara alami. Bubuk kopi tersebut dapat digunakan untuk masker wajah. 

Cara pembuatannya cukup mudah. Pertama, campurkan setengah gelas bubuk kopi dengan setengah gelas minyak kelapa, kemudian aduk hingga tercampur rata. Setelah itu, aplikasikan ke wajah sebagai masker. Pijat secara perlahan dengan gerakan memutar di area yang terdapat komedo.

Biarkan sekitar 5 menit dan bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang optimal, lakukan ini secara rutin minimal satu kali dalam satu minggu. 

3. Mengoleskan Putih Telur

Bahan alami selanjutnya yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo secara alami adalah putih telur. Putih telur mempunyai kandungan protein tinggi yang efektif untuk menghilangkan komedo dan mencerahkan wajah. 

Cara membuatnya adalah dengan memisahkan putih telur dengan kuning telur. Kemudian, tambahkan sedikit perasan air lemon di putih telur. Lalu aduk hingga tercampur rata sampai kedua bahan tersebut benar-benar menyatu. 

Selanjutnya, oleskan di area wajah yang terdapat komedo. Kemudian, diamkan kurang lebih selama lima menit sampai mengering. Setelah benar-benar mengering, pijat wajah secara perlahan untuk merontokkan olesan tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, lakukan perawatan tersebut dua kali seminggu.

Itulah tiga cara menghilangkan komedo secara alami yang dapat dijadikan sebagai perawatan di rumah. Pastikan untuk melakukannya secara rutin untuk memperoleh hasil yang maksimal. 


 

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category