Lifestyle

7 Manfaat dan 7 Jenis Masker Wajah Alami Untuk Kulit Sehat

Tidak semua memiliki jenis kulit yang sehat. Ada sebagian perempuan yang memiliki kulit berminyak di daerah tertentu maupun kulit kering atau kulit sensitif. Tentunya, beragam jenis kulit wajah memerlukan perawatan wajah dan penggunaan produk kecantikan yang berbeda satu sama lain. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merawat kulit wajah adalah dengan penggunaan masker wajah alami secara rutin.

Masker wajah diketahui memiliki peran yang cukup penting untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik dan sehat.  Pada umumnya, orang menggunakannya ketika melakukan facial di spa atau pusat perawatan wajah. Tapi, bila Anda tidak sempat datang ke tempat perawatan wajah, Anda tetap bisa melakukannya di rumah. Saat ini banyak sekali tersedia ragam masker beserta kegunaan dan kelebihannya masing-masing yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit wajah Anda.

 

Manfaat Menggunakan Masker Wajah Alami

Membeli produk masker instan wajah yang ada di toko-toko, kamu juga bisa membuat adonan masker sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami. Masker alami juga dipercaya lebih aman dan bagus untuk kulit wajah karena tidak mengandung bahan kimia tambahan dan tidak ada efek samping.

Masker wajah tidak hanya mampu merelaksasi kulit wajah, tapi juga ada banyak manfaat lainnya. 

1. Memberi nutrisi ke kulit

Produk masker wajah yang dijual di pasaran biasanya sudah mengandung vitamin, essential oils, dan bahan-bahan anti aging yang mampu menutrisi dan memperbaiki kulit. Bahan-bahan alami yang biasanya digunakan sebagai masker, seperti tomat, mentimun, madu, dan kiwi juga kaya vitamin yang baik untuk kesehatan kulit.

2. Membersihkan kulit wajah secara menyeluruh

Masker wajah alami juga bermanfaat untuk menghilangkan produksi minyak berlebih serta membersihkan wajah secara menyeluruh dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang mungkin masih menempel di wajah.

Bagi kamu yang terbiasa menggunakan make up saat beraktivitas sehari-hari, masker wajah berguna untuk membersihkan sisa-sisa make up di wajah yang berpotensi menutup pori-pori. Dengan demikian, wajahmu pun akan benar-benar bersih dan terhindar dari berbagai masalah kulit.

3. Melembapkan Kulit Wajah

Buat kamu yang punya jenis kulit wajah yang kering, masker wajah bermanfaat untuk menghidrasi dan mengembalikan kelembapan kulit. Pilih masker yang mengandung bahan-bahan alami, seperti alpukat, minyak zaitun, dan madu, karena ampuh untuk menjaga kulit tetap lembap dan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati.

4. Eksfoliasi Kulit

Masker wajah tidak hanya membantu mengangkat sel-sel kulit mati atau eksfoliasi kulit saja. Kandungan vitamin dalam masker juga mampu mengembalikan keremajaan kulit dan membersihkan kulit dari racun-racun radikal bebas.

5. Mengencangkan Kulit Wajah

Rutin menggunakan masker wajah juga bermanfaat untuk mengencangkan dan meningkatkan elastisitas kulit wajah. Dengan begitu, wajahmu terasa kenyal dan terlihat awet muda. Selain itu, masker juga dapat membuat kulit wajah lebih lembut dan merona.

6. Mencerahkan Kulit Wajah

Sel-sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori adalah salah satu penyebab kulit wajah menjadi kusam. Nah, masker wajah alami mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan memperkuat kinerja toner dalam mengencangkan pori-pori kulit, sehingga hasilnya kulit wajahmu akan kembali cerah dan berseri.

7. Meredakan Masalah Kulit

Buat kamu yang punya jenis kulit wajah sensitif dan sering mengalami iritasi, kemerahan atau sunburn, penggunaan masker wajah bisa membantu menenangkan kulit yang sensitif.

jenis masker wajah

Jenis-jenis Masker Wajah

Secara umum, manfaat masker wajah alami adalah untuk memberikan nutrisi pada kulit dan membersihkan sisa kotoran serta kulit mati. Namun, manfaat yang ditawarkan tentu kembali lagi ke jenis dan bahan yang digunakan dalam masker wajah. Berikut ini jenis masker wajah dan manfaat yang ditawarkannya untuk kecantikan kulit:

1. Wash Off Mask

Seperti namanya, masker wajah jenis ini digunakan dengan cara dioleskan ke wajah, lalu dibilas setelah didiamkan beberapa menit. Di pasaran, masker wajah ini tersedia dalam berbagai bentuk. Ada yang berupa gel, krim, atau bubuk yang dilarutkan dengan air. 

Manfaat yang ditawarkan masker wajah jenis ini berbeda-beda tergantung kandungan bahan yang digunakan. Bagi pemilik kulit kering, masker wajah dengan bahan hyaluronic acid, shea butter, lidah buaya, atau mentimun bisa jadi pilihan. 

2. Clay Mask

Berbahan dasar tanah liat khusus yang memiliki kandungan mineral, clay mask adalah salah satu jenis masker wajah yang juga digemari. Cara menggunakannya dengan dioleskan pada wajah, diamkan hingga mengering, lalu bersihkan dengan handuk atau sponge wajah yang basah.

Secara umum, manfaat clay mask adalah menyerap minyak dari kulit, membersihkan kotoran dan sel kulit mati, serta mengatasi dan mencegah munculnya jerawat dan komedo. Masker wajah jenis ini bisa digunakan 1-2 kali seminggu. 

3. Mud Mask

Seperti namanya, masker wajah jenis ini terbuat dari lumpur. Namun, bukan sembarang lumpur tentunya. Lumpur yang digunakan adalah lumpur laut atau lumpur abu vulkanis yang mengandung berbagai mineral, maka dari itu masker ini dikategorikan sebagai masker wajah alami yang kaya nutrisi bagi kulit.

Berbeda dengan clay mask, mud mask memiliki kandungan air yang lebih banyak, sehingga bermanfaat untuk menghidrasi kulit dengan baik. Jika clay mask berfungsi menyerap minyak pada kulit, mud mask dapat membantu kulit menjadi lebih lembap.

4. Sheet Mask

Bentuknya seperti lembaran tisu dengan lubang di bagian mata, hidung, dan bibir, sheet mask digemari karena mudah digunakan. Cukup mencuci wajah lalu tempelkan sheet mask pada wajah dan diamkan sekitar 15-20 menit. 

Masker wajah jenis ini dapat digunakan oleh orang dengan jenis kulit apa pun. Manfaat yang ditawarkan tergantung pada bahan yang digunakan. Mengingat ada banyak varian sheet mask yang dijual di pasaran.  Namun, secara umum, sheet mask bermanfaat untuk membuat kulit menjadi sejuk dan lembap. Hal ini karena adanya kandungan serum yang melembapkan kulit dalam lembaran sheet mask. 

5. Peel Off Mask

Peel off mask biasanya tersedia dalam bentuk gel atau krim, yang dapat mengering dalam beberapa menit setelah dioleskan ke kulit. Setelah masker kering, biasanya tekstur berubah menjadi lebih elastis, seperti karet, sehingga mudah dikelupas.

Manfaat masker wajah ini biasanya untuk mengangkat komedo, minyak, kotoran, dan sel kulit mati, tergantung kandungannya. Namun, perlu diingat bahwa masker wajah jenis ini tidak disarankan untuk pemilik kulit sensitif, karena dapat menyebabkan kulit perih dan iritasi. 

6. Exfoliating Mask

Mengangkat sel-sel kulit mati adalah salah satu manfaat utama yang ditawarkan oleh masker wajah jenis ini. Bahan aktif yang digunakan bisa berasal dari bahan alami atau kimia.  Beberapa bahan alami yang sering digunakan dalam exfoliating mask adalah kopi, gula, atau oat. Sementara itu, jika menggunakan bahan kimia, beberapa bahan yang umum digunakan adalah AHA, BHA, retinol, dan asam laktat. Masker wajah jenis ini tidak disarankan untuk terlalu sering digunakan.

7. Sleeping Mask

Digunakan sebelum tidur, sleeping mask lebih dulu populer di Korea Selatan, sebelum akhirnya menjadi populer juga di Indonesia. Bentuknya dapat berupa krim atau gel, yang digunakan dengan cara dioleskan ke seluruh kulit wajah, dan dibersihkan keesokan paginya. Dibandingkan krim malam yang mudah menguap, sleeping mask lebih mampu melembapkan kulit dengan baik.

masker wajah terbaik

Rekomendasi Masker Wajah Alami Yang Tepat

  • I Trust Nature Fruit Gel Mask - Purifying & Hydrating 60 ml

Masker ini bertekstur gel mask yang dapat menyegarkan dan berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, meremajakan dan melembabkan kulit dengan kombinasi buah seperti Mango, Papaya dan Cucumber Extract. Cocok untuk kulit Normal, Oily, Combination & Dry.

  • I Trust Nature Spirulina Clay Mask - Clarifying & Refreshing 60 ml

Masker berbahan dasar clay yang diperkaya dengan Spirulina Extract membantu menyerap sebum berlebih dan membersihkan kulit dan pori-pori secara mendalam tanpa menyebabkan kulit kering. Cocok untuk kulit Normal, Oily dan Combination.

Semoga artikel masker wajah alami ini bermanfaat ya, Natural Buddy! Jangan lupa pantengin terus media sosial Natural Farm di @naturalfarm.id dan website Natural Farm (www.naturalfarm.id) untuk tahu info dan promo menarik lainnya. Happy Healthy Habits semua! ☺

 

Sumber:

https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/fungsi-masker-wajah/