Health

3+ Makanan yang Harus Dihindari Penderita Darah Tinggi, Apa Saja?

Bagi penderita darah tinggi atau hipertensi, menjaga asupan sehari-hari termasuk salah satu hal yang sangat penting. Karena dikhawatirkan makanan yang anda konsumsi malah menyebabkan naiknya tekanan darah. Jadi, untuk mencegah naiknya tekanan darah anda, ketahui apa saja makanan yang harus dihindari penderita darah tinggi.

Jenis Makanan yang Harus Dihindari Oleh Penderita Hipertensi

Secara garis besar hipertensi dipengaruhi oleh asupan tinggi garam. Namun, anda jangan hanya terfokus pada garam. Pasalnya, ada banyak makanan yang harus dihindari penderita darah tinggi dan kolesterol, dibawah ini ulasannya:

1. Makanan yang dibekukan

Tidak semua makanan yang dibekukan (frozen food) menjadi pantangan penderita diabetes. Melainkan hanya frozen food yang tinggi kandungan natriumnya. Fungsi natrium pada frozen food adalah sebagai pengawet sekaligus penambah rasa.

2. Daging dalam kemasan

Produk makanan ini dilarang untuk penderita darah tinggi. Apa alasannya? karena mengandung natrium. Meskipun daging memang dianjurkan sebagai sumber protein sehat, namun akan lebih baik jika anda mengonsumsi daging dalam kemasan segar. Sebab, biasanya saat daging olahan tersebut diproses akan ditambahkan garam. 

3. Makanan cepat saji (fast food)

Kandungan garam di dalam makanan cepat saji cukup tinggi. Hal ini dikarenakan garam menjadi syarat penting untuk menambah rasa nikmat. Disamping itu, fast food juga mengandung lemak jenuh dan lemak trans yang dapat berisiko meningkatkan kadar kolestrerol darah. 

4. Gula

Tidak hanya garam, gula juga bisa memengaruhi tekanan darah. Oleh sebab itu, makanan dengan kandungan gula yang tinggi dilarang untuk penderita darah tinggi. Baik secara sadar maupun tidak, makanan yang harus dihindari penderita darah tinggi, gula terkandung dalam makanan yang anda konsumsi sehari-hari, seperti roti, kue, permen, donat dan lain-lain. 

Disamping mengakibatkan hipertensi, mengonsumsi gula secara berlebihan juga dapat meningkatkan berat badan yang akan memicu obesitas. Jadi, sebisa mungkin anda harus membatasi asupan gula dalam sehari dengan batas maksimal 9 sdt untuk laki-laki dan 6 sdt untuk perempuan.

Bagaimana Cara Menurunkan Tekanan Darah?

Berikut beberapa langkah mudah yang akan membantu  anda dalam menurunkan tekanan darah, yaitu:

1. Menjaga pola makan tetap sehat

Sering mengonsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan produk olahan susu rendah lemak bisa membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, juga bisa anda imbangi dengan konsumsi makanan yang mengandung kalium, contohnya bayam, wortel, kentang, jeruk dan anggur. 

2. Mengurangi berat badan

Berat badan yang berlebih akan membuat jantung bekerja lebih keras dan mengakibatkan darah tinggi. Oleh karena itu, mengurangi berat badan adalah cara efektif untuk menurunkan dan mengendalikan tekanan darah anda.

3. Rutin berolahraga

Durasi olahraga yang disarankan untuk mengurangi tekanan darah adalah selama 30-60 menit, atau sebanyak 3-5 kali dalam seminggu. Ketika anda rutin melakukannya, maka lambat laun tekanan darah anda akan menurun sebanyak 5-8 mHg. Contoh olahraga yang baik untuk menurunkan tekanan darah, antara lain bersepeda, berenang, jogging dan senam.

4. Berhenti merokok dan konsumsi alkohol

Merokok dan konsumsi alkohol termasuk dapat menyebabkan naiknya tekanan darah. Disisi lain, orang yang sering merokok dikatakan memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami komplikasi hipertensi, seperti stroke dan penyakit jantung. 

Jadi, selain memperhatikan jenis makanan yang harus dihindari penderita darah tinggi, segera mungkin hentikan kedua kebiasaan buruk tersebut dengan tujuan untuk menjaga tekanan darah anda agar tetap normal. Kunjungi naturalfarm.id  untuk informasi lebih detail!

 

Photo by Pixabay joshuemd