Health

Ketahui Rebusan Daun Apa yang Bisa Menurunkan Darah tinggi

Di zaman modern saat ini meskipun teknologi semakin maju dan canggih, dunia medis dan pengobatan juga semakin maju. Meskipun begitu, tidak sedikit orang yang lebih memilih untuk menggunakan pengobatan tradisional seperti obat-obatan herbal. 

Pada kasus hipertensi atau tekanan darah tinggi, selain konsumsi obat-obatan kimia tidak sedikit orang memilih mengkonsumsi rebusan dedaunan herbal. Mungkin sebagian dari anda masih belum mengetahui rebusan daun apa yg bisa menurunkan darah tinggi (hipertensi). Simak selengkapnya di artikel berikut ini.

Cara menurunkan darah tinggi dengan mudah

1. Rutin olahraga

Salah satu cara mudah untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Hal tersebut bertujuan untuk membantu jantung dalam memompa darah. Olahraga yang dimaksudkan adalah olahraga ringan cukup dengan jogging selama 150 menit selama 3 kali dalam seminggu.

Namun dalam sebuah penelitian dianjurkan untuk tidak melakukan olahraga jika tekanan darah cukup tinggi mencapai 180/100 atau lebih. Dikarenakan akan beresiko pecahnya pembuluh darah dan dapat menyebabkan stroke.

2. Control pola makan

Pentingnya mengontrol konsumsi makanan pada penderita hipertensi, seperti garam, gula, kafein, dan lainnya yang menjadi pantangan bagi hipertensi. Dengan mengurangi dan mengontrol konsumsi makanan, dapat mencegah naiknya tekanan darah dan resiko dari hipertensi.

3. Perbanyak makanan dengan kandungan kalium

Diet yang cocok untuk penderita hipertensi adalah mengurangi natrium dan memperbanyak konsumsi kalium. Salah satu manfaat dari kalium adalah dapat menurunkan tekanan darah.

Makanan untuk menurunkan darah tinggi dengan kandungan kalium yang banyak diantaranya: sayuran hijau, tomat, kentang, melon, pisang, jeruk, alpukat, susu, tuna, salmo, kacang polong, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

4. Mengelola stress

Salah satu pemicu tingginya tekanan darah dalam tubuh adalah tingkat stress atau psikis yang sedang terganggu. Sehingga dengan anda mengurangi dan mengontrol stress, maka tekanan darah anda dapat menurun dan terkontrol dengan baik.

5. Konsumsi obat-obatan

Bagi anda yang sudah berada pada level tertinggi pada kasus hipertensi, sebaiknya anda mengkonsumsi obat-obatan anti-hipertensi secara teratur dengan resep dokter. Selain obat-obatan kimia, anda juga dapat mengkonsumsi obat herbal seperti cara tradisional.

Cara menurunkan hipertensi dengan cepat dan alami herbal

Selain mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, anda juga perlu konsumsi obat untuk dapat mengoptimalkan penurunan hipertensi. Metode tradisional dapat dengan merebus tanaman herbal, kemudian dikonsumsi. Rebusan daun apa yang bisa menurunkan darah tinggi? Berikut penjelasanya:

1. Daun sirsak

Daun sirsak mempunyai khasiat yang cukup banyak. Selain untuk menyembuhkan hipertensi, juga dapat menyembuhkan radang, dan mengobati kanker. Hanya cukup dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirsak.

2. Daun seledri

Dalam suatu penelitian obat-obatan, konsumsi daun seledri dapat membantu melancarkan air seni dan menurunkan tekanan darah. Dimana ketika cairan dalam tubuh yang keluar banyak, maka tekanan darah juga menurun.

3. Temulawak

Dengan kandungan flavonoid dalam temulawak yang kemudian dikombinasikan dengan kumis kucing, dapat ampuh mengatasi tekanan darah yang tinggi.

Demikian penjelasan singkat mengenai cara menurunkan hipertensi. Jika anda ingin mengetahui lebih lengkap atau sedang mencari produk rebusan daun apa yang bisa menurunkan darah tinggi, silahkan mengunjungi alamat website naturalfarm.id toko kesehatan herbal yang menyediakan banyak produk herbal untuk mengatasi permasalahan segala penyakit dengan ramuan tradisional yang kemudian diolah menggunakan alat canggih dan modern. 

Photo by Pixabay stevepb