Health

4 Cara Memerahkan Bibir secara Alami, Aman dan Praktis

By Erwin |

Hampir semua orang mendambakan bibir merah yang sehat, khususnya para wanita. Bibir yang kusam dapat menganggu penampilan. Selain menggunakan produk kecantikan, ada beberapa cara memerahkan bibir secara alami dan praktis. 

Berdasarkan laman promkes.kemkes.go.id, bibir tidak memiliki kelenjar minyak dan keringat untuk menjaga kelembapan, sehingga bisa berubah warna menjadi hitam dan kusam jika tidak dirawat dengan baik dan benar.  

4 Cara Bibir Secara Alami dan Praktis 

Warna merah pada bibir adalah warna alami yang berasal dari pembuluh darah dan bibir merah merupakan tanda bibir yang sehat. Berikut adalah beberapa cara memerahkan bibir secara alami agar penampilan jadi lebih segar dan cantik: 

1. Perbanyak Minum Air Putih

Ada banyak manfaat dari minum air putih yang cukup setiap hari, salah satunya untuk menjaga kelembapan bibir, sehingga akan tampak cerah. Orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi 2 liter air dalam sehari untuk mencukupi cairan di tubuh.  

Dikarenakan kulit bibir sangat sensitif saat tubuh kekurangan cairan, maka bibir dapat terlihat pecah-pecah, kering, hingga kusam dan gelap saat dehidrasi.  

2. Oleskan Madu

Ternyata bukan hanya wajah yang perlu dieksfoliasi, tetapi bibir juga tidak kalah penting untuk dieksfoliasi. Dengan eksfoliasi, Anda dapat mengatasi masalah bibir kusam. 

Caranya juga cukup mudah, karena hanya memerlukan dua bahan, yaitu madu dan gula pasir. Olehkan madu di bibir, lalu tambahkan sedikir gula pasir sedikit. Padukan dua bahan tersebut dengan kedua bibir. 

Jika dirasa sudah cukup, bilas dan bersihkan bibir dengan air hangat. Ada baiknya untuk melakukan cara ini 2 kali dalam seminggu secara rutin untuk menjaga kecerahan bibir. 

3. Oleskan Kunyit

Walaupun kunyit merupakan bahan dapur yang dapat meninggalkan warna kuning, tetapi kandungan di dalam kunyit ternyata dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan bibir. 

Jika Anda ingin mencoba cara ini, siapkan kunyit yang sudah dihaluskan dan campurkan dengan susu segar. Atur hingga kedua bahan tersebut bertekstur seperti pasta. Jika sudah, maka segera oleskan ke kedua bibir secara merata. Tunggu sampai 15 menit dan bilas dengan air hangat.  

4. Oleskan Minyak Almond

Minyak almond dikenal baik untuk merawat kelembapan kulit. Anda dapat memanfaatkan nutrisi yang terkandung dalam minyak almond sebagai bahan alami untuk mencerahkan bibir yang kusam. 

Caranya cukup dengan mengoleskan minyak almond ke bibir, lalu pijat secara halus beberapa kali. Cara ini dapat membantu memperlancar aliran darah dan menjaga kelembapan bibir. 

Itulah 4 cara memerahkan bibir secara alami. Sebagai informasi, selain masalah dehidrasi dan kelembapan pada bibir, merokok, mengonsumsi kafein berlebihan, terkena paparan sinar matahari, dan kondisi tubuh yang tidak prima juga dapat memicu perubahan warna bibir jadi lebih gelap dan kusam. Jadi, hindarilah hal-hal tersebut. 

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category