Health

4 Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Bahan-Bahan Alami, Aman dan Murah

By Admin |

Sakit gigi rentan dialami oleh semua orang, dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa sekalipun. Sakit gigi tak bisa dianggap sepele, karena rasa nyerinya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika tidak diobati dengan benar, sakit gigi akan menjadi lebih parah. 

Cara mengobati sakit gigi dapat dilakukan secara medis maupun menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Cara-cara ini dapat digunakan sebagai pertolongan pertama untuk meredakan nyeri pada gigi. Yuk, simak artikel kali ini untuk mengetahui caranya.

Obat Alami untuk Meredakan Sakit Gigi

Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi. Tingkat efektivitasnya bisa saja berbeda-beda pada setiap orang. Tergantung pada tingkat keparahannya.

1. Berkumur Air Garam

Air garam tidak hanya efektif untuk meredakan batuk dan radang tenggorokan, tapi juga membantu mengobati sakit gigi. Air garam berfungsi membersihkan sisa-sisa makanan yang ada di sekitar gigi dan menarik keluar cairan yang menyebabkan pembengkakan.

Cara mengatasi sakit gigi dengan air garam ini terbilang simple, yakni dengan melarutkan satu sendok the garam ke air mendidih. Setelah agak dingin, gunakan untuk berkumur-kumur selama kurang lebih 30 detik lalu buanglah airnya.

2. Lemon

Cara mengobati sakit gigi yang selanjutnya adalah dengan lemon. Buah citrus ini tidak hanya baik untuk sistem imun saja, tapi juga membantu mengurangi nyeri pada gigi. Kandungan antibakteri dan antiseptik di dalam lemon dinilai cukup efektif untuk mengatasi sakit gigi. 

Cara menggunakan lemon sebagai obat sakit gigi sangatlah mudah. Pertama, ambil sedikit perasan lemon lalu campurkan dengan sedikit air menggunakan kapas, kemudian letakkan pada gigi yang sakit. 

3. Daun Jambu

Daun jambu juga dinilai efektif untuk mengatasi sakit gigi karena bersifat anti radang, analgesik, dan sebagai antimikroba. Mengobati gigi sakit menggunakan metode ini dapat dilakukan dengan mengunyah satu atau dua lembar daun jambu merah yang sudah dibersihkan. Setelah itu, oleskan ekstrak daun jambu pada bagian gigi yang sakit.

Cara yang kedua adalah dengan merebus lima lembar daun jambu hingga mendidih. Setelah itu, diamkan rebusan hingga suhunya menghangat, lalu tambahkan dengan sedikit garam. Gunakan air rebusan daun jambu untuk berkumur.

4. Kompres dengan Es

Siapa sangka, ternyata es bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi, lho. Caranya cukup mudah, yakni dengan memasukkan es ke dalam kantong plastik, lalu dibungkus dengan handuk atau kain tipis. Setelah itu, tempelkan es ke area gigi yang terasa sakit. Sensasi dingin dari kompres es ini akan membantu menenangkan saraf gigi yang sakit, sehingga nyerinya berkurang. 

Itulah 4 cara mengobati sakit gigi dengan bahan-bahan alami dan murah di rumah.

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category