Health

4 Ciri-Ciri Diabetes yang Wajib Anda Perhatikan, Simak Informasinya!

By Admin |

Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit umum yang sering dialami oleh hampir seluruh umat manusia di dunia ini. Biasanya diabetes terjadi karena pola gaya hidup yang tidak sehat dan juga karena faktor genetik. Nah, untuk itu Anda perlu sekali mengetahui apa saja ciri ciri diabetes tersebut dengan baik. Yuk, cari tahu melalui artikel di bawah ini!

1. Penderita Diabetes Sering Pipis

Hal umum yang paling sering dialami oleh pasien yang menderita penyakit diabetes adalah sering sekali pipis. Penyebabnya adalah jumlah kadar gula dalam darah atau glukosa sangat tinggi. Akibatnya, salah satu organ tubuh yaitu ginjal bekerja lebih keras untuk mengeluarkan glukosa dalam jumlah yang banyak ini dari dalam tubuh. Sehingga, glukosa tersebut dikeluarkan dalam bentuk buang air kecil. Oleh karena itu, tingkat pipis yang dialami oleh penderita diabetes sangat sering dan dikenal dengan sebutan anyang-anyangan. Karena, sedikit-sedikit bawaannya selalu ingin pipis saja. 

2. Rasa Haus yang Lebih Sering

Ciri yang paling menonjol dari seseorang yang menderita penyakit diabetes adalah merasakan haus yang lebih sering meskipun baru saja minum. Karena, adanya rasa haus yang berlebihan inilah yang nantinya akan membuat kencing menjadi lebih sering. Dimana, jika seseorang yang terus-menerus kencing ini merupakan gejala kekurangan cairan atau dikenal dengan nama dehidrasi. Tubuh akan selalu merasa haus agar tidak kekurangan cairan di dalam tubuh. Hal ini merupakan reaksi yang diberikan oleh tubuh pada saat terkena diabetes. Rasa haus yang terlalu sering dan berlebihan ini merupakan salah satu tanda bahwa Anda telah terserang penyakit diabetes tahap awal. 

3. Berat Badan Menurun dengan Drastis

Adanya berat badan yang menurun secara drastis merupakan salah satu ciri ciri diabetes. Hal ini karena, pada tubuh penderita diabetes mengalami peningkatan gula dalam darah atau glukosa yang dapat menimbulkan rasa lapar, lelah, stress, maupun gangguan ketika tidur. Sehingga, membuat berat badan menurun dan naik dengan drastis karena nafsu makan bisa semakin bertambah maupun semakin tidak nafsu untuk makan. Penyebab lainnya adalah kadar glukosa dalam tubuh penderita diabetes tidak bisa bekerja secara optimal dan tidak bisa diubah menjadi suatu energi untuk tubuh. Oleh karena itu, berat badan menjadi lebih kurus karena sumber energi utamanya berasal dari lemak yang dipecah dan lemak tersebut akan dibakar oleh tubuh Anda yang menderita diabetes. 

4. Adanya Gangguan Terhadap Penglihatan pada Penderita Diabetes

Jika Anda mengalami diabetes pasti ada ciri ciri diabetes seperti penglihatan yang terasa kabur. Karena, jumlah glukosa sangat tinggi yang berdampak pada penglihatan penderita diabetes tersebut. Tingginya jumlah glukosa yang ada dalam tubuh ini membuat bagian pembuluh darah kecil di bagian mata menjadi rusak dan pecah. Sehingga, penglihatan menjadi kabur dan kehilangan fokusnya dalam melihat suatu objek tertentu. 

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category