Health

4 Langkah Basic Skincare untuk Pemula, Jangan Sampai Dilewatkan!

By Erwin |

Soal penampilan sudah menjadi hal penting yang tidak bisa dilewatkan, tidak hanya agar terlihat cantik atau lainnya, tetapi untuk kesehatan kulit. Ingin memiliki kulit yang sehat, berseri, dan cerah di bertambahnya usia tentu menjadi keinginan banyak orang. Mengingat penuaan dini yang sering terjadi, tentu orang akan melakukan berbagai perawatan wajah untuk mencegahnya. Nah, tanpa perlu repot dengan perawatan wajah, Anda bisa menggunakan basic skincare secara rutin untuk menjaga keremajaan kulit. 

Basic skincare sendiri merupakan urutan penggunaan skincare yang mendasar serta sesuai dengan kegunaannya masing-masing produk tersebut. Skincare dasar ini wajib dilakukan untuk merawat kulit wajah. Kebanyakan orang yang melakukan perawatan, juga memulainya dengan rutin menggunakan basic skincare. Dalam hal ini, Anda perlu mengetahui komponen yang tepat untuk menjaga kesehatan kulit. Ada beberapa skincare dasar yang wajib Anda gunakan, yaitu:

1. Cleansing/pembersih

Membersihkan wajah menjadi langkah pertama yang perlu dilakukan dalam skincare dasar. Mengingat wajah terpapar sinar matahari dan terkena debu seharian. Anda pun disarankan untuk menggunakan metode double cleansing untuk membersihkan wajah di malam hari. Apabila Anda memakai riasan, bersihkan dulu make up yang menempel di wajah dengan pembersih wajah berbentuk gel. Setelah itu, gunakan facial foam atau sabun wajah dan bilas dengan air. Dengan begitu, kotoran di wajah akan hilang sepenuhnya. 

2. Toning/mengencangkan

Setelah wajah bersih dengan sabun muka tentunya akan merasa kesat dan kering, terlebih apabila pH dari sabun cukup tinggi. Maka dari itu, untuk menetralkan kadar pH di kulit, Anda perlu memakai toner. Tak jauh berbeda dengan cleansing, dibutuhkan juga double toning agar hasilnya maksimal. Pertama-tama gunakan exfoliating toner untuk mengangkat sel kulit di area luar. Kemudian, gunakan hydrating toner guna menjaga kulit agar tetap lembab. Apabila kulit Anda rentan dengan jerawat, coba cari toner dengan bahan yang meredakan jerawat. 

3. Moisturizing/pelembab

Hal paling penting dari merawat kulit adalah menjaganya agar tetap lembab. Jadi, penggunaan pelembab sangatlah penting dalam penggunaan skincare rutin. Tak hanya di siang hari, pelembab juga perlu digunakan di malam hari. Untuk penggunaan di siang hari, disarankan menggunakan pelembab yang ringan sehingga meresap dengan mudah dan cepat ke kulit. 

4. Protecting/pelindung

Tak hanya melembabkan kulit yang penting, tetapi juga melindunginya setiap hari dari paparan sinar  ultraviolet UVA dan UVB. Jadi, jangan sampai lupa untuk menggunakan sunscreen yang memang diracik untuk penggunaan sehari-hari yang tinggi kadar SPF. Setidaknya pilihlah sunscreen dengan SPF 30 untuk 97 persen melindungi dari sinar UVB matahari. Tak hanya melindungi dari matahari, sunscreen juga mencegah penuaan dini dan kanker kulit. 

Nah, itulah 4 urutan basic skincare yang tidak boleh Anda lewatkan. Sebab, untuk menjaga kesehatan kulit diperlukan perawatan dari dalam dan luar. Tidak hanya terlihat cantik karena ditutup make up, tetapi penting untuk selalu terlihat sehat dan cerah dengan wajah berseri. 

Share

Trending Article

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Mengenal Diet Defisit Kalori: Kunci Sukses Menurunkan Berat Badan

Article Category