Health

4 Nutrisi Pembentuk Otot Yang Anda Butuhkan

By Erwin |

Ingin memiliki otot bagus dan seksi? Selain latihan dan olahraga, Anda juga membutuhkan asupan nutrisi pembentuk otot yang cukup. Berikut ini, kita jelaskan beberapa jenis zat dan nutrisi yang tubuh Anda butuhkan untuk membentuk otot yang sehat.

Air

Terdengar aneh, bukan? Tapi, air memang sangat berperan penting dalam proses pembentukan otot. Air bertindak sebagai media untuk mempercepat penyerapan nutrisi dan zat yang Anda makan setelah berolahraga dan melatih otot Anda.

Artinya, bila Anda mengkonsumsi air yang cukup, protein dan nutrisi lainnya dapat terserap sempurna. Alhasil, bahan untuk membentuk otot yang diperlukan oleh tubuh Anda akan dapat terpenuhi dengan lebih cepat pula. Untuk hasil maksimal, konsumsi air yang bersih dan mengandung mineral.

Protein

Semua tahu bila protein adalah kunci utama dalam proses pembentukan otot. Bila otot adalah bangunan, protein adalah bata batanya. Tanpa asupan protein yang cukup, maka otot yang Anda latih tidak akan terbentuk.

Selain sebagai bahan pembentuk otot, protein juga berperan besar dalam proses pemulihan tubuh. Nutrisi ini sangat penting untuk membantu tubuh membentuk sel setelah banyak sel yang rusak akibat kegiatan fisik/olahraga. Sumber protein terbaik terdapat pada produk susu, daging, kacang-kacangan dan ikan.

Kalsium

Anda mungkin lebih mengenal kalsium sebagai nutrisi pembentuk tulang. Namun, kalsium juga termasuk salah satu nutrisi pembentuk otot yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Mengapa?

Kalsium berperan sebagai stimulan kontraksi otot. Saat otot berkontraksi, maka dua filamen protein dalam otot, yaitu Miosin dan Aktin akan bergesekan dan menggunakan lebih banyak energi. Jadi, dengan mengkonsumsi kalsium, maka proses ini menjadi lebih intens. 

Dengan semakin bekerjanya dua filamen protein ini, maka bahan yang dibutuhkan untuk membentuk jaringan otot akan dikonsumsi lebih banyak. Hasilnya, jaringan otot yang baru, lebih kuat dan padat dapat terbentuk. Tahu, bayam, keju, yogurt dan susu adalah sumber kalsium terbaik yang bisa Anda konsumsi.

Magnesium

Magnesium berfungsi sebagai nutrisi yang membantu otot untuk relaksasi dan mencegah kram. Dengan mengkonsumsi magnesium yang cukup, Anda dapat melatih otot Anda lebih lama. Hal ini akan dapat membentuk otot lebih baik lagi.

Sumber terbaik magnesium adalah sayuran hijau, kacang-kacangan, labu, dan biji-bijan. Konsumsi setelah berolahraga untuk mendapatkan hasil terbaik guna membentuk otot lebih efektif lagi. Akan lebih baik lagi, bila Anda mengkonsumsi bahan-bahan tersebut tanpa tambahan zat lainnya.

Kesimpulan

Itu dia empat nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk otot. Anda juga jangan lupa untuk mengkonsumsi Vitamin, karena Vitamin juga penting untuk metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang baik akan mengoptimalkan penyerapan nutrisi pembentuk otot dan menghasilkan jaringan otot yang sehat.

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category