Health

5 Bahan Alami Kaya Akan Vitamin untuk Imun Tubuh

By Admin |

Di cuaca yang sangat tidak menentu seperti saat ini, kita harus banyak mengkonsumsi Vitamin untuk imun tubuh agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Kesehatan adalah hal yang paling utama dalam hidup kita. Kita harus menjaganya dari infeksi bakteri, virus serta kuman dengan melakukan pola hidup sehat.

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin merupakan salah satu upaya untuk menjaga tubub tetap sehat. Dengan tubuh yang sehat, kita bisa beraktivitas dengan nyaman. Di bawah ini kami rekomendasikan 5 bahan alami yang kaya akan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuhmu. Apa saja bahan-bahan tersebut?

1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang sangat umum dijumpai. Hampir semua masakan Indonesia menggunakan bumbu satu ini. Faktanya, selain memiliki aroma yang khas dan mampu melezatkan masakan, bawang putih juga mengandung zat alicin yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Zat alicin yang terkandung dalam bawang putih juga bisa membantu meningkatkan sel darah putih di dalam tubuh. Bawang putih juga ternyata kaya akan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Mengkonsumsi bawang putih secara langsung atau ditambahkan dalam masakan merupakan salah satu upaya alami meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Jahe Merah

Masih ingatkah Anda saat wabah virus covid 19 merebak di tanah air, harga jahe merah tiba-tiba meroket karena permintaan pasar yang membludak? Bukan tanpa alasan, hal itu karena jahe merah memiliki banyak khasiat, salah satunya untuk menjaga daya tahan tubuh.

Jahe merah mengandung banyak bahan penting untuk imunitas tubuh seperti aspartic, caprylic acid, farnesol, capcaisin, dll. Anda bisa membuat wedang jahe merah dengan tambahan rempah-rempah lainnya seperti biji ketumbar atau temulawak. Cuci semua bahan lalu tumbuh dan seduh dengan air panas. Tambahkan juga madu agar rasanya semakin enak.

3. Sereh

Bahan alami yang mengandung vitamin untuk imun tubuh berikutnya adalah sereh. Sereh juga merupakan bumbu dapur yang sangat sering dijumpai pada masakan tradisional Indonesia. Sereh memiliki aroma yang kuat yang mampu membangkitkan selera makan.

4. Ketumbar

Ketumbar memiliki aroma serta tekstur yang khas. Bumbu masakan ini mampu membuat masakan terasa gurih dan nikmat. Tak hanya itu, ketumbar juga mengandung banyak antioksidan yang bisa melawan radikal bebas serta menjaga daya tahan tubuh.

5. Kunyit

Kunyit tak hanya cocok digunakan sebagai bumbu masakan dan pewarna alami, namun juga seringkali digunakan sebagai jamu. Masyarakat Indonesia telah memanfaatkan kunyit sebagai jamu sejak dahulu kala.

Kunyit mengandung curcumin. Bahan ini berperan penting sebagai imunomodulator. Dengan kata lain, zat curcumin yang terkandung dalam kunyit mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Itu dia 5 bahan alami yang kaya akan vitamin untuk imun tubuh. Seluruh bahan tersebut sangat mudah didapat dan harganya pun terjangkau. Anda bisa menambahkannya dalam masakan, mengkonsumsinya secara langsung, atau dibuat jamu.

Share

Trending Article

Cara Membesarkan Alat Kelamin Pria dengan Bawang Putih Benarkah Bisa Efektif

Inilah Cara Melakukan Gerakan Kayang Adalah

Inilah Cara Menurunkan Panas Pada Orang Dewasa

Cara Menghilangkan Jerawat di Pipi, Bantu Kembalikan Kepercayaan Diri!

Langkah-Langkah Dan Tips Penting Cara Melakukan Push-Up Yang Benar

Tips Dan Trik Yang Efektif Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Article Category