Health

5 Jenis Makanan Penambah Imun Tubuh, Guna Mencegah Penyakit

Selain berolahraga secara teratur, cara lain yang dapat Anda lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh atau imun tubuh adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Pastinya mengandung aneka vitamin, yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan penambah imun, yang dapat dikonsumsi baik di kala sehat atau ketika Anda sedang sakit, yaitu :

1. Jeruk

Bisa dikatakan jeruk termasuk salah satu jenis makanan penambah imun saat sakit. Karena didalam jeruk tersebut, terdapat berbagai macam vitamin yang akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh, seperti Vitamin C, dan yang lainnya.

Seperti diketahui bersama vitamin C ini, mengandung antioksidan yang baik, untuk melawan virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Kali ini, ada beberapa jenis jeruk yang dapat Anda konsumsi secara langsung, seperti jeruk mandarin, jeruk Sunkist, dan yang lainnya. Ada juga jeruk yang sebaiknya dijadikan sebagai campuran minuman, seperti jeruk lemon, dan yang lainnya.  

2. Paprika

Tidak banyak yang mengetahui bahwa ternyata paprika mengandung vitamin C, 3 kali lebih banyak dari jeruk. Selain itu, paprika juga mengandung beta karoten, yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Itu sebabnya mengkonsumsi paprika tersebut baik untuk menjaga kesehatan tubuh, mata dan juga kulit.

3. Brokoli

Brokoli termasuk salah satu jenis makanan penambah imun. Lantaran sayuran yang satu ini mengandung berbagai macam vitamin, dan mineral. Jenis vitamin yang ada pada Brokoli ini, antara lain Vitamin A, vitamin C, dan juga vitamin E. Selain itu, sayuran brokoli juga mengandung antioksidan, yang akan meningkatkan kekebalan tubuh.

Yang menarik, brokoli juga bermanfaat untuk proses detoksifikasi dari radikal bebas yang ada. Menurunkan resiko diabetes, penyakit jantung, dan bahkan memperbaiki sistem imun tubuh. Cara mengolah agar nutrisi dari sayuran ini tetap terjaga dengan baik adalah dengan mengukusnya.

4. Pepaya

Tidak hanya baik untuk sistem pencernaan tubuh, ternyata buah berwarna orange ini, juga mampu meredakan peradangan yang terjadi pada tubuh Anda. Hal tersebut terjadi lantaran buah yang satu ini kaya akan aneka vitamin dan juga mineral. Adapun aneka vitamin dan mineral yang dimaksd, antara lain magnesium, kalsium, vitamin B1, B3, B5, vitamin E dan juga vitamin K. Bahkan buah yang satu ini mengandung antioksidan, yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh.  

5. Bayam

Bayam termasuk makanan penambah imun tubuh, lantaran sayuran yang satu ini, mengandung beta karoten, dan juga antioksidan. Dimana kedua kandungan tersebut, mampu membantu tubuh, dalam melawan infeksi, serta menjaga kekebalan tubuh dengan baik.

Selain itu bayam juga mengandung aneka vitamin dan mineral yang pastinya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Adapun vitamin dan mineral yang dimaksud, antara lain vitamin A, vitamin B9, vitamin C, vitamin K, dan juga zat besi.

Yang perlu Anda perhatikan, dam hal ini adalah cara memasak atau cara pengolahan dari sayuran berwarna hijau tersebut. Agar nutrisinya tetap terjaga baik, sebaiknya masak sayuran tersebut dalam waktu yang singkat.

Jadi ketika Anda merasa sedang sakit, atau untuk menjaga daya tahan tubuh, ada baiknya konsumsi makanan penambah imun yang telah disebutkan diatas secara teratur.