Health

5 Buah yang Mengandung Vitamin C Lebih Tinggi daripada Jeruk

Selama ini jeruk selalu dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin C yang tinggi. Namun, ternyata bukan hanya jeruk yang mengandung vitamin C yang tinggi. Bahkan, ada buah yang kandungan vitamin Cnya lebih tinggi dibandingkan buah jeruk.

Buah-buahan ini  bisa menjadi alternatif sumber vitamin C. Jika Anda sedang merasa bosan dengan buah jeruk. Selain itu, banyak buah ini yang harganya lebih murah dan lebih mudah ditemukan.

Berikut ini adalah berbagai buah sumber vitamin C yang bisa menjadi pilihan selain buah jeruk.

1. Rasa Segar dari Buah Nanas 

buah yang mengandung vitamin C lebih dari jeruk yang pertama adalah buah Nanas. Buah ini dapat memenuhi 88% lebih kebutuhan vitamin C harian Anda. Karena, pada sepotong besar buah nanas terdapat kurang lebih 78 gram kandungan vitamin C.

Selain tinggi vitamin C, buah nanas juga memiliki kandungan enzim yang bernama Bromelain. Enzim ini merupakan enzim khusus yang dapat membantu pemecahan protein di dalam pencernaan. 

2. Enak dan Mudah Ditemukan, Buah Mangga

Buah mangga adalah buah yang paling banyak disukai masyarakat Indonesia. Buah ini juga sangat mudah ditemukan di banyak pasar di Indonesia. Terutama, pada saat musim panen, jumlah buah mangga di pasaran bisa sangat melimpah ruah.

Ternyata, tidak hanya enak buah satu ini juga sangat bergizi dan terbilang mengandung vitamin C yang tinggi. Satu buah mangga dapat memenuhi kurang lebih 66% kebutuhan vitamin C orang dewasa.

Selain itu, buah mangga juga mengandung serat alami dan fitokimia. Contohnya, seperti senyawa karotenoid dan polifenol. Kandungan antioksidan di dalam buah ini juga dapat membantu menurunkan resiko penyakit berat.

3. Penuh Serat dan Vitamin, Buah Pepaya 

Buah selanjutnya yang mengandung vitamin C lebih tinggi daripada jeruk adalah buah Pepaya. Buah ini sering kali digunakan untuk melancarkan buang air besar. Hal ini karena kandungan serat dan air yang tinggi di dalam buah pepaya.

Namun, ternyata buah yang sering ditemukan di pasar Indonesia ini mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Bahkan, setengah buah pepaya saja sudah mengandung 94 miligram kandungan vitamin C.

4. Enak dan Terjangkau Buah Jambu Biji 

Buah jambu biji bisa menjadi buah sumber vitamin C yang tidak hanya enak tapi juga terjangkau harganya. Seperti yang diketahui, harga dari buah jambu biji cenderung lebih murah daripada buah jeruk dan cukup mudah ditemukan di pasar tradisional Indonesia.

Kandungan vitamin C pada jambu biji tergolong tinggi. Bahkan, lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah jeruk. Pada satu buah jambu biji yang berukuran sedang, terdapat 200 miligram kandungan vitamin C.

Tidak hanya vitamin C saja, buah jambu biji termasuk buah yang mengandung serat yang tinggi. Kandungan di dalamnya punya andil kuat dalam menurunkan dan mengendalikan tekanan darah serta kolesterol tubuh.

5. Enak dan Bermanfaat, Buah Pisang 

Buah pisang adalah buah yang cocok untuk dimakan sebagai kudapan ringan. Ternyata, buah ini tidak hanya enak namun juga kaya nutrisi, khususnya vitamin C.

Pada 100 miligram buah pisang, terdapat 9 miligram kandungan vitamin C. Selain itu, buah ini adalah buah yang ideal untuk dikonsumsi orang yang menderita penyakit jantung dan pencernaan.

Itulah buah yang mengandung vitamin C. Bahkan, kandungan vitamin C pada buah-buah tersebut terbilang setara atau lebih tinggi daripada buah jeruk. Buah di atas bisa menjadi alternatif yang bagus untuk mendapatkan asupan vitamin C.

 

Photo by Myriams-Fotos Pixabay