Health

5 Makanan yang Mengandung Vitamin C dari Jenis Sayuran

By Admin |

Kandungan vitamin C tinggi selalu identik dengan buah jeruk dan beberapa jenis buah lainnya. Ternyata, ada makanan yang mengandung vitamin C dari jenis sayuran dan tidak hanya dari buah saja.

Bahkan, beberapa sayuran memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan buah-buahan. Pilihan sayuran ini pun bisa menjadi alternatif bagi Anda.

Berikut adalah beberapa makanan tinggi vitamin C yang berasal dari golongan sayuran.

1. Mudah Ditemukan dan Murah Kembang Kol 

Kembang kol adalah salah satu jenis sayuran yang mudah ditemukan di pasar tradisional Indonesia. Sayuran ini sering kali diolah dengan cara direbus, dikukus dan sebagainya. Variasi olahan dari kembang kol pastinya tidak akan membuat orang bosan. 

Ternyata, sayuran satu ini termasuk yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Pada setiap porsi kembang kol, mengandung kurang lebih 122,7 miligram vitamin C. Jumlah ini sudah dapat memenuhi 80% kebutuhan vitamin C harian. 

2. Sehat dan Bernutrisi, Sayur Brokoli 

Sayur brokoli dan olahannya sering kali dihindari karena dianggap memiliki rasa yang kurang enak. Namun, ternyata sayur brokoli adalah makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Karena kandungan nutrisinya yang sangatlah tinggi.

Khususnya, untuk kandungan vitamin C sendiri. Untuk satu porsinya, brokoli mengandung 132 miligram vitamin C. Kandungan ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah jeruk, loh. Sayur brokoli bisa menjadi makanan yang tepat sebagai sumber vitamin C. 

3. Kandungan Vitamin C Tinggi pada Paprika Merah

Makanan yang mengandung vitamin C selanjutnya dari jenis sayuran adalah Paprika merah. Untuk per porsinya sayuran ini bisa mengandung 95 miligram vitamin C. Tidak hanya vitamin C, sayuran ini juga mengandung nutrisi lainnya yang tidak kalah pentingnya bagi tubuh. 

Misalnya, nutrisi serat, asam folat, potasium, dan juga fosfor. Paprika merah sangat ideal untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, karena vitaminnya baik untuk tubuh. Sedangkan kandungan asam folat ideal untuk perkembangan janin. 

4. Pedas dan Enak, Cabe Merah

Kabar baik bagi Anda yang menggemari makanan pedas. Karena cabe merah tidak hanya akan memberikan sensasi pedas pada makanan Anda. Namun juga, memiliki manfaat bagi tubuh, salah satunya karena kandungan vitamin C yang tinggi. 

Bahkan, pada satu cangkir cabe merah mengandung sekitar 80 miligram vitamin C. Jumlah ini cukup besar jika dibandingkan dengan buah yang mengandung vitamin C lainnya. Namun, walaupun begitu tetap disarankan untuk tidak mengonsumsi cabe merah dalam jumlah terlalu banyak. 

5. Alternatif Karbohidrat, Kentang

Kentang biasanya dikonsumsi sebagai sumber alternatif nutrisi karbohidrat dan protein. Karena memang kentang memiliki efek mengenyangkan yang cukup lama. Tidak heran, banyak orang diet yang memilih untuk mengonsumsi kentang sebagai menu diet. 

Ternyata, kentang mengandung nutrisi vitamin C yang cukup tinggi. Baik diolah dengan cara direbus maupun dikukus. Kentang mengandung sekitar 20 miligram vitamin C. Serat yang dikandung oleh kentang juga sangat baik untuk pencernaan tubuh.

Itulah makanan yang mengandung vitamin C dari jenis sayuran. Jadi, tidak hanya memakan buah-buahan saja. Berbagai sayuran dan olahannya, bisa menjadi sumber vitamin C yang bagus untuk tubuh.

Photo by stevepb Pixabay

Share

Trending Article

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Mengenal Diet Defisit Kalori: Kunci Sukses Menurunkan Berat Badan

Article Category