Health

5+ Cara Menghilangkan Batuk dengan Cepat

Pada dasarnya, batuk merupakan cara tubuh dalam menjaga kebersihan tenggorokan dari dahak atau pemicu iritasi lainnya. Meski memiliki tujuan untuk melindungi tubuh, tetapi batuk yang tidak kunjung sembuh tentu bisa sangat mengganggu. Anda bisa mencoba mengobati batuk dengan cara-cara alami. Banyak hal yang bisa Anda coba di rumah untuk cara menghilangkan batuk dengan cepat. Berikut simak ulasannya di bawah ini.

1. Perbanyak Asupan Cairan

Ketika Anda mengalami pilek atau flu, biasanya virus akan memproduksi lendir dan dahak yang lebih banyak. Dahak yang berlebihan itu akan mengalir melalui hidung kemudian ke bagian belakang tenggorokan. Hal inilah yang akan membuat Anda menjadi batuk berdahak.

Dalam menyembuhkan batuk berdahak, terdapat cara efektif  yang mudah Anda lakukan ialah memperbanyak asupan cairan, seperti minum air putih dan teh hangat. Cairan hangat dapat  melegakan tenggorokan serta membantu untuk mencairkan lendiran yang mengental, sehingga saar batuk dahak akan mudah untuk dikeluarkan. 

2. Mengonsumsi Madu dan Lemon

Dalam menghilangkan batuk, Anda bisa mengonsumsi obat batuk alami, seperti irisan lemon dan teh madu. Obat alami tersebut juga mampu membantu untuk melegakan hidung yang tersumbat serta melegakan tenggorokan. Selain kedua bahan tersebut, Anda juga dapat mengonsumsi minuman hangat lainnya, yaitu wedang jahe. 

3. Berendam Air Hangat

Berendam air hangat memiliki manfaat yang sama dengan mengonsumsi air hangat dalam menghilangkan batuk. Pasalnya, uap air hangat yang Anda hirup dapat membantu untuk melegakan sekresi yang dapat menghasilkan lendir pada hidung sampai dengan ke tenggorokan. Dengan begitu, batuk  Anda pun akan semakin berkurang.

Berendam air hangat menjadi salah satu cara yang cukup efektif dalam mengatasi batuk yang disebabkan oleh alergi. Banyak masyarakat yang masih percaya bahwa berendam tidak diperbolehkan saat sedang batuk dan demam menggigil. Namun, nyatanya membersihkan tubuh tetap sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda.

Jika Anda mengalami batuk bersamaan dengan demam, bisa menggunakan lap yang sudah dibasahi air hangat, kemudian bersihkan tubuh dengan lap tersebut.

4. Menjaga Kebersihan dan Kelembaban 

Udara kering serta kotor, tentu bisa menjadi pemicu  alergi rhinitis.  Gejala dari reaksi alergi rhinitis salah satunya ialah batuk. Anda bisa menggunakan humidifier untuk menjaga kelembapan udara dan membersihkan sirkulasi udara dari partikel kuman dan debu.

5. Hindari Merokok

Salah satu penyebab batuk yang sering dialami ialah asap rokok. Pasalnya asap rokok dapat menyebabkan produksi lendir menjadi lebih banyak yang membuat batuk lebih parah. Supaya dapat menghilangkan batuk dengan cepat, maka sebaiknya Anda hindari merokok dan lingkungan merokok. 

Tidak hanya itu, rokok juga memiliki bahaya yang dapat mengganggu jaringan silia yang memiliki fungsi dalam membersihkan kotoran dan lendir di dinding paru. Hal ini yang biasanya membuat para perokok aktif merasakan gejala batuk berkepanjangan.

6. Minum Obat

Apabila tips alami di atas tidak cukup ampuh untuk meredakan batuk, maka Anda bisa minum obat batuk tanpa resep dokter yang tentunya efektif untuk menghilangkan batuk Anda. Fungsi obat batuk ialah untuk meringankan batuk, , mengurangi lendir yang menyumbat, mengencerkan dahak di tenggorokan, serta mengurangi frekuensi batuk.

Anda bisa mendapatkan obat batuk yang efektif dengan kandungan terbaik, seperti No Cough Syrup. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi vitamin untuk menjaga metabolisme tubuh, seperti Nuvita Vitamin D3, Nutriwell My Boost, dan Kal D3 1000 IU. Sementara untuk anak-anak, dapat mengonsumsi obat Child Life.

Photo by Arwin Neil Baichoo