Health

Inilah Ciri Ciri Gerd yang Perlu Diketahui

Pasti Anda sudah mengetahui istilah gerd dalam bidang kesehatan, karena gerd merupakan salah satu penyakit pencernaan lebih tepatnya penyakit yang terjadi pada lambung dan banyak dialami orang. Jika Anda ingin mengetahui apa ciri-ciri gerd dan apakah ciri-ciri tersebut Anda alami maka ikuti petunjuk berikut ini. Gerd atau gastroesophageal reflux disease disebabkan adalah melemahnya katup atau sfingter pada kerongkongan bagian bawah.

Ciri-ciri atau gejalanya Gerd diantaranya

1. Kesulitan Menelan

Seseorang yang mengalami gerd pastinya akan merasa kesulitan menelan, karena berhubungan dengan tenggorokan. Yang dirasakan saat sulit menelan makanan adalah seperti ada benjolan dalam tenggorokan tersebut.

2. Mual dan muntah

Untuk ciri-ciri gerd yang satu ini sudah sangat biasa dan lazim. Dimana perasaan bergejolak di dalam perut membuat Anda akan merasa mual dan ingin muntah. Karena, mual dan muntah ini yang memang paling mudah untuk dianalisa sebagai gejala gerd.

3. Suara Serak

Karena terkadang orang yang mengalami gerd juga mengalami batuk atau penyakit tenggorokan, maka ada kemungkinan suara penderita gerd juga akan terdengar serak karena adanya gangguan pada tenggorokan.

4. Bau Mulut dan Mulut Asam

Masih seputar masalah mulut dan tenggorokan, penyakit dan ciri-ciri gerd tadi juga akan mengakibatkan bau mulut serta mulut yang terasa asam. Sehingga, Anda bisa mengantisipasi jika mulut sudah terasa asam atau tercium bau mulut.

5. Gangguan Tidur

Hal lain yang cukup mempengaruhi dari gejala terjadinya gerd, Anda akan merasa gangguan pada tidur. Dengan semua ketidaknyamanan yang terjadi pada mulut, tenggorokan dan lambung sehingga akan membuat tidur Anda juga terasa tidak nyaman.

6. Sakit Tenggorokan 

Satu-satunya yang sangat memperlihatkan gejala dan ciri-ciri gerd tersebut adalah sakit tenggorokan. Karena, penyakit gerd sangat berhubungan erat dengan masalah tenggorokan. Karena tenggorokan yang sakit itulah yang menyebabkan gejala gerd.

7. Keluarnya Isi Lambung

Jika Anda belum mengetahui, sebenarnya gejala gerd memiliki nama lain sebagai penyakit asam lambung. Dimana asam lambung yang Anda miliki naik ke permukaan dan keluar dari tenggorokan dan mulut Anda. Ini merupakan salah satu ciri atau gejala, keluarnya isi lambung merupakan hal yang sudah sangat biasa sebagai gejala penyakit gerd.

8. Gangguan Pernapasan

Gejala yang cukup perlu perhatian khusus untuk menganalisa dan mengantisipasi terjadinya gerd, yaitu gangguan pernapasan yang sangat membuat tidak nyaman. Karena, ternyata gejala dari gerd juga bisa diketahui dari gangguan pernapasan seperti sesak napas ataupun batuk-batuk. Yang sangat memungkinkan mengalami gerd adalah seorang penderita asma aktif, karena seringnya kumat bisa mengakibatkan terjadinya gerd. 

Itulah beberapa ciri-ciri gerd yang perlu diketahui sebagai petunjuk agar Anda bisa mengantisipasi penyakit ini tidak terjadi pada Anda. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengatasinya apabila gerd terjadi pada Anda.

Cara Mengatasi Gerd

Selain gejala, Anda juga perlu mengetahui cara mengatasi terjadinya gerd tersebut. Adapun cara mengatasinya antara lain:

1. Tidak Merokok

Agar bisa menghindari terjadinya gerd, ada baiknya Anda tidak merokok. Karena, merokok dapat memicu juga terjadinya gerd.

2. Mengurangi Berat Badan atau Diet

Bisa menurunkan berat badan bisa menghilangkan atau mengurangi terjadinya gerd. Karena, berat badan berlebih juga berpotensi mengalami gerd.

3. Tidak Mengenakan Pakaian Ketat

Jika Anda menggunakan pakaian terlalu ketat, maka Anda akan mengalami sesak pada bagian pernapasan dan perut yang tentunya bisa terjadi gerd. 

4. Tidak Berbaring Setelah Makan 

Bagi Anda yang baru saja selesai makan, memang sangat dianjurkan untuk tidak berbaring apalagi tidur dalam jangka waktu 2 hingga 3 jam. Karena, hal ini bisa menjadikan gejala gerd semakin meninggi.

5. Meninggikan Kepala Saat Tidur

Bagi yang mengalami kurang nyaman saat tidur, ada baiknya dengan meninggikan kepala dan bantal saat akan mulai tidur.

Semua cara-cara di atas merupakan jawaban atau solusi untuk masing-masing gejala gerd yang sudah dijelaskan sebelumnya tadi.