Health

5 Cara Menyembuhkan Batuk dengan Tepat

By Admin |

Batuk jadi salah satu penyakit yang sering menyerang orang dewasa maupun anak-anak. Batuk sendiri sebenarnya adalah respons alami dari tubuh ketika saluran pernapasan teriritasi. Namun, jika batuk terjadi secara terus menerus, tentunya harus segera diatasi agar tidak mengganggu aktivitas. Cara menyembuhkan batuk bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan maupun menggunakan bahan alami. 

Cara Tepat Mengobati Batuk 

Batuk yang tak kunjung sembuh membuat otot di sekitar dada terasa nyeri, tidak nyaman, tenggorokan terasa kering dan perih, serta tubuh menjadi lemah. Akibatnya, aktivitas sehari-hari akan terganggu, apalagi untuk orang yang memiliki riwayat penyakit saluran pernapasan seperti asma, alergi, dan sinusitis. Agar batuk lebih cepat mereda, atasi dengan lima cara berikut ini.

1. Cukupi cairan tubuh

Saat batuk tenggorokan terasa perih, kering, dan kadang disertai rasa gatal. Jika batuk disebabkan oleh flu, produksi lendir atau dahak juga akan meningkat akibat virus. Hal ini akan membuat seseorang mengalami batuk berdahak. Untuk mengatasinya, pastikan Anda memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan memperbanyak konsumsi air putih hangat. Air hangat dapat mengencerkan lendir yang mengental sehingga dahak lebih mudah keluar. Selain itu, air hangat juga bisa melegakan tenggorokan sehingga Anda bisa bernapas lebih lega. Agar lebih efektif, imbangi dengan istirahat yang cukup.

2. Menjaga kebersihan dan kelembapan udara

Cara menyembuhkan batuk yang selanjutnya adalah menjaga kelembapan dan kebersihan udara. Udara yang kotor dan terlalu kering dapat menimbulkan alergi rhinitis dan menyebabkan batuk. Agar udara di dalam ruangan tetap lembap dan terjaga kebersihannya, Anda bisa menggunakan humidifier. 

3. Hindari hal-hal yang menyebabkan batuk

Selain udara kering, sebaiknya Anda menghindari hal-hal yang dapat memicu batuk, seperti debu dan asap rokok. Asap rokok dapat memicu produksi lendir lebih banyak sehingga sistem pernapasan terasa tidak nyaman. Bagi perokok aktif, cara terbaik mengatasi batuk yang tak kunjung sembuh adalah dengan berhenti merokok.

4. Konsumsi obat untuk meredakan batuk

Mengonsumsi obat-obatan alami merupakan salah satu cara efektif untuk mengurangi batuk. Ada banyak bahan alami di rumah yang dapat dijadikan obat batuk alami, seperti campuran teh madu dan irisan lemon, nanas, jeruk nipis dan kecap, serta jahe dan madu.

Jika batuk masih belum mereda setelah mengonsumsi obat-obatan alami secara rutin, Anda bisa mengonsumsi obat yang dibeli di apotek maupun berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

5. Berkumur air garam

Berkumur dengan air garam juga bisa membantu mengencerkan dahak yang menggumpal di belakang tenggorokan. Selain itu, air garam berfungsi untuk membersihkan bakteri dan zat alergen yang ada di mulut.

Itulah 5 cara menyembuhkan batuk dengan tepat yang bisa Anda lakukan di rumah.

Share

Trending Article

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Mengenal Diet Defisit Kalori: Kunci Sukses Menurunkan Berat Badan

Article Category