Health

Cara Menghilangkan Batuk Berdahak dengan Ampuh dan Cepat

By Natural Farm |

Batuk berdahak seringkali menimbulkan rasa yang tidak nyaman pada saluran pernapasan karena produksi lendir yang berlebih. Meski kondisi ini umum terjadi, tapi batuk berdahak juga bisa menandakan adanya gejala penyakit yang cukup serius. Terlebih lagi jika batuk terjadi dalam jangka waktu yang lama dan tidak kunjung sembuh.

Cara menghilangkan batuk berdahak sebenarnya dapat dilakukan dengan obat-obatan alami. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan di rumah untuk meringankan batuk berdahak agar pernapasan terasa lebih lega.

1. Kumur Air Garam untuk Mengencerkan Dahak

Air garam dapat dijadikan obat alternatif untuk mengatasi batuk berdahak. Campuran air hangat dengan garam membantu membersihkan lendir yang menumpuk di ujung tenggorokan dan membuat pernapasan lebih lega. Selain itu, larutan air garam dapat membasmi kuman di rongga mulut dan meredakan tenggorokan yang sakit. Meski manfaatnya cukup besar, tapi sebaiknya hindari menelan air garam.

2. Perasan Jeruk dan Madu

Batuk berdahak juga bisa diatasi dengan perasan jeruk segar. Kandungan vitamin C di dalam jeruk membantu meningkatkan imun sehingga mempercepat proses penyembuhan batuk. Selain perasan jeruk segar, mengatasi batuk berdahak juga bisa dilakukan dengan konsumsi jeruk nipis dengan madu maupun kecap.

Kandungan minyak atsiri pada jeruk nipis membantu melemaskan otot-otot pada saluran pernapasan. Lebih lanjut, jeruk nipis juga membantu mengatasi suara serak akibat batuk. Sedangkan madu sendiri memiliki kandungan yang sangat bagus untuk penderita batuk, salah satunya sebagai antibakteri dan antiradang.

3. Jahe dan Daun Sirih

Cara menghilangkan batuk berdahak berikutnya adalah jahe dan daun sirih. Selama ini daun sirih lebih dikenal sebagai obat alami untuk masalah kewanitaan. Padahal, daun sirih punya khasiat yang besar untuk meredakan batuk berdahak maupun batuk kering. Air rebusan daun sirih dan jahe dapat menghangatkan tenggorokan dan mengurangi rasa tidak nyaman akibat batuk.

4. Konsumsi Obat-obatan untuk Batuk Berdahak

Terakhir, konsumsi obat-obatan untuk meredakan batuk yang bisa dibeli di apotek. Meski begitu, pertimbangkan juga obat batuk yang Anda pilih. Untuk mengatasi batuk berdahak, pilihlah obat dengan kandungan ekspektoran. Kandungan ini berfungsi mengurangi kekentalan pada dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan. Sementara untuk ibu hamil dan menyusui, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut dengan dokter untuk penggunaan obat-obatan.

Empat cara menghilangkan batuk berdahak di atas bisa Anda coba sendiri di rumah. Bahan-bahan untuk obat alami bisa Anda temukan dengan mudah dan relatif terjangkau. Jika cara-cara alami di atas tidak efektif untuk menghilangkan batuk berdahak, konsultasikan dengan dokter untuk mencari tahu penyebab utama dari batuk Anda. Dengan begitu, masalah utamanya dapat segera diatasi dan batuk berdahak jadi lebih cepat sembuh.

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category