Health

5 Cara Meredakan Batuk Pada Anak Agar Cepat Sembuh

By Admin |

Anak-anak sering mengalami batuk dibanding orang dewasa. Ada beberapa faktor yang menyebabkan batuk pada anak, seperti alergi, zat kimia, virus, debu, hingga asap rokok. Batuk pada anak juga bisa disebabkan oleh sinusitis. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bagi si kecil, terutama pada saat tidur.

Untuk meredakan batuk pada anak, sebaiknya jangan diberi obat sembarangan. Pastikan obat yang dikonsumsi benar-benar aman bagi si kecil dan sudah sesuai dengan resep dokter. Selain itu, Kamu bisa menerapkan cara meredakan batuk tanpa obat untuk mempercepat penyembuhannya.

1. Pastikan Anak Beristirahat dengan Cukup

Saat tubuh kurang fit, si kecil perlu istirahat yang cukup. Lama istirahat yang dibutuhkan tergantung dari seberapa berat gejalanya dan tingkat keparahan batuk pada si kecil. Anak-anak sebaiknya tidak melakukan aktivitas yang bisa memperlambat penyembuhannya dan kurangi intensitas bermain di luar rumah. Selain itu, anak juga harus memiliki waktu tidur yang cukup agar sistem imunnya membaik dan batuk segera sembuh.

2. Cukupi Kebutuhan Cairannya

Cara mengatasi batuk yang selanjutnya adalah mencukupi kebutuhan cairan. Jangan biarkan anak-anak kekurangan cairan atau dehidrasi, karena hal ini dapat memperlambat proses penyembuhan. Bahkan, anak yang kekurangan cairan bisa mengalami demam. Sebagai orang tua, Kamu harus memastikan si kecil mengkonsumsi cukup air.

3. Hindari Makanan dan Minuman yang Membuat Batuk Lebih Parah

Makanan yang dikonsumsi si kecil juga harus diperhatikan, baik saat batuk maupun saat sehat. Agar batuk tidak berkepanjangan, hindari makanan dan minuman penyebab batuk. Salah satunya adalah makanan yang digoreng. Kandungan minyak di dalam makanan bisa membuat tenggorokan terasa tidak nyaman dan batuk tak kunjung sembuh. 

Selain gorengan, si kecil sebaiknya menghindari minuman dingin dan minuman manis. Kamu bisa memasukkan makanan berkuah hangat ke dalam menu hariannya agar tenggorokan tidak gatal dan batuk tidak bertambah parah.

4. Hindari Penyebab Alergi

Cara meredakan batuk pada anak yang mengalami alergi adalah menghindari pemicunya. Pastikan tempat tidur si kecil dibersihkan secara teratur agar terhindar dari debu, jamur, dan tungau yang bisa menimbulkan alergi. Begitupun dengan ruangan lain di dalam rumah. Bila memiliki hewan peliharaan, jauhkan si kecil dari peliharaannya untuk sementara waktu hingga batuknya sembuh.

5. Berikan Obat Khusus Anak-Anak

Jika batuk kan kunjung reda selama 2 hari, berikan obat batuk khusus anak-anak. Pemberian obat untuk anak harus diperhatikan dosis dan jenis obatnya. Apabila membeli obat di apotek, perhatikan baik-baik obatnya. Pilihlah obat batuk yang diformulasikan untuk anak dan sesuai dengan jenis batuknya agar cepat sembuh.

Lima cara meredakan batuk di atas dapat Kamu lakukan sebagai pertolongan pertama agar kondisi si kecil lebih baik dan merasa nyaman.

Share

Trending Article

Tips Memilih Vitamin Penggemuk Badan dari Buah dan Sayur Agar Mencapai Keseimbangan Nutrisi Optimal

Vitamin B6 untuk Apa? Ini 5 Manfaatnya!

7 Vitamin Tulang

Manfaat Vitamin B Complex Yang Bagus

Tak Hanya Berfungsi Menjaga Kesehatan Mata, Ternyata Ini Dia Manfaat Vitamin A Bagi Tubuh

Yuk Kenali Berbagai Manfaat Vitamin B untuk Kesehatan Tubuh

Article Category