Health

Penyebab dan Cara Mengatasi Batuk Tak Kunjung Sembuh

Batuk tak kunjung sembuh yang sudah lebih dari satu bulan sebaiknya jangan disepelekan. Ada kemungkinan batuk yang Kamu alami adalah gejala dari masalah kesehatan yang cukup serius. Apalagi kalau Kamu memiliki kebiasaan merokok dan sering terpapar zat kimia lainnya.

Penting untuk mencari tahu penyebab utama dari batuk yang Kamu alami selama berminggu-minggu. Dengan begitu, pengobatan bisa segera dilakukan sehingga batuk bisa lebih cepat sembuh. Apa saja penyebab batuk yang tidak cepat sembuh? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Gastroesophageal Reflux Disease atau GERD adalah kondisi di mana asam lambung naik ke esophagus, yaitu saluran yang menghubungkan lambung dan mulut. Kondisi ini bisa terjadi pada penderita maag yang tidak ditangani dengan benar dan pola hidup tidak sehat. Iritasi yang terjadi secara terus-menerus akan menimbulkan rasa tidak nyaman. 

Bahkan, kondisi ini dapat menimbulkan batuk yang berkepanjangan. Untuk meredakan batuk, Kamu perlu mengatasi masalah GERD terlebih dahulu, menerapkan pola hidup sehat, dan menghindari makanan yang bisa menyebabkan asam lambung naik.

Asma

Penyebab batuk tak kunjung sembuh yang berikutnya adalah asma. Kondisi ini terjadi akibat menyempitnya saluran pernapasan akibat peradangan oleh faktor iritan, aktivitas berat, maupun suhu dingin. Umumnya asma ditandai dengan gejala sesak napas dan suara mengi. Namun untuk jenis cough variant asthma juga diikuti dengan batuk kering dalam kurun waktu lama. Kamu sebaiknya menghindari aktivitas berlebih dan faktor iritan lainnya jika memiliki riwayat penyakit asma agar kondisinya tidak menjadi parah.

Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)

Penyakit Paru Obstruktif Kronis adalah peradangan menahun di dalam paru-paru. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti emfisema dan bronkitis kronis. Kedua penyakit ini dapat menyebabkan batuk tak kunjung sembuh. Kondisi ini tidak bisa dianggap sepele, karena bronkitis dan emfisema yang tidak ditangani dengan tepat dapat menimbulkan penyakit yang serius pada sistem pernapasan.

Polusi Lingkungan

Batuk kronis tidak hanya disebabkan oleh gangguan kesehatan saja. Tingginya polusi lingkungan dapat menimbulkan batuk berkepanjangan. Dalam kurun waktu lama, polusi lingkungan akibat asap kendaraan bermotor, asap pabrik, hingga pembakaran, dapat menimbulkan masalah serius pada sistem pernapasan.

Upper Airway Cough Syndrome (UACS)

Upper airway cough syndrome atau post-nasal drip juga bisa menyebabkan batuk kronis. Kondisi ini terjadi akibat produksi lendir berlebih pada saluran napas atas. Lendir yang mengalir ke bagian belakang tenggorokan dapat mengiritasi saluran pernapasan sehingga menimbulkan batuk. Pada kasus ini, batuk yang berkepanjangan biasanya terjadi ketika mengalami alergi, pasca terinfeksi virus, dan sinusitis.

Selain lima faktor di atas, batuk yang tak kunjung sembuh dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok dan sistem kekebalan tubuh lemah.