Health

5 Faktor Risiko Penyebab Kanker Tulang

Kanker tulang adalah jenis kanker yang menyerang sel-sel dalam tulang seperti tulang punggung, lengan, tungkai serta bagian tulang lainnya. Kanker tulang tergolong masih jarang terjadi, bahkan penderita kanker tulang hanya sekitar 1% dari seluruh penderita kanker. Penyebab kanker tulang belum diketahui secara pasti, tapi ada beberapa kondisi yang didugi menjadi pemicu pertumbuhan sel kanker. Kanker tulang dapat dipicu oleh perubahan atau mutasi pada gen pengendali pertumbuhan sel. Mutasi inilah yang menjadikan sel tumbuh secara tidak terkendali dan membentuk tumor di tulang. Tumor di tulang lebih banyak yang jinak dibanding ganas, namun jika sudahh berkembang, sel kanker ini dapat menghancurkan tulang. Lebih jelasnya mengenai kanker tulang, mari simak penyebab kanker tulang berikut ini!

1. Kelainan Genetik

Beberapa kasus kecil kanker tulang jenis osteosarkoma terjadi akibat genetik langka menurun dari keluarga seperti Li-Fraumeni dan retinoblastoma herediter. Penderita retinoblastoma yakni penderita kanker mata langka yang diderita anak-anak dan diwariskan dari orangtua memiliki risiko tinggi menderita kanker tulang. Selain itu, jika penderita retinoblastoma menjalani terapi radiasi juga akan meningkatkan risiko kanker tulang di sekitar mata. 

2. Penyakit Tulang Paget

Penyakit paget merupakan gangguan regenerasi pada tulang sehingga menghasilkan pembentukan jaringan tulang yang abnormal. Paget’s disease lebih sering diderita oleh orang yang berusia 50 tahun ke atas. Penyakit ini memang menyebabkan tulang menjadi rapuh, lemah dan berisiko menjadi kanker. 

3. Paparan Radiasi Berlebihan

Tulang yang telah terpapar radiasi pengion memang memiliki risiko tinggi terkena osteosarcoma. Paparan bahan radioaktif seperti radium dan strontium juga dapat menjadi penyebab kanker tulang hal ini dikarenakan adanya penumpukan mineral pada tulang. Meski sinar X-ray tidak berbahaya, namun jika terkena paparan radiasi dosis besar dapat meningkatkan risiko penyakit kanker pada tulang.

4. Transplantasi Sumsum Tulang

Kasus kanker tulang akibat transplantasi sumsung tulang atau radioterapi juga bisa terjadi. Umumnya kanker tulang ini sangat kecil kemungkinan terjadi, mengingat dokter akan selalu memeriksa kesehatan tubuh pendonornya sebelum melakukan operasi transplantasi sumsum tulang. Meski begitu, kamu harus selalu waspada karena risiko kecil pun akan sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh.

5. Menderita Sindrom Tuberous Sclerosis

Chordoma merupakan jenis kanker tulang yang umumnya muncul pada tulang belakang dan tulang tengkorak.  Penderita sindrom tuberous sclerosis terjadi akibat mutasi pada salah satu gen TSC1 dan TSC2. Perubahan gen inilah yang berkontribusi meningkatkan risiko chordoma tinggi pada masa kanak-kanak. 

Itulah beberapa penyebab kanker tulang yang harus kamu ketahui agar bisa segera diobati. Dengan mengobati kanker tulang lebih cepat tentu bisa meminimalisir berbagai hal yang tidak diinginkan. Perlu diingat beberapa penyebab di atas memang belum pasti, namun tidak ada salahnya kamu berhati-hati untuk menghindari risiko kanker tulang.