Health

Mitos Atau Fakta Mata Belekan Apakah Benar?

Mata belekan hampir dialami oleh 90% orang di dunia, secara gamblangnya penyebab utama adalah debu yang mengandung virus hinggap di kelenjar mata. Sehingga membuat mata terkontaminasi dan meradang. Indikasi awalnya, mata terasa mengganjal dan sedikit merah kemudian merah. Kondisi ini disebut dengan konjungtivitis mata dan bukan juga termasuk penyakit serius ya!

Apakah mata belekan bisa sembuh sendiri?

Iya bisa, secara alami tubuh kita memiliki sistem kekebalan tubuh yang bisa naik dan turun seiring waktu dan lingkungan. Saat cuaca kemarau panas virus dan bakteri cenderung lebih sedikit berkembang dibandingkan dengan cuaca peralihan atau pancaroba. Cuaca peralihan membuat udara menjadi sangat lembab dan hal inilah yang banyak disukai oleh virus dan bakteri. 

Nah, waktu penyembuhan mata belekan tanpa obat sendiri cukup lama, sekitar 10 harian sedangkan jika dibantu dengan obat kimia akan lebih cepat. Kisaran 2-3 hari mata belekan Anda terasa membaik. Hanya saja, terlalu banyak dan sering memakai obat mata kimia memberikan efek buruk untuk jangka panjang. Jika Anda telah merasa baikan dan mata tidak terlalu merah maka bisa stop obat tetes mata. 

Mitos atau fakta ketika melihat orang lain belekan akan tertular?

Mitos, karena mata belekan menular lewat kontak udara dan fisik penderita dengan Anda. Mungkin jika Anda melihat mata orang belekan tanpa kontak udara tentunya tidak tertular ya, tapi jika Anda sedikit saja kontak dengan penderita maka potensi tertular sangat tinggi. 

Ada baiknya jika Anda menghindari dahulu penderita mata belekan atau mengenakan kacamata. 

Cara perawatan mata belekan 

Mata belekan normal awalnya hanya keluar sesekali saja terutama saat pagi hari bangun tidur ya, nah warnanya putih berlendir sedikit sekali. Anda bisa langsung mencuci muka dengan air hangat agar kuman yang menempel tersebut bisa segera teratasi dengan cepat. Namun, jika lendirnya warna kuning dan banyak keluar serta mata pegal, merah segeralah atasi dengan kompres air hangat menggunakan tisu. Jangan gunakan tisu yang sama untuk kompres kedua mata, jika dalam waktu 24 jam terapi kompres membaik maka Anda perkuat dengan imunitas dahulu dan teruskan hingga 2 hari ke depan. Jika makin tak baik Anda bisa membeli obat mata belekan di apotek. Obat mata belekan carilah yang bagus sedikit mahal karena komposisi kimianya juga sedikit berbeda. 

Gunakan 1 tetes kiri dan kanan masing-masing agar mata bisa beradaptasi dengan zat kimia baru. 

Bagaimana agar kita terhindar dari mata belekan? 

Anda hindari dahulu kontak fisik dengan penderita mata belekan, gunakan kacamata jika keluar rumah dan cuci tangan memakai sabun sebelum dan setelah aktivitas. 

Semoga membaik!