Health

5 Makanan Penyebab Tipes yang Wajib Diwaspadai

Ternyata di sekitar kita ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan penyakit tipes. Makanan penyebab tipes ini patut diwaspadai agar tidak dikonsumsi secara berlebihan. Seperti yang diketahui banyak orang, sebuah penyakit memang bisa berasal dari apa yang dikonsumsi. 

Tifus atau tipes merupakan penyakit yang disebabkan oleh Salmonella Thypi. Penyakit ini sangat identik dengan demam tinggi jadi sering juga disebut dengan demam tifoid. Karena merupakan penyakit menular, maka harus ada penanganan yang sesegera mungkin. 

Penyakit tifes bukanlah penyakit yang bisa diremehkan. Karena itu, lebih baik menjaga kesehatan dari awal dengan menghindari makanan yang menjadi penyebab tipes. Berikut adalah berbagai makanan yang menjadi penyebab tipes. 

1. Makanan dengan Rasa Terlalu Pedas 

Makanan penyebab tipes yang pertama adalah makanan dengan rasa yang terlalu pedas. Makanan pedas pada dasarnya membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah. Karena, rasa pedas pada makanan menyebabkan gangguan motilitas pada bagian lambung. 

Gejala awalnya adalah perut kembung dan diare yang tidak kunjung membaik. Kondisi ini, bisa saja mengundang penyakit tipes, atau memperparah penyakit tipes nantinya. 

2. Makanan yang Masih Mentah 

Makanan selanjutnya yang dapat menyebabkan tipes adalah makanan yang masih dalam kondisi mentah. Makanan mentah memiliki kemungkinan terpapar bakteri yang lebih tinggi daripada makanan yang sudah matang. 

Apalagi, jika makanan yang mentah tersebut tidak diolah dengan baik maupun higienis. Maka, bakteri yang ada di dalam makanan mentah bisa berpindah dalam tubuh. Termasuk, bakteri yang dapat menyebabkan penyakit tipes. 

Karena itu, pastikan makanan yang dikonsumsi sudah diolah dengan baik dan higienis. Lebih baik lagi, jika memastikan terlebih dahulu jika makanan yang dikonsumsi matang dengan sempurna dan siap untuk dimakan. 

3. Meminum Air Mentah 

Selain makanan, air yang masih mentah dan tidak bersih juga memiliki kemungkinan menjadi penyebab penyakit tipes. Seperti halnya makanan, air mentah memiliki kemungkinan tinggi terpapar oleh bakteri. 

Bakteri tersebut bisa dengan mudah berpindah ke tubuh. Termasuk, salah satunya adalah bakteri yang menyebabkan tipes. Selain itu, bakteri yang menyebabkan penyakit lain juga bisa masuk ke dalam tubuh. 

Karena itu, selalu pastikan untuk mengonsumsi air matang yang bersih. Lebih baik, untuk membeli air yang kualitas dan kebersihannya sudah terjamin. Karena ada kemungkinan air berasal dari sumber yang kurang higienis. 

4. Mengonsumsi Susu Mentah 

Susu dari sapi atau dari manapun sebenarnya tidak bisa dikonsumsi begitu saja. Susu harus melalui proses pasteurisasi atau dimasak terlebih dahulu. Karena dalam kondisi mentah, masih ada kemungkinan susu mengandung berbagai bakteri. 

Tentu saja, salah satunya adalah bakter penyebab tipes. Karena itu, pastikan setiap susu yang dikonsumsi oleh keluarga merupakan susu matang. Sudah melewati proses sterilisasi dan pasteurisasi. 

5. Tepung yang Masih Mentah 

Adonan tepung yang masih mentah dan belum diolah juga memiliki kemungkinan mengandung bakteri salmonella di dalamnya. Karena itu, lebih baik tidak mencicipi adonan yang masih mentah dan belum dimasak dengan matang. 

Konsumsi tepung jika sudah menjadi roti atau sudah melewati proses masak yang optimal. Dengan begitu, tepung bisa lebih bersih dan bakteri yang mungkin dikandungnya sudah hilang dalam proses memasak. 

Itulah berbagai makanan penyebab tipes yang baiknya dihindari. Untuk menjaga kesehatan dan diri dari penyakit tipes. Tidak cukup hanya perawatan dan pengobatan saja. Kita juga harus memperhatikan apa saja yang kita konsumsi untuk menjaga kesehatan.