Health

Cara Mengatasi Jantung Berdebar Kencang, Tangani dengan Cepat dan Tepat

By Admin |

Dari kalian pasti pernah mengalami suatu kondisi dimana jantung kalian berdebar lebih kencang dari kondisi normal seperti biasanya, lalu apakah kondisi ini dapat membahayakan kesehatan kita ? lalu bagaimana cara mengatasi jantung berdebar kencang ini ? Oke, kalian pasti penasaran kan, sekarang yuk kita kupas tuntas terkait permasalahan ini.

Penyebab Terjadinya Jantung Berdebar Kencang

Sebenarnya terkait dengan keadaan dimana detak jantung berdebar lebih cepat dari kondisi normal adalah sebuah kondisi yang normal dialami oleh setiap orang, dalam kasus ringannya kondisi ini biasanya disebabkan oleh beberapa aktivitas yang biasa kita lakukan sehari – hari.

Seperti contohnya ketika kamu selesai melakukan kegiatan olahraga maka detak jantung akan meningkat kecepatannya lebih tinggi dibandingkan kondisi normalnya, jumlah normal detak jantung pada orang dewasa adalah berkisar antara 60–100 kali per menit. Sehingga jika detak jantung berdetak melebihi angka tersebut, maka kamu akan merasakan kondisi dimana  terjadi debaran kencang di bagian dada.

Contoh hal lain yang dapat memicu meningkatnya jumlah detak jantung kamu adalah ketika kamu sedang merasakan perasaan panik atau cemas, kelelahan, konsumsi jumlah makanan atau minuman dalam jumlah yang banyak seperti contoh konsumsi kafein dan alkohol yang tinggi akan mengakibatkan jumlah detak jantung kamu menjadi lebih kencang dibandingkan biasanya.

Akan tetapi dalam suatu kondisi tertentu, jantung berdebar memanglah suatu hal yang biasa tapi jika hal tersebut disertai dengan gejala lain maka dapat memberikan sebuah kemungkinan adanya suatu penyakit.

Biasanya gejala tersebut dapat berupa rasa nyeri pada bagian dada yang menjalar sampai ke bahu ataupun punggung, kemudian disertai dengan rasa pusing, mual, keringat dingin, sesak napas, dan lemas maka kemungkinan adanya penyakit berbahaya yang sedang kamu alami seperti contohnya penyakit jantung.

Akan tetapi selain dari penyakit jantung, terdapat banyak kondisi atau penyakit yang juga dapat menjadi penyebab jantung berdebar. keluhan tersebut bisa juga disebabkan oleh adanya sebuah kondisi ataupun penyakit, seperti :

1. Anemia

Anemia adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami suatu kondisi kekurangan sel darah merah. Gejala ari penyakit ini bisa berupa jantung yang berdebar lebih cepat yang biasanya juga disertai dengan kelelahan, wajah pucat, hingga sesak napas.

2. Hipertiroidisme

Hipertiroidisme merupakan suatu kondisi ketika kadar hormon tiroid mengalami peningkatan yang terlalu tinggi dan terlalu aktif dari keadaan normalnya. Selain dari itu gejala lain yang ditimbulkan dari adanya penyakit ini adalah seseorang akan merasakan dada atau jantungnya berdebar.

Dan dalam beberapa kasus penderita dari hipotiroidisme ini  juga biasanya akan  mengalami gejala berupa sering merasa cemas, lebih cepat lelah, susah untuk tidur, tubuh terasa lemas dan gemetaran, serta banyak mengeluarkan keringat.

3. Hipoglikemia

Hipoglikemia adalah sebuah penyakit yang ditandai dengan nilai normal gula darah berada di rentang antara 70–140 mg/dL. Sehingga dapat dikatakan bahwa seseorang akan mengalami kondisi hipoglikemia ini ketika jumlah kadar gula darah mengalami penurunan sampai jauh di bawah nilai normalnya.

seseorang dengan kondisi ini biasanya akan mengalami gejala beberapa berupa jantung berdebar, merasa pusing, tubuh terasa lemas, warna kulit akan lebih pucat, berkeringat dingin, dan tremor atau tubuh merasa gemetaran.

4. Aritmia

Aritmia merupakan sebuah penyakit yang mana memiliki gejala berupa jantung akan berdebar  lebih cepat dari biasanya. Aritmia ini merupakan sebuah penyakit kelainan pada irama jantung yang akan membuat detak jantung berdetak menjadi lebih cepat, terlalu lambat, ataupun tidak beraturan, sehingga jantung tidak dapat memompa darah dengan baik.

Lalu bagaimana cara mengatasi jantung berdebar kencang ini ? caranya adalah dengan cara menghindari berbagai makanan dan kegiatan berlebihan yang dapat memicu terjadinya kondisi tersebut, kemudian cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan membiasakan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari – hari kamu. 

Tidaklah sulit untuk mencegah terjadinya kondisi buruk dalam hidup kamu, hanya saja tingkat kesadaran seseorang akan pentingnya kesehatan terkadang terabaikan. Cara mengatasi jantung berdebar kencang ini contohnya yang bisa dimulai dengan mengubah kebiasaan buruk kita, tapi jika dirasa keadaan tersebut semakin menjadi makan segera hubungi tenaga kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sekarang pun sudah ada banyak obat alami yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan ini, salah satu obatnya bisa langsung cek pada toko di link berikut naturalfarm.id.

Share

Trending Article

Rahasia Kulit Bersih: 6 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Bagaimana Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi? Serta, Apa Saja Penyebabnya?

Yuk, Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasi Badan Sakit Semua

Cara Mencukur Bulu Kemaluan yang Baik dan Sehat Tanpa Rasa Gatal dan Sakit

Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Saat Emosi Sedang Memuncak

Cara Mengatasi Sakit di Bawah Perut di Atas Kemaluan: Penjelasan dan Tips Mudah

Article Category