Health

5 Makanan Sehat Yang Dianjurkan Para Ahli Untuk Penderita Diabetes

By Admin |

Agar bisa membantu untuk mencegah naiknya kadar gula darah untuk penderita diabetes adalah dengan cara mengubah pola makan yang lebih sehat. Namun, makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes wajib dibatasi dengan asupan makanan maupun minuman yang tinggi lemak, gula dan natrium. 

Tidak sulit untuk mendapatkan makanan penderita diabetes yang sesuai. Inilah beberapa jenis  makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk penderita diabetes yang banyak direkomendasikan ahli gizi maupun dokter.

1. Kacang-kacangan 

Menu makanan penderita diabetes yang pertama adalah kacang-kacangan yang bisa disajikan dalam bentuk makanan utama maupun camilan santai yang lebih menyehatkan. Pasalnya, kacang-kacangan ini memiliki kandungan lemak sehat yang aman. Anda bisa memilih kacang almond, kacang mete, pistachio, hazelnut, walnut, atau kacang tanah yang pengolahan tanpa menggunakan bumbu. 

2. Sayuran Berwarna Hijau 

Sayuran hijau ini juga menjadi salah satu makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes yang terkenal mempunyai banyak khasiat dengan kandungan protein, vitamin, mineral dan juga seratnya yang tinggi. Namun, tetap memiliki kandungan kalori yang rendah serta karbohidrat rendah yang aman untuk para penderita diabetes. 

Anda dapat konsumsi sayuran seperti bayam, brokoli, kubis, pokcoy, kangkung, kale yang bisa disajikan dalam bentuk salad, jus, sup maupun tumisan. Ketika memasak tetap perhatikan komposisi di dalamnya serta disesuaikan dengan penderita diabetes.

3. Quinoa 

Mungkin masih belum banyak yang tahu tentang  makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes satu ini, yaitu quinoa yang merupakan biji-bijian umumnya memang disarankan sebagai pengganti nasi. Banyak orang beranggapan quinoa ini sejenis gandum utuh yang tinggi protein. 

Manfaat dari quinoa ini akan sangat terasa untuk para penderita diabetes dalam membantu menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. Itulah sebabnya para ahli banyak yang merekomendasikan bahan makanan yang satu ini untuk penderita diabetes.

4. Daging Tanpa Lemak 

Protein hewani ini juga sangat penting untuk di kombinasi sebagai makanan untuk diabetes, seperti daging yang tidak memiliki kandungan lemak. Selain lebih rendah kalori, daging tanpa lemak mempunyai manfaat dalam membantu menghambat kenaikan gula darah. 

Anda bisa mengonsumsi daging ayam, kalkun, bebek yang tidak disertai dengan kulitnya. Jika ingin mengonsumsi daging sapi maka dapat memilih tenderloin atau sirloin. 

5. Salmon 

Ikan salmon masuk ke dalam daftar makanan penderita diabetes yang aman untuk diet penderita diabetes karena memiliki kandungan omega 3 yang tinggi. Lemak baik yang dapat membantu untuk mengurangi komplikasi pada serangan jantung dan juga stroke. 

Ada beberapa ahli yang menganjurkan setidaknya untuk konsumsi ikan yang tinggi dengan omega 3 minimal 2 kali dalam satu minggu. Anda bisa mengombinasikannya dengan sayuran yang rendah karbohidrat. 

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category