Health

Berikut Ini Rekomendasi Obat Flu Yang Aman Untuk Ibu Menyusui

By Admin |

Pemilihan obat flu untuk ibu menyusui tidak boleh sembarangan. Karena, makanan yang dikonsumsi ibu tersebut akan dikonsumsi oleh bayi. Sehingga tidak mengejutkan bila obat yang dikonsumsi ibu akan berpindah ke ASI. Untuk menjaga ibu dan bayi, berikut ini obat flu yang aman untuk ibu menyusui.

Obat Flu untuk Ibu Menyusui

Berikut ini rekomendasi obat flu untuk ibu menyusui:

1. Paracetamol

Paracetamol telah dikenal sebagai salah satu obat flu yang ampuh bagi ibu menyusui. Obat ini berkhasiat meringankan gejala flu dan tidak memengaruhi ASI ibu. Paracetamol akan mengurangi prostaglandin.

Prostaglandin adalah penyebab peradangan sehingga gejala flu bisa berkurang. Meskipun tidak berbahaya, anda harus meminumnya sesuai dengan dosis.

2. Antihistamin

Apabila gejala flu terjadi akibat alergi, maka obat flu yang aman untuk ibu menyusui adalah antihistamin. Kandungan ini sanggup meredakan gejala alergi.

Gejala alergi seperti demam, gatal-gatal, konjungtivitis, dan reaksi akibat gigitan atau sengatan serangga. Tubuh akan memproduksi histamin dalam jumlah yang banyak sehingga mengonsumsi antihistamin akan membantu tubuh mengurangi produksi histamin.

3. Dekongestan

Untuk flu yang disertai dengan gejala hidung tersumbat, obat yang cocok adalah Dekongestan. Dekongestan sanggup melancarkan pernapasan ibu saat flu.

Merujuk dari Breastfeeding Network, dekongestan juga tidak mempengaruhi kepada bayi secara signifikan. Efek samping yang akan diterima ibu adalah suplai ASI yang sedikit berkurang.

4. Ibuprofen

Ibuprofen tidak berbahaya bagi bayi karena termasuk ke dalam golongan analgesik non-opioid. Obat ini berfungsi untuk meredakan rasa nyeri seperti paracetamol. Ibuprofen tidak memiliki efek samping yang sigfinikan kepada ibu menyusui dan bayi.

5. Bromhexine

Obat flu selanjutnya adalah brohexine. Obat flu ini tergolong mukolitik. Brohexine sanggup meredakan batuk berdahak dengan cara mengurangi viskositas sputum.

Tidak jarang ibu menyusui terserang flu yang disertai batuk berdahak. Dahak di tenggorokan dan jumlahnya yang banyak tentu akan memberikan rasa tidak nyaman dan menggangu. Terutama saat menyusui bayi.

6. Desktrometorfan

Desktrometorfan adalah jenis obat antitusif yang berkhasiat untuk meredakan batuk kering yang tidak berdahak atau berlendir. Batuk ini cukup menyiksa bagi ibu menyusui karena membuat tenggorokan menjadi perih dan panas.

Obat jenis ini tidak berpengaruh banyak terhadap ASI dan tidak berisiko terhadap bayi. Sehingga desktrometorfan aman untuk dikonsumsi ibu menyusui.

Namun, obat ini tidak dianjurkan bagi pengidap asma dan diabetes karena adanya kontradiksi terhadap desktrometorfan. 

Seluruh obat di atas aman dikonsumsi ibu menyusui, namun anda perlu memperhatikan dosis minumnya. Karena setiap obat memiliki kontraindikasi dan peringatan yang harus cermat untuk diperhatikan. 

Untuk menghindari gejala-gejala yang tidak diinginkan, langkah terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan berkonsultasi dengan dokter mengenai obat flu yang aman untuk ibu menyusui.

Share

Trending Article

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Mengenal Diet Defisit Kalori: Kunci Sukses Menurunkan Berat Badan

Article Category