Health

5 Makanan yang Mengandung Protein, Cocok untuk Kesehatan Tubuh

By Erwin |

Protein adalah nutrisi penting yang diperlukan tubuh manusia agar selalu berada pada kondisi sehat dan prima. Protein menjaga tubuh agar selalu optimal. Terdapat berbagai macam makanan yang mengandung protein untuk mendapatkan sumber nutrisi dari protein.  

Protein sendiri berperan penting untuk memperbaiki jaringan tubuh, menjaga fungsi hormon dan enzim, menjaga imunitas, dan meningkatkan kesehatan tubuh. Mengonsumsi makanan yang mengandung protein secara ideal tentu bermanfaat bagi tubuh dan dapat menghindarkannya dari berbagai macam gangguan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. 

5 Makanan yang Mengandung Protein 

Banyak sekali manfaat yang terkandung dalam protein dan dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Tentunya manfaat dari protein tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein, di antaranya:  

1. Daging

Umum diketahui bahwa daging adalah makanan yang paling banyak mengandung lemak. Namun, sebenarnya terdapat beberapa daging yang kaya akan sumber protein, yaitu daging rendah lemak. Contoh daging rendah lemak adalah ayam kalkun dan sapi tanpa lemak. Keduanya adalah contoh daging yang kaya protein dan rendah lemak jenuh. 

Protein yang terkandung dalam daging rendah lemak berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan proses pertumbuhan, dan menguatkan otot. Selain protein, daging juga mengandung vitamin C dan zat besi yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan tulang. 

2. Kacang dan Biji-bijian

Makanan selanjutnya yang mengandung protein adalah jenis kacang dan biji-bijian, seperti: kacang hijau, kacang merah, kacang almond, kacang kedelai, dan lain-lain. 

Kacang dan biji-bijian adalah sumber protein nabati yang bisa mengurangi risiko sakit jantung dan diabetes. Selain itu, kacang dan biji-bijian juga mengandung vitamin E, zat besi, dan magnesium. Jadi, sangat cocok untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui guna menunjang produksi air susu untuk si kecil. 

3. Telur 

Telur merupakan sumber protein hewani yang memiliki kandungan asam amino esensial, vitamin D, dan vitamin B kompleks. Selain mengandung sumber protein yang baik untuk tubuh, telur juga dapat memberi efek kenyang dalam jangka panjang. 

4. Ikan

Makanan yang mengandung protein yang keempat adalah ikan. Ikan dikenal sebagai sumber protein hewani, karena kaya akan omega 3 yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. 

Contoh ikan yang kaya kandungan protein dan bernutrisi tinggi seperti selenium dan vitamin D adalah ikan salmon, ikan tuna, dan ikan sarden. Selain itu, kandungan omega 3 pada ikan juga dapat meningkatkan kinerja otak dan menyembuhkan peradangan. 

5. Susu

Mengonsumsi susu yang kaya akan protein dapat meningkatkan kesehatan tulang, gigi, dan memperbaiki sistem pencernaan. Kandungan vitamin D, kalsium, dan probiotik dari susu menutrisi jaringan tubuh dan pertumbuhan otot. Jenis susu yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi protein dan kesehatan tubuh di antaranya: susu murni, yogurt, dan jenis susu rendah lemak lainnya.

Perhatikanlah kesehatan tubuh dengan menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat. Silakan konsumsi deretan makanan yang mengandung protein di atas secara rutin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan menjaga kesehatan tubuh. 

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category