Health

5 Obat Asam Urat Alami tanpa Efek Samping

By Erwin |

Asam urat merupakan penyakit yang dapat menyebabkan nyeri sendi dan peradangan. Obat asam urat alami dapat mengatasi penyakit asam urat yang belum parah.  

Penyakit asam urat sendiri disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam tubuh, sehingga menyebabkan penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini terjadi ketika tubuh memproduksi asam urat terlalu banyak atau tidak dapat mengeluarkannya dengan baik.

5 Obat Asam Urat Alami

Penderita asam urat sebaiknya melakukan perubahan gaya hidup seperti rutin berolahraga dan menurunkan berat badan jika mengalami obesitas. Selain menjalankan hidup yang sehat, ada beberapa obat asam urat alami yang tidak menimbulkan efek samping, antara lain: 

1. Jahe

Jahe merupakan obat herbal yang terkenal karena manfaatnya dalam mengobati berbagai kondisi, termasuk asam urat.

Cara memanfaatkan jahe sebagai obat alami asam urat adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh jahe bubuk ke dalam air hangat lalu rendam kain di dalamnya.

Tempelkan kain di bagian tubuh yang mengalami gejala asam urat selama 15-30 menit. Selain itu, gejala nyeri asam urat juga bisa dikurangi dengan minum 2-3 cangkir teh jahe per hari.

2. Cuka Sari Apel, Jus Lemon Dan Kunyit

Cuka sari apel, air jeruk lemon, dan kunyit merupakan bahan alami yang sering direkomendasikan untuk mengobati asam urat. Jika ketiganya digabungkan, maka bisa menjadi minuman alami yang nikmat untuk asam urat.

Untuk menyiapkannya, campurkan perasan setengah buah lemon dengan air hangat, lalu tambahkan 2 sendok teh bubuk kunyit dan 1 sendok teh cuka sari apel. Minumlah campuran ini 2-3 kali sehari.

3. Daun Pepaya

Obat asam urat alami selanjutnya adalah daun pepaya. Daun pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri akibat asam urat. Caranya: rebus daun pepaya dalam air dan minumlah air rebusan tersebut secara rutin.

4. Kopi

Obat asam urat alami berikutnya adalah kopi. Minuman ini kaya akan mineral, polifenol, dan kafein yang dapat meningkatkan metabolisme purin dan meningkatkan ekskresi asam urat melalui urine. 

Berkat efek tersebut, kopi dapat mencegah penumpukan asam urat yang menyebabkan kerusakan pada tulang dan persendian.

Namun, pengobatan asam urat alami ini tidak disarankan untuk penderita mag dan GERD. Pasalnya, kopi cenderung meningkatkan asam lambung dan menyebabkan gejala penyakit asam lambung muncul kembali.  

5. Daun Sirsak 

Daun sirsak diketahui memiliki sejuta manfaat, termasuk sebagai obat alami asam urat. Berikut adalah cara mengonsumsinya: 

  1. Cuci daun sirsak dengan air mengalir sekitar 5 sampai 10 lembar.
  2. Potong dan peras daun sirsak agar sari daun sirsak lebih mudah keluar.
  3. Rebus daun sirsak dengan dua gelas air.
  4. Rebus daun sirsak sampai airnya tinggal setengah.
  5. Rutin minum air rebusan daun sirsak untuk mengobati asam urat, yaitu sebanyak dua kali sehari.

Penanganan asam urat yang tidak tepat akan menimbulkan gangguan yang lebih berbahaya. Oleh karena itu, diperlukan asam urat alami yang berkhasiat dan tidak menimbulkan efek samping.  

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category