Health

5 Obat Batuk Tradisional yang Ampuh Meredakan Batuk

Obat batuk tradisional yang sederhana juga dapat membantu mengatasi masalah batuk. Ada berbagai obat batuk alami tradisional yang tersedia dan bekerja dengan baik untuk menghentikan batuk. Namun, Anda harus berhati-hati sebelum menggunakannya, terutama jika Anda memiliki masalah medis tertentu. Terkadang, meski obat tradisional dan alami, tubuh tetap akan menolak jika Anda alergi terhadap bahan obat tersebut.

Tubuh secara alami memproduksi batuk untuk menghilangkan lendir atau iritasi lain di saluran pernapasan. Banyak orang memilih untuk menggunakan obat batuk, termasuk obat batuk tradisional alami yang sederhana, meskipun faktanya sebagian besar batuk ringan akan hilang dengan sendirinya karena ketidaknyamanan yang ditimbulkannya. Berikut adalah beberapa bahan alami sederhana yang sering digunakan sebagai pengobatan rumah untuk batuk:

1. Madu

Manfaat madu bisa Anda gunakan sebagai obat batuk alami yang mudah dicari. Menurut sebuah penelitian, madu dapat membantu meredakan batuk. Bahkan dekstrometorfan, yang sering digunakan untuk mengobati batuk kering, dianggap sebanding dengan obat ini dalam hal kemanjuran.

Sangat mudah untuk menggunakan madu sebagai penekan batuk alami; cukup campurkan 2 sendok makan madu dengan air hangat atau teh herbal yang diseduh. Tergantung selera, Anda juga bisa menambahkan jus lemon ke dalam minuman.

2. Jahe

Buatlah teh jahe dengan cara merebus beberapa potong jahe untuk digunakan sebagai pengobatan batuk alami yang mudah. lalu nikmati air jahe hangat selagi masih hangat. Jahe dapat digunakan untuk lebih dari sekedar mengobati batuk secara alami. Saat terkena flu, tanaman rimpang ini juga bermanfaat untuk mengobati sakit tenggorokan dan mual.

3. Air Garam

Cobalah berkumur dengan air garam jika tenggorokan Anda gatal dan disertai batuk. Cukup berkumur dengan satu sendok teh garam yang dilarutkan dalam 250 ml air hangat. Selain berguna sebagai antibakteri, air garam membantu menenangkan tenggorokan yang teriritasi, memungkinkan batuk reda ataupun sembuh total.

Meskipun dapat mengurangi batuk, anak-anak di bawah usia enam tahun sebaiknya tidak menggunakan obat batuk alami yang sederhana ini. Anak-anak tidak dapat membilas secara efektif pada usia tersebut.

4. Daun Mint

Daun mint mengandung mentol yang dapat membantu menenangkan tenggorokan yang teriritasi. Cukup menyeduh teh daun mint saat Anda batuk untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Humidifier atau semangkuk air hangat juga bisa digunakan untuk menghirup uap daun mint. Masukkan beberapa tetes minyak esensial daun mint ke dalam baskom berisi air panas jika Anda ingin menggunakannya. Letakkan handuk di atas kepala Anda dan letakkan di atas wastafel. lalu hirup uap panas daun mint.

5. Nanas

Nanas juga termasuk obat batuk tradisional yang dapat digunakan untuk meredakan batuk. Menurut penelitian, konsentrasi bromelain buah ini sangat membantu untuk mengurangi batuk dan mengurangi lendir tenggorokan. Cobalah makan sepotong nanas atau 100 ml jus nanas segar tiga kali sehari untuk mendapatkan manfaat nanas sebagai obat batuk alami yang mudah.