Health

5 Obat Batuk untuk Ibu Hamil Secara Alami

Saat hamil, wanita seringkali merasakan kondisi yang tak nyaman serta rentan terhadap penyakit. Beberapa wanita hamil mengalami batuk berkepanjangan. Namun mereka tak bisa sembarangan memilih obat batuk untuk ibu hamil karena dikhawatirkan terdapat kandungan yang membahayakan janin dalam obat-obatan tersebut.

Entah disebabkan bakteri atau virus, atau terjadi peradangan di dalam tenggorokan dan paru-paru akibat paparan asap rokok atau bahan kimia, batuk tentu terasa sangat mengganggu. Untuk meredakan batuk pada ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi obat batuk alami di bawah ini:

1. Cuka Apel

Dengan mengkonsumsi cuka apel, tubuh akan berada dalam kondisi basa. Saat tubuh dalam kondisi ini, tubuh akan menyesuaikan diri sehingga virus dan bakteri tak akan bertahan lama. Virus maupun bakteri tidak suka dengan kondisi basa sehingga akan mati jika berada di lingkungan yang basa.

Cuka apel mampu membuat tubuh menjadi basa. Anda bisa mengkonsumsi cuka apel dengan campuran madu serta the hangat. Selain rasanya segar, campuran tersebut sangat baik untuk tubuh. Selain itu, Anda juga bisa mencampur cuka apel dengan air putih dan gunakan campuran tersebut untuk berkumur.

2. Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang sangat baik untuk daya tahan tubuh. Buah berwarna kuning ini juga dikenal mampu meredakan batuk yang diakibatkan virus maupun bakteri. Hal ini karena lemon mengandung potassium yang merupakan zat antioksidan.

Untuk mengkonsumsi lemon, Anda bisa mencampurnya dengan madu serta the hangat. Campuran tersebut terasa menyegarkan dan sangat mujarab untuk mengatasi batuk dan flu, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Jahe

Jahe telah lama dikenal sebagai rempah-rempah yang bisa digunakan sebagai bahan masakan maupun jamu. Jahe memiliki rasa yang hangat dan aroma yang khas. Saat masuk ke tenggorokan, minuman jahe mampu menghangatkan tenggorokan dan meredakan peradangan.

Anda bisa membuat wedang jahe selama mengalami batuk dan pilek. Konsumsi wedang jahe secara rutin hingga batuk dan pilek mereda. Jahe sangat ampuh sebagai obat batuk untuk ibu hamil yang alami dan tak membahayakan janin.

4. Madu

Madu memiliki rasa yang manis dan nikmat dengan tekstur kental. Madu seringkali digunakan untuk campuran bahan masakan serta dijadikan obat berbagai penyakit.

Ibu hamil sebaiknya rutin mengkonsumsi madu saat batuk. Madu mampu mengencerkan dahak sehingga meredakan batuk dalam waktu cepat. Dicampur dengan lemon atau cuka apel, khasiat madu sebagai obat batuk alami untuk ibu hamil akan semakin efektif. Hal ini karena madu mengandung bahan-bahan yang baik untuk daya tahan tubuh.

5. Daun Mint

Terdapat kandungan menthol di dalam daun mint yang mampu memberi rasa hangat di tenggorokan. Saat sedang batuk atau flu, ibu hamil bisa mengkonsumsi daun mint untuk melegakan nafas dan tenggorokan yang gatal. Campurkan daun mint dengan teh hangat untuk mengobati batuk.

5 bahan alami obat batuk untuk ibu hamil di atas sangat aman dan sangat mudah ditemui. Ibu hamil sebaiknya segera mengobati batuk dan flu dengan bahan alami di atas agar bisa tetap beraktivitas dengan nyaman.