Health

7 Obat Sakit Kepala

By Admin |

Sakit kepala pasti pernah dialami oleh setiap orang, meski hanya sekali dan sangat jarang. Sakit kepala merupakan gejala adanya gangguan kesehatan pada tubuh, tak harus pada bagian kepala. Guna mengatasi sakit kepala maka biasanya orang minum obat warung, yakni obat kimiawi yang mengandung aspirin, atau parasetamol, atau ibuprofen, yang bisa dibeli bebas tanpa resep dokter. 

Fungsinya lebih kepada penghilang rasa sakif, namun sebenarnya perlu dicek ada gangguan apa pada tubuh sehingga timbul peringatan dini berupa rasa pusing kepala. Sakit kepala juga bisa diatasi dengan secara alami. Berikut rincian beberapa obat sakit kepala.

Ibuprofen

Minum air putih bisa meredakan sakit kepala akibat dehidrasi. Juga konsumsi bahan makanan yang mengandung Maganesium yang bisa didapatkan pada buah pisang, biji labu, coklat hitam, kacang mete, dan sayuran hijau seperti bayam dan sawi hijau. Lalu usahakan untuk bisa tidur. Namun biasanya orang ingin hasil yang cepat, dan jika sedang ada kegiatan yang tak bisa ditunda maka bisa minum obat kimiawi. 

Salah satunya adalah ibuprofen, yakni jenis obat anti inflamasi nonsteroid yang dapat menghambat produksi enzim penyebab nyeri. Sehingga apabila mengalami sakit kepala dengan intensitas berat, maka Ibuprofen dapat menjadi pilihan obat yang ampuh, namun dilarang bagi wanita hamil.

Paracetamol atau Acetaminophen

Paracetamol merupakan obat analgesik yang dapat membantu meredakan sakit kepala terutama yang terjadi di bagian belakang dan migren juga rasa nyeri di bagian lainnya. Termasuk ketika nyeri haid, dan nyeri gigi, serta nyeri pada otot.

Aspirin

Aspirin ialah obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) yang mengandung salisilat untuk meredakan nyeri kepala ringan hingga sedang. Bekerja dengan menghalangi aktivitas enzim siklooksigenase-1 (COX-1) yang membentuk hormon prostaglandin, yakni hormon yang mengirim sinyal rasa sakit ke otak serta memicu peradangan. 

Puyer Bintang Toedjoe

Bagi yang tidak dapat mengonsumsi obat tablet, maka bisa minum Puyer Bintang Toedjoe yang telah sejak lama dianggap sebagai obat tradisional bagi masyarakat Indonesia. Selain mengatasi sakit kepala juga dapat mengatasi demam, dan nyeri haid, serta sakit gigi.

Panadol Extra

Bagi yang masih harus aktif melakukan kegiatan, Panadol Ekstra bisa dipilih untuk meredakan sakit kepala. Obat ini mengandung kafein. Sehingga jika sensitif terhadap kafein, sebaiknya dihindari.

Ketorolac atau Toradol

Sebagai obat golongan NSAID maka ketorolac bisa untuk sakit kepala sedang sampai berat, termasuk migrain juga tension headache. Diklaim memiliki kerja yang relatif cepat pada tubuh dengan durasi yakni sekitar enam jam. Meskipun relatif cepat kerjanya tapi ketorolac dapat mengakibatkan efek samping, seperti mual dan gangguan pada perut serta lambung. Dalam jangka panjang, obat ini juga berisiko menimbulkan kerusakan pada ginjal.

Etafenin

Etafenin mengandung asam mefenamat yang bekerja secara aktif guna menghambat produksi enzim yang menyebabkan rasa nyeri. Mampu mengatasi nyeri pada kepala serta nyeri akibat sakit gigi.

Itulah beberapa obat sakit kepala. Namun sebelum meminumnya sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter guna mengetahui dosis tepatnya.

Share

Trending Article

Cara Membesarkan Alat Kelamin Pria dengan Bawang Putih Benarkah Bisa Efektif

Inilah Cara Melakukan Gerakan Kayang Adalah

Inilah Cara Menurunkan Panas Pada Orang Dewasa

Cara Menghilangkan Jerawat di Pipi, Bantu Kembalikan Kepercayaan Diri!

Langkah-Langkah Dan Tips Penting Cara Melakukan Push-Up Yang Benar

Tips Dan Trik Yang Efektif Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Article Category