Health

7 Produk Perawatan yang Harus Dipakai Sesuai Urutan Skincare Malam

By Admin |

Seperti perawatan di pagi hari, urutan skincare malam harus dilakukan dengan tepat. Jika tidak, manfaat yang diharapkan dari produk skincare tak akan didapatkan. Masalah pada kulit wajah yang seharusnya dapat diredakan pun malah bertambah parah.

Lalu, seperti apa urutan produk skincare malam yang tepat? Berikut daftar yang dapat disimak, tergantung kondisi kulit yang dimiliki:

1. Face cleanser

Membersihkan dan mengangkat kotoran dari permukaan wajah adalah langkah awal yang harus dilakukan pada perawatan malam. Terutama kalau sehari-hari wajah ‘dibebani’ produk makeup yang berat. Gunakan face cleanser sesuai jenis kulit dan bilas hingga tak meninggalkan residu. Sebagai tambahan, makeup remover juga direkomendasikan untuk memaksimalkannya.

2. Eksfoliator

Menggunakan produk eksfoliasi sebenarnya termasuk opsional dalam urutan skincare malam. Salah dua jenis eksfoliator yang dapat digunakan mencakup scrub wajah dan chemical exfoliant. Sesuai namanya, pemakaian eksfoliator ditujukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga regenerasi kulit berlangsung lebih cepat.

3. Toner 

Berikutnya ada toner yang mempunyai sejumlah fungsi. Antara lain untuk menghidari kulit yang cenderung mudah kering hingga mengembalikan tingkat keseimbangan pH kulit wajah. Jenis toner yang beredar di pasaran sudah bervariasi, sehingga bisa disesuaikan jenis dan kondisi kulit. Untuk memakainya, tinggal keluarkan toner pada permukaan kapas, lalu usapkan perlahan ke kulit.

4. Serum 

Selanjutnya ada serum, produk dalam urutan skincare malam yang secara komposisi memiliki karakteristik lebih keras. Namun, serum mempunyai manfaat yang lebih efektif, termasuk untuk mengatasi kulit berjerawat, hiperpigmentasi, dan tanda-tanda penuaan dini. Seperti toner, serum yang berada di pasaran sudah lebih bervariasi. 

5. Krim mata

Tak banyak orang yang tahu kalau kulit di sekitar area mata lebih sensitif dibandingkan area lain di wajah. Untuk itu, perawatan dengan eye cream atau krim mata harus diperhatikan juga supaya kulit tak gampang kendur. Jumlah krim yang digunakan tak perlu banyak untuk mencegah risiko seperti iritasi dan gangguan lain pada mata.

6. Krim malam

Produk pelembap tak boleh absen dari urutan skincare malam. Krim malam umumnya memiliki tekstur kental, tetapi mudah menyerap hingga lapisan kulit terdalam. Meski begitu, penggunaannya tetap perlu memperhatikan jenis kulit, sebab tak semuanya cocok memakai krim malam. Pelembap biasa kadang cukup kalau memang sesuai kebutuhan.

7. Sheet mask

Sebagai penutup, sheet mask digunakan untuk berbagai manfaat. Dari menutrisi, menghidrasi, melembapkan, hingga menekan penuaan dini. Jika memerlukan produk yang lebih praktis, ada opsi alternatif seperti sleeping mask yang bisa digunakan tanpa perlu dibilang. Saat bangun di pagi hari, kulit akan terasa segar.

Semoga informasi ini membantu menggunakan produk perawatan sesuai urutan skincare malam.

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category