Health

7 Vitamin Tulang

By Erwin |

Tulang sangat penting guna menyangga tubuh dan melindungi organ tubuh tertentu. Pertumbuhannya harus sempurna dan terus dijaga hingga usia lanjut agar tidak keropos dan tetap kuat menopang tubuh. Juga terjaga persendiannya agar tetap lentur dan tidak mengalami sakit ketika digerakkan. Untuk itu sangat diperlukan adanya nutrisi yang cukup, berupa asupan vitamin dan mineral. Berikut ini adalah beberapa vitamin tulang yang penting beserta sumbernya.

Vitamin D, Penyerap Kalsium yang Efisien

Mineral berupa kalsium sangat diperlukan untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang serta gigi, sebagai pondasi utama untuk tulang kuat. Bisa dapatkan kalsium dari susu dan produk turunanya serta kacang almond, juga tahu serta sayuran hijau seperti bayam, dan kangkung juga lobak hijau, dan brokoli serta kubis. Dari beberapa buah juga bisa, seperti kiwi, dan jeruk, juga pisang, dan strawberry, juga nanas, serta pepaya dan lain sebagainya.

Satu mangkuk bayam dapat memenuhi 25 persen kebutuhan kalsium harian orang dewasa. Selain kalsium, maka bayam juga mengandung vitamin A juga zat besi yang berlimpah. Nanas mempunyai kandungan kalsium dalam jumlah yang tinggi, yakni per 100 gr nanas matang memiliki kandungan 13 mg kalsium. Sedangkan per 100 gram pepaya matang mengandung 20 mg kalsium yang penting untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi. Pada Kiwi per 100 gram mengandung hampir 60 mg kalsium.

Namun dalam kerjanya kalsium memerlukan adanya vitamin D, yang merupakan kunci untuk penyerapan kalsium yang secara efisien dalam tubuh. Paparan sinar matahari ialah salah satu cara alami guna mendapatkan vitamin D. Selain itu dari makanan seperti ikan berlemak, seperti ikan salmon, dan mackerel juga patin dan ikan kembung, serta kuning telur, dan jeruk juga jamur yang terkena sinar UVB adalah sumber vitamin D pula. Vitamin D membantu penyerapan kalsium, dan memastikan kekuatan serta kepadatan tulang yang optimal.

Vitamin K, Penjaga Keseimbangan Kalsium

Berperan penting dalam pengaturan kalsium dalam tulang dan pembekuan darah. Dari sayuran berdaun hijau seperti bayam, dan brokoli, juga kale merupakan sumber utama vitamin K. Menambahkan sayuran ini ke dalam makanan sehari-hari dapat mendukung kesehatan dan kekuatan tulang secara signifikan.

Vitamin A,  Perlindungan dan Pertumbuhan Tulang

Diperlukan dalam pertumbuhan tulang dan perkembangan sel serta menjaga integritas sel-sel tubuh. Pada sayuran berwarna cerah seperti wortel, dan ubi jalar, juga bayam dan paprika terkandung vitamin A yang cukup untuk mendukung kesehatan tulang secara optimal.

Folat atau Vitamin B9, Berperan dalam Perkembangan Tulang

Memiliki peran yang penting dalam pembentukan sel dan perkembangan tulang. Sayuran hijau seperti bayam, dan kacang-kacangan, juga jeruk merupakan sumber folat yang signifikan. Asupan yang cukup akan membantu dalam menjaga kesehatan tulang, terutama di masa pertumbuhan.

Vitamin B12, Perlindungan pada Tulang

Diperlukan untuk pembentukan sel darah merah serta perlindungan pada tulang. Sumber vitamin B12 bisa dari daging, dan ikan, juga susu, serta produk-produk yang diperkaya susu seperti sereal. Kekurangan vitamin B dapat memperlemah kondisi tulang.

Vitamin C, Pembentukan Kolagen dan untuk Kekuatan Tulang

Merupakan nutrisi penting dalam pembentukan kolagen, serta protein yang mendukung struktur tulang. Pada buah seperti jeruk, dan strawberi, juga kiwi kaya vitamin C. Penting dalam membantu menjaga kekuatan serta kepadatan tulang, juga dalam menjaga elastisitasnya.

Vitamin E, Antioksidan Pelindung Tulang

Sebagai antioksidan, dan diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang. Bisa dapatkan dari alpukat, dan kacang-kacangan, serta biji-bijian. Penting untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak jaringan tulang.

Pastikan kebutuhan harian beberapa vitamin tersebut tercukupi.

Share

Trending Article

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Mengenal Diet Defisit Kalori: Kunci Sukses Menurunkan Berat Badan

Article Category