Health

8 Cara untuk Meredakan Sakit Gigi

By Erwin |

Sakit gigi tentu menimbulkan rasa tidak nyaman. Anda bisa memberikan pertolongan pertama di rumah untuk meredakan nyeri dengan menggunakan berbagai bahan alami yang tersedia di rumah. Terdapat beberapa cara meredakan sakit gigi yang bisa Anda lakukan.

1. Berkumur Air Garam

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah berkumur dengan air garam. Berkumur air garam dianggap cukup efektif dalam mengobati masalah gigi, karena dapat meredakan rasa sakit selama beberapa waktu.

Selain itu, berkumur dengan air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan dan melindungi gigi yang rusak akibat infeksi. Air garam merupakan sumber zat antibakteri alami. Berkumurlah dengan air garam secara teratur jika gigi terasa sakit. Hindari menelan air kumur bekas pakai.

2. Kompres Dingin

Jika sakitnya tidak tertahankan, ambil air es dan masukkan air es tersebut ke dalam botol atau wadah yang mudah dibawa. Letakkan di pipi selama 20 menit atau sampai rasa sakit mereda. Jika tidak tahan dingin, Anda bisa mencoba menggunakan handuk dengan merendamnya dalam air es.

3. Kunyah Bawang Putih

Obat alami pereda sakit gigi, Anda juga bisa menggunakan bawang putih. Bawang putih adalah bahan rumah tangga yang biasa digunakan untuk meredakan sakit gigi. Bawang putih mengandung senyawa allicin. Allicin memiliki sifat antibakteri, sehingga dapat membunuh bakteri di mulut penyebab radang dan sakit gigi. Anda bisa mengunyah bawang putih dan membiarkannya beberapa saat sampai sakit gigi hilang.

4. Kunyah Cengkeh

Cengkeh memiliki kandungan eugenol yang berguna untuk meredakan sakit gigi. Eugenol bertindak sebagai analgesik (pereda nyeri) yang membantu secara langsung menyembuhkan pusat nyeri.  Rendam cengkeh dalam air untuk membentuk pasta. Kemudian tempelkan pasta tersebut pada gigi Anda atau masukkan ke dalam kantong teh kosong dan tempelkan pada area gigi yang sakit. 

5. Kantong Teh Peppermint

Kantong teh peppermint memiliki sifat mati rasa ringan yang dapat membantu mengobati sakit gigi Anda dalam waktu singkat. Petunjuk penggunaan dapat dilakukan dengan mendinginkan kantong teh celup di dalam freezer beberapa saat sebelum digunakan. Atau coba selagi kantong teh mint masih hangat. Biarkan selama beberapa waktu hingga kantong teh menjadi dingin. Selain meredakan sakit gigi, juga bisa menghasilkan sensasi dingin yang mengalihkan pikiran Anda dari sakit gigi. 

6. Gunakan Obat Kumur

Selanjutnya, Anda juga bisa mencoba obat kumur yang umum tersedia di pasaran untuk menghilangkan sakit gigi dengan cepat. Pilih obat kumur yang mengandung bahan efektif untuk mendesinfeksi gigi.

7. Konsumsi Obat Anti Nyeri

Pertama, cara menghilangkan sakit gigi secara cepat dengan meminum obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti ibuprofen, paracetamol, acetaminophen, dan aspirin. Obat ini dapat meredakan nyeri ringan pada gigi Anda.

8. Perawatan Saluran Akar Gigi

Jika berbagai cara tidak membantu, Anda dapat pergi ke dokter gigi untuk pemeriksaan dan perawatan gigi. Banyak jenis perawatan yang dapat dilakukan, salah satunya adalah perawatan saluran akar. Ini terjadi ketika saraf mati dan menyebabkan infeksi serius jika dibiarkan. Perawatan terdiri dari menghilangkan saraf mati dan menambal gigi dengan bahan khusus, yang dapat bertahan selama bertahun-tahun.

Share

Trending Article

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Mengenal Diet Defisit Kalori: Kunci Sukses Menurunkan Berat Badan

Article Category