Health

9 Cara Menghilangkan Cegukan Secara Alami

By Erwin |

Sebagian besar cegukan akan hilang dengan sendirinya, namun pada kondisi tertentu, cegukan bisa berlangsung lama. Ada beberapa cara menghilangkan cegukan secara alami, berikut simak ulasannya.

1. Tarik Napas dengan Kantong Kertas

Cara selanjutnya untuk mengatasi cegukan terus-menerus adalah dengan bernapas di kantong kertas. ara ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah karbon dioksida dalam tubuh.

Ketika kadar karbon dioksida tinggi, diafragma berkontraksi lebih banyak untuk membawa oksigen guna membantu meredakan cegukan. Caranya cukup sederhana, pegang kantong kertas di sekitar mulut, tahan napas selama 10 detik, lalu buang napas di luar kantong kertas. Anda bisa mengulangi teknik ini beberapa kali hingga cegukan berhenti.

2. Tahan Napas

Tingkat karbon dioksida tinggi di dalam darah bisa membantu untuk mengatasi cegukan. Itu sebabnya Anda dapat menahan napas selama beberapa detik saat cegukan.

Dalam menghentikan cegukan ini dinilai sangat efektif, Anda hanya perlu menahan nafas dan mengeluarkannya. Ulangi beberapa kali hingga cegukan hilang. Cara yang satu ini merupakan langkah paling populer untuk mencegah cegukan yang digunakan oleh banyak orang.

3. Minum Air Hangat

Pengobatan cegukan yang membandel juga bisa dilakukan dengan minum air hangat. Air panas diketahui dapat meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen untuk memenuhi kebutuhan oksigen tubuh.

Minum segelas air hangat, minum, tahan napas selama beberapa detik, lalu telan air hangat tersebut dan buang napas. Lakukan cara ini hingga beberapa kali sampai cegukan Anda mereda. 

4. Menjulurkan Lidah

Melakukan cara dengan lidah keluar bisa membantu untuk mendistraksi saraf vagus serta mengurangi kejang pada diafragma yang menyebabkan cegukan. Atasi cegukan terus-menerus dengan cara ini, menjulurkan lidah sebanyak mungkin.Tidak hanya itu cara lain untuk menghentikan cegukan, tetapi menjulurkan lidah membantu Anda menghindari refleks muntah.

5. Minum Air Melalui Sedotan

Saat Anda cegukan, saraf vagus atau faring tidak berfungsi, membutuhkan rangsangan untuk mengembalikan fungsi normal. Nah, salah satu cara untuk merangsangnya adalah dengan meminum air melalui sedotan dan sambil menutupi kedua telinga.

6. Posisi Duduk Memeluk Lutut

Menghilangkan cegukan selanjutnya ialah duduk dengan kaki ditekuk, kemudian dekatkan kedua kaki ke dada serta peluk menggunakan kedua tangan. Membungkuk ke depan untuk menekan area diafragma. Lakukan cara ini ini selama beberapa menit hingga cegukan Anda hilang. 

7. Menekan Diafragma

Cegukan disebabkan adanya gangguan pada diafragma. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengatasi cegukan adalah dengan menekan diafragma. Organ ini terletak di antara perut dan dada, tekan perlahan area tersebut lalu tarik napas perlahan.

8. Makan Madu dan Gula

Cegukan juga bisa dihentikan dengan mengonsumsi satu sendok teh gula karena gula bisa membuat saluran napas lebih efisien. Pada saat yang sama, madu dapat mengurangi aktivitas saraf vagus. Saraf vagus adalah saraf parasimpatis yang mengatur saluran pencernaan. Dengan mengurangi aktivitas saraf vagus, refleks cegukan berkurang. 

9. Menggigit Jeruk Nipis

Menggigit jeruk nipis menjadi salah satu cara menghilangkan cegukan yang bisa dicoba. Hal ini karena jeruk nipis mengandung vitamin C, dengan manfaat vitamin C bersifat asam alami dapat mengganggu dan mengendurkan saraf vagus sehingga cegukan berhenti.

Share

Trending Article

Rahasia Kulit Bersih: 6 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Bagaimana Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi? Serta, Apa Saja Penyebabnya?

Yuk, Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasi Badan Sakit Semua

Cara Mencukur Bulu Kemaluan yang Baik dan Sehat Tanpa Rasa Gatal dan Sakit

Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Saat Emosi Sedang Memuncak

Cara Mengatasi Sakit di Bawah Perut di Atas Kemaluan: Penjelasan dan Tips Mudah

Article Category