Sport

#DidYouKnow? Ternyata Ini Alasan Mengapa Olahraga Bikin Ketagihan!

By Angel |

Tak bisa dipungkiri bahwa mendengar kata “olahraga” saja, kita sudah merasa malas duluan, apalagi jika tubuh sudah melakukan banyak aktivitas seharian. Menurut  David J.Linden, seorang ahli saraf dari Johns Hopkins University Medical School menyatakan, kecanduan pada olahraga memiliki reaksi yang sama pada kandungan candu lainnya, yakni memiliki daya tahan, ada kebutuhan untuk dipenuhi, penarikan diri, dan kebutuhan untuk berolahraga supaya 'merasa normal'. 

Seperti halnya kecanduan yang lain, ketagihan pada olahraga bukan hal yang sederhana. Ketagihan olahraga bisa menyebabkan berbagai masalah, seperti: sakit kepala, cedera, bahkan melemahnya sistem imun tubuh. Jika sudah muncul berbagai gangguan, besar kemungkinan olahraga yang dilakukan sudah berlebihan.

Di samping itu, ada beberapa alasan lainnya mengapa olahraga bisa membuat kita ketagihan jika kita termasuk orang yang rutin melakukan kegiatan fisik tersebut. Yuk, cek selengkapnya di bawah ini, Natural Buddy!

  1. Pelepasan endorfin: Olahraga memicu pelepasan endorfin dalam tubuh, yang dikenal sebagai "hormon kebahagiaan." Endorfin dapat memberikan perasaan euforia dan kepuasan yang membuat seseorang merasa senang dan bahagia setelah berolahraga. Sensasi ini dapat menjadi dorongan positif yang membuat orang ingin terus berolahraga.
  2. Perbaikan kesehatan dan kebugaran: Ketika seseorang secara teratur berolahraga, tubuhnya mengalami perubahan fisik dan peningkatan kesehatan. Meningkatnya kebugaran fisik, penurunan berat badan, peningkatan kekuatan otot, dan perbaikan sistem kardiovaskular dapat memberikan perasaan pencapaian dan kepuasan pribadi. Orang-orang seringkali ketagihan untuk mencapai tingkat kebugaran dan kesehatan yang lebih baik.
  3. Adrenalin dan dorongan keberhasilan: Beberapa olahraga melibatkan tingkat adrenalin yang tinggi dan tantangan mental yang besar. Misalnya, olahraga ekstrem seperti panjat tebing, selancar, atau skydiving. Sensasi yang ditimbulkan oleh kegiatan semacam itu dapat membuat seseorang merasa hidup dan ketagihan akan rasa keberhasilan setelah berhasil melewati tantangan.
  4. Interaksi sosial: Banyak olahraga yang melibatkan interaksi sosial, seperti sepak bola, bola basket, atau bulu tangkis. Rasa persahabatan, kebersamaan tim, dan semangat kompetisi dapat menciptakan ikatan sosial yang kuat. Kehangatan dan dukungan dari teman-teman atau rekan tim dapat menjadi faktor yang membuat seseorang ketagihan akan olahraga.

Namun, seperti halnya dengan segala sesuatu yang berlebihan, kecanduan olahraga juga bisa menjadi masalah. Ketika seseorang mengabaikan keseimbangan hidup, kehidupan sosial, atau mengalami tekanan yang berlebihan untuk berolahraga, itu bisa berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental mereka. Oleh karena itu, penting untuk menjaga keseimbangan dan memastikan olahraga tetap menjadi kegiatan yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh dan pikiran.

Agar Natural Buddy juga tidak gampang lelah ketika sedang berolahraga, konsumsi Natural Factors HP Multivitamin and Mineral 1 tablet setiap hari. Suplemen ini mengandung 10.000 IU Beta-carotene, 400 IU Vitamin D, 200 mg Vitamin C, 100 IU Vitamin E, 800 mg Asam Folat serta Vitamin B Kompleks dan mineral lainnya dengan dosis yang tinggi dibandingkan multivitamin mineral pada umumnya untuk memenuhi nutrisi harian orang dewasa terutama dengan gaya hidup aktif.

Manfaat: 

  • Meningkatkan stamina dan energi 
  • Membantu tubuh mengatasi kelelahan 
  • Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit & infeksi 
  • Menyediakan nutrisi harian vitamin dan mineral 
  • Membantu meningkatkan metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak 
  • Menjaga kesehatan sistem saraf dan mencegah anemia 

Aturan konsumsi: 1 tablet per hari

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category