Mom & Kids

Anak Kecanduan Gadget: Ini Dampak Negatif dan Cara Mengatasinya

Seiring berkembangnya zaman, manusia bisa dibilang tidak bisa lepas dari kemajuan teknologi yang saat ini terus berinovasi. Salah satu teknologi yang terus berkembang pesat adalah gawai atau yang lebih dikenal dengan gadget. Peralatan yang tadinya hanya digunakan untuk komunikasi, kini terus berinovasi mempunyai berbagai macam fungsi. Mulai dari sebagai hiburan, untuk memenuhi keperluan pekerjaan bahkan menjadi salah satu sarana pendidikan. Apalagi di masa pandemi sekarang banyak berbagai kegiatan yang mulai dijalankan secara daring, entah itu bekerja maupun belajar, hingga tak jarang anak menjadi kecanduan gadget.

Melihat dari kebiasaan baru ini, pasti banyak orang tua di luar sana khawatir dengan kondisi penglihatan mata dari si kecil. Mengingat karena aktivitas belajar yang hampir setiap hari, membuat si kecil banyak melihat gadget dalam durasi waktu lebih lama. Belum lagi jika kesehariannya yang kemungkinan sering menggunakan gadget sebagai sarana hiburannya. Walaupun pada kenyataannya gadget ini memang mempunyai banyak manfaat, tapi ketika digunakan secara berlebihan pun bisa menimbulkan dampak negatif bagi mata. Ada beberapa dampak yang patut diwaspadai bagi kesehatan penglihatan anak, di antaranya:

1. Computer Visual Syndrome 

Masalah penglihatan satu ini biasanya diakibatkan karena aktivitas berlebihan dalam penggunaan atau menatap layar gadget seperti smartphone, komputer atau tablet dengan intensitas waktu yang lama. Computer Visual Syndrome (CVS) sangat rentan bagi penglihatan anak-anak yang mempunyai hobi main game atau nonton di gadget. Ada beberapa faktor yang menyebabkan anak-anak mengalami masalah ini, di antaranya:

  • Kurangnya penerangan dalam ruangan
  • Jarak penglihatan ke layar yang terlalu dekat
  • Kilauan cahaya layar dari gadget
  • Posisi dan cara duduk yang salah
  • Penyakit penglihatan bawaan yang sebelumnya sudah dialami

Bagi anak-anak yang mengalami CVS, biasanya merasakan ketegangan dan rasa tidak nyaman di mata. 

2. Rabun jauh

Terlalu lama menghabiskan waktu di depan layar gadget juga bisa menimbulkan risiko rabun jauh yang bisa menyerang penglihatan anak. Rabun jauh pada dasarnya disebabkan karena mata yang tidak dapat memfokuskan cahaya ke retina. Kondisi ini berakibat si kecil tidak bisa melihat benda-benda atau tulisan yang letaknya jauh. Secara tidak langsung berarti masalah penglihatan ini dapat mengganggu proses belajarnya jika kondisinya sudah dijalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

3. Mata kering

Kondisi mata ini merupakan kondisi di mana mata itu tidak mendapat pelumas yang cukup, sehingga membuat mata menjadi tidak nyaman atau bahkan tidak jarang merasakan gatal di beberapa area mata tertentu. Faktor utamanya kenapa mata tidak mendapatkan pelumas yang cukup dikarenakan kurangnya kedipan mata yang dilakukan karena terlalu fokus pandangannya ke layar gadget. Dengan begini, air mata yang menjadi sumber pelumas justru tidak tersebar secara merata dan akhirnya membuat mata itu kering.

4. Kelelahan mata

Ini masalah mata yang sering terjadi tetapi justru sering dianggap sepele oleh kebanyakan orang karena terlena ketika menggunakan gadget terlalu lama. Padahal kenyataannya, efek blue screen yang terdapat di gadget itu bisa memberikan efek ketegangan pada mata yang kemudian menjadi faktor utama mata menjadi lebih lelah. Selain merasakan tegang, efek lain yang bisa dirasakan adalah hilangnya fokus pada mata.

 

Tips-tips mengatasi anak kecanduan gadget

Untuk menghindari beberapa dampak negatif yang sudah disebutkan di atas, peran orang tua di sini sangat dibutuhkan dalam mengontrol penggunaan gadget pada anak-anak. Semua ini untuk meminimalisir penggunaan gadget yang berlebihan demi menjaga kesehatan mata. Berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan, let’s check it out!

1. Menjadi contoh yang baik bagi si kecil
Pernah mendengar peribahasa “buah jatuh tidak jauh dari pohonnya”? Ini berlaku sekali dalam ilmu parenting ketika mengontrol penggunaan gadget. Pasalnya semua anak-anak itu memang pada dasarnya belajar dari lingkungan sekitar. Jadi, berikan contoh yang baik untuk si kecil. Misalkan dilarang untuk bermain gadget, sebisa mungkin orang tua juga tidak memainkan gadget tersebut di depan anaknya. Tetap berusaha menggunakan gadget secara bijak.

2. Membatasi waktunya

Sudah menjadi rahasia umum ketika anak-anak selalu penasaran dengan sesuatu yang menarik, gadget ini bisa dibilang menjadi salah satu objek menarik bagi si kecil, hingga tak jarang menyebabkan anak kecanduan gadget. Dalam kasus ini, peran orang tua sangat penting untuk memberikan batas waktu ke anak agar tidak kecanduan dan mendampinginya supaya tidak ada penyalahgunaan. Kalau berbicara mengenai waktunya, orang tua bisa memberikan setidaknya hanya 1-2 jam setiap harinya untuk bermain gadget kesayangannya.

3. Perbanyak aktivitas di luar atau di dalam

Coba buatlah aktivitas di dalam atau luar ruangan yang tidak menggunakan gadget sebagai alatnya. Sebagai contoh, si kecil bisa diajak berolahraga seperti lari-lari pagi atau bersepeda santai di sekitaran rumah. Jika ingin melakukan beberapa kegiatan yang ingin dilakukan di dalam, bisa mengadakan permainan menyusun puzzle untuk melatih perkembangan otak anak sekaligus mengajak berinteraksi demi mengembangkan kemampuan berbicaranya.

4. Bersikap tegas

Tak menutup kemungkinan ketika si kecil sudah mulai kecanduan dengan gadget membuat mereka bisa tantrum hingga susah diatur. Kemudian tak jarang juga bisa membuat mereka merengek sampai menangis untuk meminta bermain gadget. Sebagai orang tua, tetaplah tegas dan konsisten untuk menerapkan peraturan yang sudah dibuat dalam membatasi penggunaan gadget. 

Selain menjalankan beberapa tips di atas, pemberian suplemen dan vitamin bisa menjadi salah satu alternatif untuk menjaga kesehatan mata si kecil. Sebagai orang tua pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk si kecil bukan? Oleh karena itu, kami merekomendasikan Childlife Essentials Healthy Vision SoftMelt Gummies sebagai vitamin terbaik untuk si kecil.

Kenapa harus Childlife Essentials Healthy Vision SoftMelt Gummies? Ada beberapa keunggulan dari produk ini, yaitu:

  • Gluten Free
  • No Sugar
  • Allergen Free
  • Non GMO
  • Tanpa menggunakan perasa buatan
  • Tekstur lembut dan mudah dikunyah

Kemudian ada juga beberapa manfaat yang bisa dirasakan untuk si kecil, di antaranya:

  • Membantu menjaga kesehatan mata
  • Membantu mengatasi mata kering dan radang
  • Membantu mengurangi kelelahan mata
  • Melindungi mata dan mencegah kerusakan oksidatif
  • Membantu mencegah gangguan penglihatan

Jadi yuk Natural Buddy segera berikan vitamin dan suplemen terbaik ke si kecil demi memaksimalkan kesehatan matanya.

 

Source: https://www.halodoc.com/artikel/adakah-pengaruh-penggunaan-gadget-terhadap-mata-anak