Health

Apa Gejala Awal Penyakit Asma? Simak Ulasannya di sini

Asma merupakan penyakit kronis yang menyerang saluran pernapasan dan bisa dialami oleh siapa saja. Oleh karena itu penting untuk mengenali gejala awal asma untuk bisa mencegah penyakit ini berkembang ke tingkat yang lebih parah. Lalu apa gejala awal penyakit asma yang umum dialami oleh beberapa orang? Berikut penjelasannya.

1. Perubahan Pola Pernapasan 

Perubahan pola pernapasan yang tidak biasa menjadi gejala awal asma yang harus kamu waspadai. Misalnya ketika  kamu merasa mudah lelah dan mengalami sesak napas setelah melakukan aktivitas olahraga ataupun kegiatan sehari-hari yang cukup berat.

2. Munculnya Alergi

Jika dalam beberapa waktu terakhir kamu sering mengalami alergi, bisa jadi kamu mengalami gejala awal timbulnya penyakit asma. Jenis alergi yang bisa menjadi gejala awal asma diantaranya bersin-bersin, hidung tersumbat,  hingga sakit tenggorokan

3. Sering Batuk-batuk 

Gejala awal penyakit asma yang berikutnya adalah sering batuk-batuk, terutama pada saat malam hari. Penderitanya akan mengalami kesulitan tidur karena batuk yang cukup mengganggu. Selain muncul di malam hari, batuk-batuk juga dapat muncul ketika kamu selesai berolahraga. 

4. Suasana Hati yang Mudah Berubah

Mudah kesal, marah atau murung juga menjadi pertanda kamu memiliki gejala awal penyakit asma. Meski perubahan suasana hati juga umum dialami oleh sebagian orang, tidak ada salahnya untuk lebih mewaspadai timbulnya gejala ini. 

Itulah informasi mengenai apa gejala awal penyakit asma yang bisa menjadi pertanda kamu perlu memeriksakan kondisi kesehatan saluran pernapasan dengan segera. 

Kamu juga perlu berhati-hati ketika mengalami keluhan yang semakin memburuk saat terinfeksi virus tertentu. Hal tersebut dapat menjadi indikasi kuat munculnya gejala asma yang berkelanjutan. Selain itu keluhan yang hilang dan muncul secara periodik juga bisa menjadi penyebab serangan asma yang muncul tiba-tiba

Oleh karena itu, pastikan tubuh tetap dalam kondisi sehat dengan rajin berolahraga. Meski melakukan olahraga bisa menjadi salah satu penyebab asma kambuh, kamu tetap harus meningkatkan kebugaran fisik agar terbebas dari serangan virus.

kamu bisa berjalan kaki di sekitar rumah atau mencoba melakukan olahraga yoga yang mampu meningkatkan kualitas hidup. Tenis dan bulu tangkis juga bisa menjadi pilihan olahraga yang tepat bagi para pengidap penyakit asma. 

Apabila kamu merasa sedang mengalami gejala awal penyakit asma, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Pertimbangkan juga untuk mengkonsumsi Nuvita Vitamin D3 400 IU sebagai penunjang pengobatan.

Dengan kandungan vitamin D yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh, suplemen ini dapat menjaga saluran pernapasan agar terhindar dari infeksi virus yang menjadi penyebab asma.

Setelah mengetahui apa gejala awal penyakit asma yang telah disebutkan di atas, diharapkan kamu bisa melakukan tindakan pencegahan penyakit asma sejak dini, karena jika sudah terlanjur mengidap asma kronis kamu akan mengalami kesulitan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.