Health

5 Faktor Penyebab Gejala Asma Sering Kambuh di Malam Hari

By Natural Farm |

Gejala asma yang sering timbul di malam hari disebut dengan nighttime asthma atau asma nokturnal. Hal ini menyebabkan penderitanya tidak memiliki waktu tidur yang cukup dan merasakan kelelahan terus-menerus. Jika dibiarkan, asma tipe ini bisa berdampak pada kualitas hidup seseorang. 

Asma nokturnal biasanya tidak muncul begitu saja, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan serangan asma  lebih sering kambuh di malam hari. Sebagai informasi, berikut sejumlah penyebab kambuhnya asam nokturnal yang perlu diketahui oleh para pasien asma. 

1. Adanya Pencetus Alergi

Penyebab asma sering kambuh di malam hari yang pertama adalah adanya pencetus alergi di dalam kamar, utamanya pada tempat tidur. Apalagi jika kamu memelihara hewan berbulu yang sering keluar masuk kamar. Tungau dan debu yang menempel di dipan atau meja dekat kasur juga merupakan pencetus alergi penyebab asma. 

2. Perubahan Suhu Udara

Pada malam hari, suhu udara akan semakin menurun sehingga lebih terasa dingin jika dibandingkan dengan kondisi di siang hari.  Suhu udara yang terlampau dingin dapat menyebabkan asma nokturnal kambuh. 

Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa menggunakan sesuatu yang bisa menghangatkan tubuh seperti memakai jaket, selimut, atau menyalakan penghangat ruangan. 

3. Gangguan Lambung

Pengidap asma yang juga menderita gangguan lambung berpotensi lebih besar mengalami asma nokturnal. GERD misalnya, masalah pencernaan ini ditandai dengan naiknya asam lambung yang dapat mengiritasi kerongkongan bagian bawah. Kondisi ini membuat saluran udara menyempit dan memicu kambuhnya gejala asma

4. Posisi Tidur

Posisi tidur juga menjadi penyebab kambuhnya asma di malam hari. Ketika kamu memilih untuk tidur terlentang, katup yang membatasi lambung dan esophagus akan terbuka dan mengakibatkan asam lambung dan enzim pencernaan masuk ke dalam area esophagus.

Jika hal tersebut terjadi, dinding esophagus akan mengalami iritasi dan memunculkan rasa nyeri di bagian dada. Oleh karenanya usahakan untuk tidur dalam posisi miring dan menghindari posisi tidur terlentang

5. Stres

Ketika akan tidur seseorang biasanya akan mulai memikirkan banyak hal, termasuk hal-hal buruk yang tidak disukai. Hal ini akan membuat penderitanya mudah mengalami stres dan lebih emosional. Ketika terjadi perubahan emosi tersebut, pikiran mereka akan dipenuhi rasa takut bahwa penyakit asma yang diderita akan kambuh. 

Untuk mencegah kekambuhan asma di malam hari, kamu bisa melakukan upaya-upaya yang dapat meminimalisir munculnya faktor penyebab asma nokturnal. Selain itu jangan lupa untuk selalu menjaga kondisi tubuh dengan mengkonsumsi suplemen atau vitamin seperti Natural Factors VIT-C Buffered 1000 MG BANDED.

Selain bermanfaat untuk penyakit asma, vitamin C ini berperan sebagai anti antioksidan yang mampu menetralkan serangan radikal bebas berbahaya, membantu menurunkan kadar timbal dalam darah, melindungi sistem saraf, menjaga kesehatan tulang dan gigi, melancarkan sirkulasi darah hingga membantu mencegah timbulnya penyakit jantung dan kanker.

Vitamin ini juga bisa dikonsumsi oleh para penderita maag karena terbuat dari bahan-bahan yang aman untuk lambung. 

Itulah informasi mengenai penyebab gejala asma sering kambuh di malam hari. Pastikan kondisi kamar dalam keadaan bersih dan hindari stres berlebihan yang dapat memperparah kambuhnya asma nokturnal. 

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category