Health

Apa Itu Flavonoid? Ini 7 Manfaat Flavonoid Bagi Kesehatan Tubuh

Apa Itu Flavonoid?

Flavonoid adalah salah satu jenis antioksidan yang banyak terkandung dalam cokelat. Antioksidan itu sendiri bekerja menangkal radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas ditengarai sebagai penyebab berbagai penyakit kronis.

 

Apa Saja Manfaat Flavonoid Untuk Tubuh?

  1. Panjang umur
    Ada sebuah penelitian yang dilakukan dalam skala besar dengan durasi yang tidak tanggung-tanggung: selama 25 tahun. Dari penelitian yang diunggah di jurnal Archives of Internal Medicine tersebut, 7 pria dari negara-negara berbeda di penjuru dunia merasakan manfaat usia lebih panjang berkat konsumsi makanan kaya senyawa flavonoid. Para peneliti menarik kesimpulan bahwa konsumsi flavonoid memegang andil setidaknya 25% terhadap usia lebih panjang, terutama bagi penderita kanker dan penyakit jantung koroner.
  2. Mengendalikan berat badan
    Senyawa flavonoid juga dikenal dengan khasiatnya sebagai makanan anti inflamasi alami dan mengendalikan berat badan. Kandungan senyawa flavonoid dapat meredakan peradangan dan menekan hormon pemicu rasa lapar yaitu leptin.
  3. Mencegah penyakit jantung
    Mengingat senyawa flavonoid kaya akan antioksidan dan sifat anti inflamasinya, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa makanan kaya senyawa flavonoid dapat menjaga kolesterol baik dari paparan radikal bebas. 
    Tak hanya itu, makanan kaya senyawa flavonoid juga dapat meningkatkan kualitas dinding pembuluh darah. Artinya, jantung semakin sehat dan terjamin dalam menjalankan tugasnya memompa darah ke seluruh tubuh.
  4. Diabetes
    Sebuah penelitian pada tahun 2013 menemukan fakta bahwa penderita diabetes tipe 2 yang rutin mengonsumsi makanan tinggi senyawa flavonoid terbukti mengalami perbaikan fungsi vaskular dan mengurangi risiko diabetes.
  5. Mencegah kanker
    Salah satu penelitian paling menjanjikan terkait hubungan antara senyawa flavonoid dengan kanker payudara dan kanker usus terjadi pada tahun 2003 lalu. Senyawa flavonoid rupanya berdampak sangat baik terhadap paru-paru, mulut, usus, kulit, dan bagian tubuh lainnya yang mengalami kanker.
  6. Mencegah Alzheimer dan parkinson
    Kandungan antioksidan yang ada pada flavonoid juga bisa bantu menurunkan risiko terjadinya penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson. Selain itu, flavonoid juga bisa meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga menjaga fungsinya tetap baik.

makanan mengandung flavonoid

Apa Saja Makanan Yang Mengandung Flavonoid?

1. Rosella
Ekstrak rosella dipercaya baik untuk kolesterol memperlakukan tinggi, hipertensi, dan diabetes tipe 2. Namun, penggunaan ramuan ini sebagai pengobatan masih perlu penelitian lebih lanjut karena tidak ada penelitian yang memadai pada manusia untuk menilai keamanan, dosis efektif, dan efek samping bagi kesehatan.

2. Apel
Apel mengandung flavonoid yang disebut quercetin. Kandungan senyawa ini memungkinkan Anda untuk tidak sering mengunjungi dokter untuk berobat. Quercetin dikatakan dapat mencegah serangan jantung , mencegah katarak, mengontrol asma, dan mempercepat penyembuhan kenaikan asam lambung Anda. Namun, penelitian ini masih terbatas pada hewan. Efek quercetin pada kesehatan jantung pada manusia belum dipelajari dan studi lebih lanjut diperlukan.

3. Anggur
Minum anggur merah atau red wine ternyata kaya akan flavonoid dapat menurunkan risiko penyakit jantung . Jika Anda bukan seorang peminum, Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan meminum jus anggur ungu. Kandungan flavonoid ini terdapat pada warna kulit buah anggur merah.

4. Sirsak
Buah Sirsak yang banyak tumbuh di daerah tropis mengandung antioksidan seperti fenol (sejenis flavonoid), potasium, vitamin C, E. Kandungan ini dikatakan efektif dalam mengobati beberapa penyakit seperti kanker dan hipertensi. Antioksidan dalam sirsak juga dapat membantu mengurangi radikal bebas. Meski dinilai baik, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efek pengobatan, dosis efektif, dan efek samping penggunaan suplemen ini pada manusia.

5. Belimbing wuluh
Buah yang dalam bahasa latin disebut Averrhoa Bilimbi ini kaya akan Vitamin C, asam oksalat, tanin, asam amino, dan antioksidan seperti flavonoid. Tanaman tradisional ini dipercaya bermanfaat dalam mengobati hipertensi, kolesterol tinggi, kanker, dan diabetes. Namun, efek ini masih terbatas pada penelitian pada hewan. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui dosis efektif dan efek samping penggunaannya pada manusia. Selain itu, buah ini banyak mengandung asam oksalat yang jika dikonsumsi berlebihan dapat memperparah kondisi gagal ginjal akut .

6. Kedelai
Salah satu sumber flavonoid yang tinggi terdapat pada kedelai. Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa kedelai diduga memiliki manfaat dalam mencegah kanker payudara, membantu menurunkan kadar gula darah pada diabetes, menurunkan kolesterol, dan membantu mengurangi gejala menopause . Namun fakta ini masih perlu dipelajari lebih lanjut.

7. Cranberry
Cranberry mengandung flavonoid yang mampu menangkal radikal bebas dan berbahaya bagi tubuh. Selain itu, cranberry juga mengandung vitamin C, vitamin K, vitamin E, serta phenolic acid. Cranberry memiliki antioksidan yang tinggi, sehingga dapat membantu membuat kulit tampak bersinar dan kenyal.
Buah cranberry sulit ditemukan di Indonesia, oleh karena itu Natural Farm punya rekomendasi cara unik menikmati cranberry melalui jus yaitu dari Dynamic Health Pure Cranberry Concentrate.

Produk ini mengandung 100% konsentrat sari buah Cranberry tanpa pemanis, pengawet, dan bahan tambahan lainnya. Cranberry kaya akan Antioksidan, mengandung Vitamin C, Polifenol, Flavonoid, dan Quercetin. Kandungan antioksidan yang disebut proanthocyanidins dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Kandungan quercetin membantu perkembangan bakteri baik di dalam usus. Cranberry memiliki kalori dan kandungan gula yang rendah.

Manfaat dari Dynamic Health Pure Cranberry Concentrate adalah:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Membantu mencegah dan mengatasi Infeksi Saluran Kemih (ISK)
  • Membantu menurunkan tekanan darah
  • Membantu mengontrol kadar gula darah
  • Menjaga keseimbangan mikroorganisme baik di dalam usus

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan menjadi referensi tambahan bagi kamu yang ingin memaksimalkan kesehatan tubuh. Jangan lupa pantengin terus website Natural Farm dan Instagramnya di @naturalfarm.id. Happy Healthy Habits! ☺

 

Sumber:

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/beragam-manfaat-flavonoid/