Lifestyle

Mitos atau Fakta: Olahraga Bermanfaat untuk Kecantikan?

By Natural Farm |

Apa yang ada di pikiran kalian ketika mendengar kata OLAHRAGA? Rasa senang kah yang muncul atau malas? Faktanya, hanya terdapat 35,7 persen Penduduk Indonesia yang aktif berolahraga menurut KEMENPORA RI (Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia). Setiap orang memiliki alasan mengapa mereka memilih untuk jarang melakukan olahraga. Namun, perlu disadari bahwa berolahraga memiliki manfaat yang sangat penting bagi tubuh. Bahkan, terdapat manfaat olahraga untuk kecantikan juga loh, Natural Buddy!

Alasan yang membuat orang malas melakukan olahraga?

Tidak bisa kita pungkiri meskipun ada berbagai macam jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah aja dan gratis dalam situasi seperti sekarang ini, belum tentu semua orang semakin giat berolahraga. Ini dia 3 alasan utama:

  • Tidak memiliki waktu: Hal ini merupakan alasan yang paling sering digunakan bagi mereka yang malas berolahraga. Sebenarnya, mereka bisa saja meluangkan waktu 5-10 menit sebelum berangkat ke kantor seperti melakukan gerakan-gerakan sederhana yang dapat mengeluarkan keringat.
  • Tugas kantor yang menumpuk: Alasan kedua mengapa orang malas berolahraga biasanya karena banyak kerjaan di kantor sehingga cenderung tidak mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan olahraga.
  • Tidak ada motivasi: Motivasi berolahraga harusnya datang dari diri sendiri. Bukan dari seseorang atau lingkungan yang mungkin saja secara tidak langsung memaksamu untuk melakukannya. Untuk membangun motivasi diri sendiri, kalian dapat membaca manfaat-manfaat jangka panjang jika berolahraga secara teratur.

Apa saja manfaat berolahraga untuk kecantikan?

Selain memakai produk skincare dan melakukan perawatan kulit, olahraga juga dapat membuat wajah mulus dan bercahaya. Dilansir dari artikel Hello Sehat, menurut Profesor Dermatologi di Mount Sinai School of Medicine, Ellen Marmur, MD, aktivitas fisik seperti olahraga yang bisa mendorong sirkulasi darah tidak hanya dapat membantu menjaga kesehatan kamu, namun juga dapat menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Kalau gitu, langsung aja yuk, kita cari tahu apa aja sih 5 manfaat olahraga untuk kecantikan. Let’s check them out!

  1. Berkeringat saat olahraga membuat kulit jadi terlihat lebih bersih
    Pada saat kamu berolahraga, kelenjar keringat akan memproduksi banyak keringat yang keluar dari pori-pori kulit. Dengan begitu, kotoran yang terkunci di dalam pori-pori kulit akan terdorong keluar oleh keringat, sehingga pori-pori akan kembali bersih dan segar. Namun, setelah selesai berolahraga dan keringat sudah tidak lagi keluar serta suhu tubuh sudah mulai normal kembali, segera mandi dan bersihkan kulit kalian agar kotoran tidak menumpuk kembali. 
  2. Memperlambat penuaan dini
    Beberapa tanda penuaan dini yang akan terjadi jika kamu jarang berolahraga yakni, kulit yang kendur, muncul garis halus, dan keriput. Tanda lainnya adalah produksi kolagen yang lama-kelamaan berkurang seiring bertambahnya usia. Kolagen sendiri memiliki fungsi untuk menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Dengan konsisten melakukan olahraga secara rutin, maka  hal tersebut akan meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga bisa meminimalisir penuaan dini.
  3. Mencegah munculnya jerawat
    Jerawat yang muncul pada wajah bukan semata-mata disebabkan oleh kotoran yang menumpuk pada kulit saja. Jerawat juga bisa menjadi tanda bahwa kamu sedang mengalami stress, sehingga produksi hormon dan minyak pada tubuh jadi tidak terkendali. Itulah awal mula mengapa jerawat bisa muncul pada wajah. Nah, cara tercepat untuk menghilangkan stres adalah dengan berolahraga. Mengapa? Karena olahraga akan memberikan efek rileks pada otak maupun tubuh serta memicu produksi hormon endorfin pada tubuh yang mampu membuat kalian merasa lebih bahagia dan lebih tenang.
  4. Mencegah inflamasi (peradangan)
    Manfaat olahraga untuk kecantikan selanjutnya yang perlu diketahui adalah mampu mencegah inflamasi atau peradangan pada kulit. Hal ini bisa terjadi karena olahraga yang mampu mengurangi level hormon kortisol dan hormon steroid yang dapat memberikan pengaruh pada tubuh untuk merespon stres. Level kortisol yang berkurang dalam tubuh pun mampu mencegah peradangan kulit, Natural Buddy. 
  5. Membuat kulit lebih cerah
    Berolahraga sudah tentu membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Inilah yang akan membawa banyak dampak positif untuk kesehatan dan kecantikan kulit kalian. Sederhananya, peredaran darah yang lancar dalam tubuh akan menyuplai oksigen dan nutrisi yang cukup bagi kulit. Apabila kulit menerima suplai oksigen dan nutrisi yang cukup, kulit jadi terjaga kesehatannya. Kulit kalian juga akan terasa lembap dan tampak lebih cerah secara merata.

suplemen meningkatkan energi

Nah, udah tahu kan sekarang? Ternyata olahraga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Buang rasa malasmu dan mulailah berolahraga ya, Natural Buddy! Oh iya, jangan lupa juga untuk mengonsumsi Natural Factors HP Multivitamin (1 tablet per hari) dan Mineral atau Natural Factors Coenzyme Q10 (1 softgel per hari bersama makanan) yang dapat membantu kalian dalam meningkatkan energi ketika ingin melakukan aktifitas fisik, seperti olahraga. 

Natural Buddy bisa mendapatkannya di store Natural Farm terdekat atau melalui website resmi www.naturalfarm.id. Jika kalian pengguna marketplace, Natural Factors bisa dibeli melalui Shopee, Tokopedia, BliBli, dan Lazada di Natural Farm Official Store. Ada promo spesial juga buat kalian. So, buruan belanja sekarang ya! 

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category