Health

Kenali 5 Gejala Penyakit Asma dan Cara Mengatasinya!

Apa Itu Asma?

Asma adalah jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas. Selain sulit bernapas, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada, batuk-batuk, dan mengi. Asma bisa diderita oleh semua golongan usia, baik muda atau tua. Meskipun penyebab pasti asma belum diketahui secara jelas, namun ada beberapa hal yang kerap memicunya, seperti asap rokok, debu, bulu binatang, aktivitas fisik, udara dingin, infeksi virus, atau bahkan terpapar zat kimia.

Bagi seseorang yang memiliki penyakit asma, saluran pernapasannya lebih sensitif dibandingkan orang lain yang tidak hidup dengan kondisi ini. Ketika paru-paru teriritasi pemicu di atas, maka otot-otot saluran pernapasan penderita asma akan menjadi kaku dan membuat saluran tersebut menyempit. Selain itu, akan terjadi peningkatan produksi dahak yang menjadikan napas terasa berat.

gejala awal penyakit asma

Apa Gejala Awal Penyakit Asma?

Serangan asma mungkin ringan, tetapi bisa menjadi sangat berbahaya dengan cepat. Selama serangan, saluran udara menyempit karena pembengkakan dan peradangan, dan otot-otot di sekitarnya tegang. Tubuh juga menghasilkan lendir ekstra, membatasi udara yang melewati saluran bronkial, yang membuatnya sangat sulit untuk bernapas dengan benar. Tanda-tanda serangan asma meliputi:

  • Batuk yang tidak berhenti
  • Suara mengi saat bernafas
  • Sesak napas
  • Bernafas sangat cepat
  • Wajahnya pucat dan berkeringat. Jika gejala tidak membaik, cari bantuan medis darurat.

Oleh karena itu, penderita asma disarankan untuk selalu membawa obat kemanapun mereka pergi. Obat asma sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu obat pengontrol ( controller ) dan obat pereda ( reliever ).

 

Bagaimana Cara Mencegah Serangan Asma?

Cara terbaik untuk mencegah serangan asma adalah dengan menghindari pemicu atau alergen yang dapat memicu sel inflamasi pada napas Anda. Selain itu, lakukan beberapa cara untuk meminimalkannya, yaitu:

  • Jaga kebersihan rumah dan lingkungan Anda, dengan tujuan mengurangi debu dan jamur.
  • Tutup jendela rumah dengan rapat dan hindari keluar rumah jika kualitas udara di luar buruk.
  • Berhenti merokok (jika Anda merokok) dan hindari asap rokok.
  • Hindari menghirup asap pembakaran kayu di atas kompor atau perapian.
  • Mandikan hewan peliharaan Anda setiap minggu dan jauhi kamar tidur Anda.
  • Anda juga bisa mendapatkan vaksin influenza tahunan dan vaksin pneumonia, yang dapat membantu mencegah penyebaran asma yang disebabkan oleh virus.

Penderita asma harus selalu membawa obat asma kemanapun mereka pergi. Bahkan jika Anda kehabisan dan lupa membawanya saat serangan terjadi, lakukan langkah-langkah pengobatan asma di atas. Jika gejala tidak membaik atau memburuk, segera cari bantuan medis.

mengatasi asma

Langkah Pertama Saat Asma Kambuh

Serangan asma yang datang secara tiba-tiba bukan hanya membuat panik pengidapnya saja, tetapi juga orang-orang di sekitarnya. Jika kamu menjumpai seseorang yang terkena serangan asma di tempat umum, berikut ini sejumlah pertolongan pertama yang bisa dilakukan:

  1. Duduk Tegak 
    Saat gejala asma muncul secara mendadak, segera hentikan aktivitas dan duduk dengan tegak. Posisi badan yang tegak dapat membuat kamu bernapas dengan lebih lega. Hindari posisi berbaring atau bungkuk, karena dapat membuat saluran napas semakin tersumbat dan memicu munculnya gejala yang semakin parah.
     
  2. Tarik Napas 
    Menarik napas dalam dan panjang menjadi salah satu langkah mengatasi asma. Serangan asma akan menyebabkan ketidakseimbangan kadar oksigen dan karbondioksida yang mengganggu aliran darah menuju otak. Jika dibiarkan, pengidap bisa saja mengalami penurunan kesadaran akibat kurangnya suplai oksigen dalam otak. Menarik napas panjang dapat mendorong keseimbangan oksigen dan karbondioksida dalam otak.
     
  3. Tetap Tenang
    Saat kamu mengalami kekambuhan asma, langkah pasti yang harus dilakukan adalah tetap tenang dan jangan panik. Kamu dapat mengatur napas secara perlahan, agar napas tidak terlalu cepat. Usahakan untuk mengendurkan pakaian yang sempit agar laju napas tidak terhambat dan menjadi lebih nyaman. Jika menggunakan ikat pinggang, tidak ada salahnya untuk mengendurkannya sementara hingga pertolongan tiba.
     
  4. Hindari Pemicu 
    Mengatasi asma dapat dilakukan dengan menghindari pemicunya. Oleh karena itu, pengidap perlu mengetahui bahan atau zat apa saja yang bisa memicu kekambuhan gejala. Beberapa alergen tersebut biasanya adalah debu, asap rokok, atau aroma menyengat dari zat kimia. Jika sudah mengetahui, hindari sejumlah pemicunya, ya.
    Jika mengi (napas bunyi), batuk, atau sesak napas bertambah parah setelah melakukan beberapa langkah yang telah disarankan, segera bawa pengidap ke rumah sakit terdekat. Jangan anggap sepele, karena gejala asma yang dibiarkan begitu saja dapat berujung pada hilangnya nyawa. Bagi pengidap kondisi ini atau seseorang yang memiliki riwayat penyakit asma, jangan lupa untuk membawa obat ke mana pun kamu pergi.
     
  5. Mengonsumsi suplemen atau vitamin tambahan
    Vitamin dan suplemen tambahan, selain dapat menjaga kesehatan tubuh, juga dapat mencegah asma sedari dini. Beberapa vitamin mengandung zat dan mineral baik yang memelihara kesehatan dan pernafasan tubuh.

 

Rekomendasi Vitamin Untuk Megurangi Serangan Asma

Nature's Health Coral Calcium adalah suplemen kesehatan yang mengandung Calcium dari Coral Calcium yang diambil dari laut dalam di pulau Okinawa – Jepang, yang terkenal Coral Calciumnya berkualitas tinggi dan mempunyai manfaat yang lebih baik.

Manfaat

  • Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang (mencegah osteoporosis), gigi dan gusi
  • Membantu menjaga kesehatan jantung dan mengatur irama detak jantung
  • Membantu mengurangi serangan asma kronis
  • Membantu dalam pengobatan hipertensi dan alergi
  • Menjaga aktivitas transmisi impuls saraf
  • Mencegah dan mengatasi keluhan kram otot dan sakit kepala
  • Menjaga kesehatan pembuluh darah dan usus besar
  • Membantu memperbaiki tidur dan relaksasi
  • Kekurangan Calcium dapat mengakibatkan kerapuhan kuku, eksim, fatique dan gelisah

Semoga artikel ini bermanfaat ya, Natural Buddy! Jangan lupa pantengin terus media sosial Natural Farm di @naturalfarm.id dan website Natural Farm untuk tahu info dan promo menarik lainnya. Happy Healthy Habits semua! ☺

 

Sumber:

https://www.sehatq.com/artikel/langkah-pencegahan-asma 

https://www.alodokter.com/pertolongan-pertama-pada-asma-yang-wajib-diketahui