Lifestyle

Minyak Esensial Untuk Rambut: Perawatan Rambut Yang Jarang Diketahui

Dalam rangkaian hair care routine, aplikasikan hair oil sebagai hair mask sebelum keramas. Hair oil adalah minyak khusus rambut yang berfungsi untuk menjaga kelembapan, melembutkan, dan memberi kilau pada rambut. Salah satu produk perawatan rambut ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan rambutmu.

Apa Saja Manfaat Hair Essential Oil?

  1. Memberi Kilau Alami pada Rambut
    Seperti yang sudah disebutkan di atas, produk minyak rambut memiliki kemampuan menjadikan rambut sehat berkilau. Paparan sinar matahari, polusi, pewarna rambut atau produk perawatan rambut kimiawi lainnya mampu membuat warna rambutmu pudar, rontok, dan kehilangan kilau alaminya. 
     
  2. Rambut Menjadi Semakin Kuat
    Kandungan dalam hair oil mampu membantu memperkuat akar, meningkatkan sirkulasi darah, dan mempercepat pertumbuhan rambut. Kandungan minyaknya dipercaya dapat memperbaiki kutikula pada rambut. Pilihlah produk minyak rambut yang mengandung vitamin E. Kandungan ini dipercaya mampu melindungi rambut dari paparan panas, mencegah rambut bercabang, dan memperkuat rambut. Agar kandungan hair oil bisa bekerja maksimal, hindari menyisir rambut setelah memakai minyak rambut ini karena minyak dapat membebani rambut sehingga membuatnya rentan patah. 
     
  3. Mencegah Infeksi Bakteri dan Jamur pada Rambut
    Infeksi bakteri dan jamur pada rambut bisa terjadi ketika pori-pori pada kulit kepala tersumbat kotoran. Tumpukan bakteri dan jamur pada rambut tersebut bisa terkontaminasi dan menjadi kutu. Inilah yang menyebabkan kulit kepala terasa gatal dan kemerahan. Gunakan produk minyak rambut untuk mencegah infeksi bakteri dan jamur serta membuat kulit kepala tetap sehat dan lembap. 
     
  4. Mempercepat Pertumbuhan Rambut
    Manfaat hair oil selanjutnya adalah, pertumbuhan rambut akan berlangsung dengan baik dan cepat. Pilihlah produk minyak rambut dengan kandungan bahan alami untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Lakukan pijatan agar produk hair oil dapat terserap dengan baik.

kapan menggunakan hair essential oil

Kapan Waktu Yang Tepat Menggunakan Hair Essential Oil?

  1. Sebelum keramas
    Kamu bisa mengaplikasikan hair oil satu jam atau minimal 15 menit sebelum keramas. Tuang hair oil secukupnya, bubuhkan pada ujung rambut. Hasilnya, rambut akan terasa jauh lebih lembut, berkilau dan mudah diatur
     
  2. Setelah keramas
    Jika kamu merasa kondisioner tidak bekerja maksimal di rambut kamu yang cenderung kering, mungkin sudah saatnya kamu menambahkan hair oil. Tuangkan minyak rambut sebesar koin logam kecil di telapak tangan, balurkan di setengah rambut menuju ujung rambut. Lakukan cara ini ketika rambut setengah kering ya. 
     
  3. Saat dibutuhkan
    Sebenarnya, hair oil dapat digunakan kapan saja. Semisal ketika rambut kamu terasa kering di tengah-tengah beraktivitas. Untuk itu, selalu siapkan hair oil di tas kamu. Tipsnya, gunakan minyak rambut secukupnya saja. Kalau rambut kamu tipis, cukup gunakan beberapa tetes saja. Tetapi, jika kamu memiliki rambut tebal, gunakan minyak rambut sedikit demi sedikit sampai rambut terasa lembap.

produk hair essential oil

Rekomendasi Hair Essential Oil Yang Tepat

Breylee Hair Essential Oil Serum

Membantu merawat dan memperkuat akar rambut, mempercepat pertumbuhan rambut, mencegah kerontokan dan menghindari kulit kepala dari ketombe. Untuk pria dan wanita.

Cara pakai:

Campurkan 3ml hair esensial kedalam 100 ml shampoo atau 1-3 tetes essensial pada telapak tangan dan campurkan dengan shampoo.

 

Sumber:

https://www.sehatq.com/artikel/minyak-esensial-untuk-rambut-mana-yang-paling-ampuh